Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PacifierAvatar border
TS
Pacifier
Ribut Dengan Teman Dekat Karena Permasalahan Usaha
Agan-agan kaskuser yang baik hati saya mau curhat dong. Sebaiknya bagaimana ya?

Jadi ceritanya saya ada teman dekat sudah dari waktu kuliah temanan (7-8 Tahun). Nah dia diajak join sama temannya untuk usaha kuliner yang mau diadakan di bazaar-bazaar gitu. Jadi awalnya mereka itu bertiga. Nah teman saya itu kasih tester ke saya dan ajak saya untuk ikut join. Produk secara rasa ok dan saya terus terang terharu waktu diajak teman saya itu (Walau konsep belum matang), sehingga fokus saya waktu itu hanya apa yg lain menerima atau tidak. Awalnya sempat ragu tapi karena teman saya scr ga langsung mendorong saya untuk segera transfer modal jadinya saya transfer modal duluan. H+1 dari penanaman modal, saya baru berkesempatan tanya tentang detail usaha dan berhubung saya pernah usaha kuliner jg & bekerja sbg analis maka saya punya kecenderungan untuk menilai terlebih dahulu. Nah dari pengamatan saya banyak yg ga masuk dan sangat berat. Misal ya bazaar sewanya 1,5 jt per hari & kita untuk BEP saja butuh jual ke 100 org per hari. Nah itulah yang saya coba sampaikan kepada teman dekat saya tanpa memberitahukan anggota lainnya. Saya pesimis liat fakta yg ada dan teman saya mengatai saya pesimis pula & bs buat down team nantinya. Kalau pemikiran dari saya adalah sy ga yakin bisa menguntungkan walau dicoba terus, jadi saya berpikir daripada buang-buang waktu hasil akhirnya sama bahwa saya ga sepaham dalam hal menerima resiko dan menjalankan usaha kan lebih baik saya segera minta keluar mumpung masih H+1. Silakan dipotong biaya administrasi dll itu sy blg ga masalah. Ngapain sih kalau sudah ga sejalan tapi dipaksa harus ikt terus? Tapi dari teman saya menolak saya buat keluar, dikarenakan alasan bahwa dia merekomendasikan sy dan lain sebagainya. Bisa malu-maluin dia katanya. Walau kt sempat debat memanas tapi akhirnya saya mengalah merelakan karena saya anggap itu sayanya yang kenapa main iya aja. Jadi saya coba nahan diri dan berusaha sebaik mungkin biar kt bs untung.

Nah masalah kembali muncul ketika ternyata kita harus setor lagi modal ternyata kurang. Saya yang sudah merasa ga sepaham bahwa usaha bisa jalan menguntungkan mulai berpikir dua kali. Kemudian saya tanyakan ke teman saya itu persoalan andaikan kalau amit-amit nih setelah coba 1 - 2x bazaar nanti itu bagimana kalau sy ga mau lanjut atau setor modal? Apa ckp modal saya dikurangi kerugian nantinya atau misalnya dianggap total loss ga bs minta sama sekali? Tapi teman saya malah menghindar menjawab pertanyaan saya itu. Padahal maksud saya lebih baik buka-bukaan di depan jd ga mengulangi kesalahan yang pertama. Nah disitu kt sudah memanas dan dia makin mengatai saya pesimis, buat hasil buruk bagi grup, dan tidak membantu apa2. Saya katain dia ga bisa nerima kesalahan dia, itu aja dia sudah protes bahwa saya ngatain dia, padahal ya dia jg sudah ngatain dan menyudutkan saya macam2. Kalau sudah menganggap saya sedemikian buruknya, Kenapa harus dilanjutkan? Saya juga punya kesabaran dan bisa tersinggung agan-agan.

Jadi dr perdebatan kita secara garis besar dia mau saya harus terus melanjutkan dan berusaha sebaik mungkin. Sedangkan menurut saya kan saya yang mau keluar duit ya, hak saya dong memutuskan setor lagi atau ga. Ini pun sebenarnya saya mau bela-belain mengingat hubungan pertemanan saja. Ternyata teman saya tidak mau buka-bukaan dalam menjawab pertanyaan saya, lantas bagaimana saya bisa tambah setor kalau begitu? Pertama dulu jg sempat debat mengenai cost, disitu saya suruh dia buka cost secara detail satu persatu. Teman saya berusaha mengelak pertanyaan dan unjung2nya dia omg ke saya dia ga mau ksh tau karena saya orgnya pesimis berdasarkan alasannya. Sampai sekarang saya ga tau cost exactly brp

Update terakhir adalah saya mau disuruh ketemuan & semacam disidang didepan anggota lain hanya buat nunjukkin dia benar dan saya salah. Apa namanya sudah ga kelewat batas? Benar menurut dia.


Mohon sarannya. Terima kasih
Diubah oleh Pacifier 16-11-2015 07:30
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.9K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan