jaka.kumahaAvatar border
TS
jaka.kumaha
yang Suka Belanja di Bukalapak Masup...
TOLONG ISI KUISIONERNYA DAN PELAJARI PENGUKURAN WEBSITE E-COMMERCE DENGAN WEBQUAL DAN E-S-QUAL
Halo gan/sist..
Sebelumnya saya mohon ijin membuka thread pada subforum ini, Saya Ahmad Sopian, Mahasiswa Program Studi Strata Satu Jurusan Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, sedang melakukan penelitian untuk penyusunan Laporan Tugas Akhir (Skripsi) saya mengenai evaluasi kualitas website (studi kasus :Bukalapak)

Sebelumnya apasih yang dimaksud dengan Webqual?
WebQual adalah metode untuk menilai kualitas suatu website yang memiliki sebuah sistem didalamnya. Metode ini telah dikembangkan melalui aplikasi dalam berbagai jenis bidang, termasuk toko buku online dan situs lelang di internet. WebQual mengacu pada tiga dimensi, yaitu kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas layanan interaksi (service interaction quality) untuk menyediakan kerangka kerja (framework) yang bulat untuk menilai penawaran e-commerce.

Lalu yang dimaksud E-S-Qual itu apa?

E-S-Qual merupakan metode pengukuran kualitas suatu sistem yang terfokuskan untuk analisa e-commerce. Metode E-S-Qual banyak digunakan di berbagai bidang karena cakupan dimensi yang ditawarkan sangat sesuai dengan kondisi sistem e-commerce saat ini. Metode E-S-Qual merupakan metode inti dalam melakukan pengukuran kualitas sistem elektronik (Parasuraman, 2005).
Dengan adanya empat dimensi yaitu efisiensi (Efficiency), penjualan (Fulfillment), ketersediaan sistem (System availability), dan pribadi (privacy) menjadikan E-S-Qual sangat rinci dalam setiap pengukuran yang dilakukan dan menjadi media yang sering digunakan dalam analisis kualitas website yang berbasis e-commerce (Parasuraman, 2005).

Sebenarnya baik WebQual maupun E-S-Qual merupakan dua metode yang mempunyai tujuan yang sama, yakni sebagai pengukuran kualitas suatu website atau sistem dari sebuah e-commerce. Perbedaan yang timbul lebih terfokus pada dimensi-dimensi yang terdapat pada masing-masing metode.

Seperti pada WebQual yang lebih terfokus pada usability, information quality, dan service interaction quality. Metode ini mengukur kualitas dari segi kenyamanan yang dirasakan oleh pengguna website atau sistem tersebut dengan menggunakan persepsi pengguna sebagai titik ukur (penyebaran kuesioner). Lain halnya dengan metode E-S-Qual yang terfokus pada efficiency, system availability, fulfillment, dan privacy. Metode ini mengukur kualitas tidak hanya dari kenyamanan pengguna terhadap tampilan dan sistem yang ditawarkan, tetapi metode ini juga menambahkan pengukuran kualitas dari segi proses pembelian serta keamanan data dari pengguna website atau sistem tersebut. Masih sama dengan WebQual, data yang digunakan adalah persepsi pengguna yang telah atau sering menggunakan website atau sistem tersebut.


Untuk itu bagi yang sudah pernah mengakses/melakukan transaksi (jual,beli,sekedar melihat-lihat)di Bukalapak, Mohon kesediaan waktunya untuk mengisi kuesioner berikut

bit.ly/Webqual

Bantuan teman-teman akan sangat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kelanjutan penelitian ini emoticon-Smilie
Bagi agan dan sista yang mengisi kuesioner diatas terdapat 5 voucher kuota data internet sebesar 50 ribu rupiah untuk 5 orang yang beruntung. .

Jika ada pertanyaan, silahkan PM saya

Atas partisipasinya, saya ucapkan terimakasih
Diubah oleh jaka.kumaha 15-11-2015 07:12
0
2K
9
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan