Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

votreeAvatar border
TS
votree
Riwayat Baju Kotak-kotak



bila kita telisik lebih jauh, baju kotak-kotak bukan sekadar motif yang berurusan dengan estetika atau kenyamanan berbusana belaka. Ada banyak cerita dan pemaknaan orang terhadap baju kotak-kotak dan asal-usulnya.

Dalam sejarah Nusantara, kita menemukan kain motif kotak-kotak identik dengan pakaian adat Bali. Khususnya pakaian Pecalang. Jauh sebelumnya, kain kotak-kotak kerap digunakan sebagai pakaian pohon dan patung-patung penjaga rumah dan pura. Namun, belum ditemukan alasan yang jelas di balik tradisi ini.



Di Barat, baju kotak-kotak memang baru populer ketika diadopsi menjadi pakaian kebesaran bangsa Skot di abad ke-17. Di sini, baju kotak-kotak menjadi simbol pemberontakan mereka kepada tirani Inggris yang kemudian melarangnya sejak pemberontakan tahun 1746.



Di abad ke-20, baju kotak-kotak adalah pilihan berbusana dari para hipster, pencinta musik rock. Komunitas subkultur yang dikenal selalu mengekplorasi kemungkinan-kemungkinan penciptaan baru yang datang dari perkimpoian budaya kelompok minoritas ini seringkali ditemukan memakai baju kotak-kotak. Kemeja kotak-kotak juga kerap dipakai kaum koboi. Bahkan ketika jenis baju ini masih berbahan flannel.



Akhir dekade 1960-an, gerakan persamaan derajat perempuan mengadopsi motif kotak-kotak untuk melawan budaya patriarki yang secara sewenang-wenang mengkotak-kotakkan motif pakaian berdasarkan jenis kelamin. Dekade 1990-an, flanel kotak-kotak merupakan simbol pemberontakan “grunge”. Tak heran, bila Kurt Cobain seringmengenakan baju kotak-kotak.



Ceritanya menjadi berbeda ketika kini baju kotak-kotak pun mengalami komodifikasi. Ia telah menjadi simbol arus utama. Tapi sebagai busana, kemeja kotak-kotak di mata banyak orang tetaplah mencerminkan semangat orang yang kreatif, menyukai seni, sederhana, dan santai.


emoticon-Kiss


Mampir juga ke trid ane yg laen dimari emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh votree 24-12-2012 08:41
0
15.6K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan