agus.duitpintarAvatar border
TS
agus.duitpintar
Renovasi Rumah Tanpa Ngutang Biar Rumah Gak Bocor, Bocor...
Punya rumah idaman apa artinya kalau nggak dirawat? Menjaga rumah tetap nyaman dihuni adalah salah satu kewajiban biar kita selalu betah.

Tapi yang namanya kerusakan di beberapa sudut rumah kadang emang nggak bisa dihindari. Penyebabnya entah karena faktor usia, buruknya kualitas material atau cuaca. Yah, namanya buatan manusia ya kan, pasti ada usia pakainya.

Quote:


Keluhan macam si Udin itu sudah sering kita dengar. Padahal nyata-nyata itu rumah sudah butuh sentuhan tangan tukang. Apa iya renovasi rumah mahal?

Sebenernya nggak juga sih. Asal kita tahu trik-trik buat mengakali ganasnya kebutuhan ekonomi, renovasi rumah murah bisa dikerjain tanpa perlu cari utangan sana-sini. Bahkan kita bisa mengerjakannya sendiri kalau mau


Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?
Bicara soal renovasi rumah nggak melulu soal kerusakan lho. Renovasi rumah bisa jadi cara buat me-refresh kehidupan penghuninya biar nggak bosen.

Dan satu lagi, renovasi rumah itu nggak berarti merombak seluruh rumah. Kadang beberapa sentuhan minimalis sudah bisa menyegarkan suasana.

Sebelum memutuskan merenovasi rumah, pastikan dulu beberapa hal ini:

1. Tentukan Titik Renovasi

Spoiler for renov:


2. Tentukan Pos-Pos Pengeluaran

Spoiler for pos:


3. Survei

Spoiler for survei:


4. Faktor Keselamatan

Spoiler for selamet:


5. Jasa Kontraktor atau Pemborong?

Spoiler for jasa:


Jadi, renovasi rumah murah tanpa utang itu hanya bisa dilakukan kalau agan menyiapkan bujet yang matang. Persiapan itu pun patut dilakukan jauh-jauh hari.

Kalau cuma sekadar bosen dengan nuansa rumah saat ini, agan bisa merenovasi rumah secara sederhana dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar. Untuk furnitur misalkan, bisa memanfaatkan limbah kayu atau kayu bekas.

Yang perlu diingat adalah, jika renovasi rumah itu termasuk merombak denah, maka perlu buat mengurus IMB. Ini wajib hukumnya kalau nggak mau kesandung masalah di kemudian hari.


Quote:
0
5K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan