3sariantiAvatar border
TS
3sarianti
Faktor Penyebab Melemahnya Kurs Rupiah
Nampaknya harapan nilai rupiah membaik masih jauh dari angan-angan. Bahkan Nilai Tukar Rupiah tembus sampai di atas angka Rp 14.250/USD. Lihat hal semacam ini menteri keuangan Bambang Brodjonegoro memberi responnya bahwa apa yang berlangsung dengan lemahnya rupiah hari ini karena sebab ada sentimen regional global yang satu diantaranya yaitu mengenai isu tentang kenaikan suku bunga The Fed Amerika Serikat. Bahkan juga tidak cuma Indonesia saja, beberapa negara-negara yang lain juga merasa ketar-ketir pada keadaan ekonomi dalam negeri miliki mereka sendiri.

Karenanya ada isu itu, disisi lain pihak Amerika Serikat malah memperoleh banyak keuntungan karena posisi USD malah makin bertambah kuat karena makin banyak negara-negara termasuk Indonesia yang banyak melakukan transaksi dengan memakai USD. Serta hal itu tersebut yang juga menjadi salah satu pemicu kurs rupiah sekarang ini selalu saja melemah serta makin terpuruk.

Tak hanya itu saja, seorang Ekonom Sekuritas Indoneisa Rangga Cipta dalam sebuah risetnya bahkan telah memprediksikan rupiah akan terus tertekan oleh Dollar yang terus saja menguat. Salah satu alasan yang menjadi sabab musabab melemahnya rupiah ini, menurutnya karena adanya isu perlambatan ekonomi domestik yang dialami oleh Indonesia, terutama setelah angka pertumbuhan kredit diberitakan kembali melambat di bulan Agustus lau. bahkan dikatakan rupiah masih tetap akan mengalami kesulitan untuk menguat meski dollar melemah seiring dengan rilisnya data tenaga kerja yang berada di bawah ekspektasi.

Tak hanya itu saja, kurs rupiah hari ini yang semakin melemah juga dipengaruhi akibat ketidakpastian menjelang FOMC meeting membuat rupiah terus saja melemah melalui aliran dana asing keluar dari pasar saham. Meski dikatakan pemerintah akan mengeluarkan sebuah aturan sebagai salah satu stimulus, namun jika dilihat secara keseluruhan tampaknya tingkat keefektifitasnya belum bisa dipastikan selama serapan anggaran tidak memberikan perubahan yang baik secara signifikan. Dan tampaknya kurs rupiah hari ini masih saja akan terus melemah seiring perkembangan mengenai melemahnya mata uang lain di pasar global terhadap mata uang Dolllar.
0
1.2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan