Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bayu.indraAvatar border
TS
MOD
bayu.indra
Introduction Maya to Mudbox Character Sculpting
buat agan agan yang baru join ... silahkan gan di tengok list tuts ++ nya ...
Maya Basic Modeling /Box Modeling
Maya Basic Modeling /basic UV layout
Maya Basic Modeling /UV Editor
Workflow Maya to Mudbox, Mudbox to Maya


BAYU Animation Online Class - Maya 2013, Mudbox 2013
Introduction Maya to Mudbox Character Sculpting


Brush Tester ada beberapa brushes tool atau sculpt tool di Mudbox ... tapi sebelum kita kesana kita hrs preparing dulu di Maya gan ... at least base mesh atau poly ... lalu UV setup atau UV layout nya.



awal ane tunjukin simple nya dengan plane object ya gan n sist ... ane buat agak panjang atau melebar supaya kita leluasa utk test brushes tool nya ... nah sebelum kita send to Mudbox kita siapin dulu UV layout nya ... ini penting sekali karena kalau tanpa UV nga akan bisa gan ... perlu diperhatikan supaya UV layout nya tidak ada yg keluar dr area UV nya ... kalau keluar Mudbox akan kasih warning dan akan meminta kita utk memperbaiki nya ... emoticon-thumbsup

ane sangat menyarankan ketika kita akan menggunakan sculpting tool ... apapun itu ... entah Mudbox, Zbrush, ataupun Sculptris ... selalu menggunakan base mesh nya di 3D software ... kenapa supaya topologynya lebih terkontrol gan ... baikutk keperluan sculpt nya ataupun untuk keperluan character setup, rigging + skin wheighting ... emoticon-thumbsup



dr kiri ke kanan ni gan n sist ...
Sculpt ... mirip mirip dengan foamy, tetapi lebih kuat sculpt, karena foamy ada tambahan smooth nya ...
Knife ... basanya ane menggunakan knife utk membuat guratan guratan krn tool ini sifat nya goresan tajam waktu kita gunakan ...
sebelah ane pakai kombinasi knife dan Pinch ... biasanya ane gunakan untuk memperkecil guratan dr knife tool ...
Flatten ... biasanya ane gunakan utk membuat lebih datar pada bagian sculpt nya ... kombinasi antara sculpt atau foamy dengan flattten.
yg kelima Smooth biasa nya utk smoothing ... sering kali ane pakai setelah knife + pinch ane tambahkan smooth spy tidak terlalu kasar guratannya ...
terakhir ... Drag ... ane gunakan utk memindahkan area surface tertentu ke arah yg ane mau ... biasanya ya gan n sist drag itu ane gunakan utk merubah basic shape ... misal memancungkan hidung ... membat tulang pipi atau dagu .... lebih mudah karena dengan kita per besar area brush nya, lebih luas lagi are yg kita bisa move ... emoticon-thumbsup


Character Introduction Maya To Mudbox

seperti ane cerita dr awal tadi gan ... siapkan base mesh dan UV layout nya gan ...



lalu agan bisa langsung sent to Mudbox ...



setelah di agan nsista masuk ke Mudbox agan harus buat layer dulu ... sesudah itu agan naikan SubDivision Level nya ... lalu agan harus Recreate Level UVs di menu Mesh ... dan agan sudah siap utk sculpting ...

utk memperbaiki basic shape dr bawaan Maya ane biasa nya selalu gunakan Drag ... buat ane dengan brush nya yg adjustable ... bisa besar atau kecil jadi bisa mengedit area yg besar juga atau beberapa area sekaligus ... bahkan bagian muka secara keseluruhan pun bisa kita move ...

utk semua guratan atau wrinkle ane pakai knife dengan strength kecil, kalau kurang ane selalu beush berulang ulang ... lebih terkontrol aja emoticon-thumbsup ... sesudah itu supaya kecil dan tidak terlalu lebar guratannya ane pakai pinch, pinch sifat nya menarik surface di area brush nya ke arah center brush nya ... jd bisa kita gunakan utk memperkecil guratan yg kita buat dengan knife tadi gan ... sesudah itu ane smooth supaya na terlalu kasar ...


Resend To Maya



untuk mengunakan nya kembali di Maya kita bisa kirim kembali ke Maya, option nya nga banyak ko gan ... di kanan bawah tu ada menu update ... kalau kita click Mudbox akan menanyakan apakah kita kirim kembali base mesh nya atau pada subdivision level yg sedang kita kerjakan ... nah kalau agan mau pada subdivision level tertentu kirim kembali ke Maya nya ... maka agan harus set dulu subdivision level utk mengrim balik ke Maya nya ... gampang gan ... tinggal pageDown dan PageUp aja, otomatis akan naik turun subdivision level nya ... habis itu baru agan send to Mudbox dengan menu update di kanan bawah ... jangan lupa agan pilih send mesh at current level

utk textures, Ambient Occlusion, Normal, ataupun displacement nya agan bisa gunakan menu Extract Texture Maps di menu Maps ... yg nanti nya agan harus apply ulang ketika di Maya ... emoticon-thumbsup


Conclusion Step :
Spoiler for Conclusion Step:



____________________________________________________________________





ayooo gannnn ... kalau ada problem bisa langsung di obrolin disini ... dan akan ane update dalam TIPs n TRICks post nya ... supaya makin mudah lagi belajar nya ...




emoticon-I Love IndonesiaMAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-I Love Indonesia


Diubah oleh bayu.indra 12-10-2015 05:47
0
6.2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan