Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kopibangalayAvatar border
TS
kopibangalay
10 FAKTA UNIK TENTANG KOPI (YANG LAYAK ANDA TAHU)


LUPAKAN sejenak tentang espresso yang berat atau frappuccino yang rumit. Di sela-sela kesibukan yang menggila tak ada salahnya menghela nafas sebentar dan menikmati bacaan ringan yang menyenangkan. Misalnya, 10 fakta unik di balik kopi yang Anda nikmati mungkin hampir setiap hari—apakah Anda pernah tahu bahwa kopi pertama kali “ditemukan” oleh kambing yang menari? Simak fakta menarik lainnya berikut ini, dan jangan lupa seruput secangkir kopi.
  • Gembala-gembala di Ethiopia adalah yang pertama kali menyadari tentang efek kafein setelah melihat kambing-kambing yang mereka gembalakan bergerak sangat lincah, bahkan seperti menari, setelah memakan biji-biji kopi.

  • Kebiasaan aslinya, biji kopi dimakan, bukan diminum. Adalah suku-suku di Afrika yang senang mencampurkan biji-biji kopi dengan lemak semacam mentega untuk kemudian dimakan. “Camilan” biji kopi ini diyakini sangat akurat untuk menambah energi.

    [* ]Masa Kebangkitan Islam adalah pemberi kontribusi yang cukup besar akan kepopuleran kopi. Karena minuman alkohol diharamkan, maka kopi dianggap sebagai minuman yang bisa diterima dan juga sering dikonsumsi pada era itu.

  • Semua tanaman kopi di bumi ini tumbuh di satu garis lintang bernama The Bean Belt atau The Coffee Belt. Area ini terbentang antara antara Garis Balik Utara (Tropics of Cancer) dan Garis Balik Selatan (Tropics of Capricorn). Hawaii adalah satu-satunya Negara bagian Amerika yang ditumbuhi oleh tanaman kopi.

  • Tahun 1675, Raja Inggris melarang segala aktifitas berbentuk kedai kopi karena ia mencurigai bahwa kedai-kedai kopi adalah sarana orang-orang berkumpul untuk berkonspirasi melawannya.

  • 70% peminum kopi di seluruh dunia mengonsumsi jenis Arabika yang memiliki rasa lebih lembut dan aromatik. Sementara sisanya 30% meminum Robusta yang lebih pahit tapi nikmat dan mengandung kafein 50% lebih banyak daripada Arabika.

  • Pohon kopi bisa tumbuh tinggi hingga berukuran 30 kaki (atau sekitar 9 meter) tapi kebanyakan pohonnya dipangkas hingga sampai 10 kaki (atau 3 meter) saja agar bijinya gampang dipetik.

  • Kopi adalah komoditi terbesar kedua yang diperdagangkan di muka bumi. Yang pertama adalah minyak.

  • George Washington adalah penemu kopi instan. Tapi bukan George Washington sang Presiden Amerika, melainkan seorang berkebangsaan Belgia yang tinggal di Guatemala. Washington orang Belgia ini menemukan kopi instan di tahun 1906.

  • Istilah Americano berasal dari tentara-tentara G.I Amerika pada masa perang dunia kedua. Para tentara Amerika ini biasanya memesan espresso tapi dicampur dengan air untuk sedikit meringankan rasanya yang kuat. Lebih jauh, istilah “cup of joe” berasal dari prajurit-prajurit G.I Joes pada perang dunia kedua karena mereka dikenal sebagai peminum-peminum kopi berat.

tata604
tata604 memberi reputasi
1
1.1K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan