Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

politicusAvatar border
TS
politicus
(Lagiiihh...) Jokowi Luncurkan Paket Ekonomi VII Awal Desember




Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana meluncurkan paket kebijakan ekonomi jilid VII pada Minggu pertama Desember 2015.

"Ya Minggu pertama Desember akan ada lagi (paket kebijakan ekonomi)," ujar Jokowi di Jakarta Convention Center, Kamis (26/11).

Ketika ditanya mengenai pandangan para pengamat yang menyebutkan bahwa paket kebijakan selanjutnya sebaiknya fokus kepada daya beli masyarakat salah satunya dengan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), Jokowi menilai bahwa penurunan harga BBM bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Daya beli itu tidak hanya masalah BBM. (Harga) BBM pun kemarin sudah kami turunkan, solar sudah, avtur sudah," katanya.

Jokowi lantas meminta agar media bertanya soal evaluasi paket kebijakan ekonomi I hingga VI kepada masyarakat dan pengusaha, alih-alih kepada pemerintah.

"Yang kurang apa. Nanti kami perbaiki. Mestinya seperti itu. Yang jelas, kami tiap ada paket yang keluar pasti akan saya dorong PP-nya segera bisa dilaksanakan, diimplementasikan," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menolak jika dikatakan bahwa paket kebijakan hanya dipahami di tingkat menteri saja. "Yang membuat Peraturan Menteri (Permen), yang membuat Peraturan Presiden (Perpres), dan Peraturan Pemerintah (PP) itu eselon I dan II kok, jadi mereka pasti tahu lah," katanya.
Bisnis Inovasi

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi menekankan pentingnya bagi pengusaha untuk terus melakukan inovasi dalam bisnisnya. Salah satu yang secara khusus disorotinya adalah semakin maraknya pertumbuhan bisnis berbasis digital di Indonesia.

“Potensi pertumbuhan bisnis digital di Indonesia mencapai angka US$ 13 miliar.Pada 2020, diperkirakan akan tumbuh sampai US$ 130 miliar. Loncatan yang sangat besar sekali, tapi kalau ini tidak digarap secara baik, yang dapat manfaat adalah yang dari luar yang masuk," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjamin bahwa pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Ekonomi Kreatif, bertugas untuk mendorong dan memberikan suntikan serta dukungan kepada bisnis model itu.

"Ini sebuah kekuatan besar, kalau yang innovation-based betul-betul bisa kita suntik, push agar mereka bisa meloncat dan menguasai," katanya. (gen)

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...awal-desember/
0
4.4K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan