Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aghilfathAvatar border
TS
aghilfath
Menteri Rini cari perusahaan BUMN kuat kelola saham Freeport

Merdeka.com -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno sedang mencari BUMN yang kuat untuk mengelola saham PT Freeport Indonesia. Rini menyiapkan BUMN karena perusahaan asal Amerika Serikat tersebut segera akan melepas 10,64 persen persen saham ke pemerintah.

"Memang kita sedang menganalisa BUMN mana yang secara balance sheet yang kuat untuk mengambil itu," kata Rini diJakarta, Selasa (22/9).

Rini berharap, divestasi saham Freeport ini nantinya akan memperbesar porsi BUMN. Saat ini, kementerian memegang 9,36 persen saham.

"Kami sedang melihat karena pada dasarnya BUMN itu memiliki 9,36 persen. Kami harapkan kalau ada kemungkinan untuk menaikkan, nanti kita akan menaikkan kepemilikan BUMN," terangnya.

Informasi saja, Freeport Indonesia akan melepas saham atau divestasi sebesar 10,64 persen ke pemerintah. Divestasi saham disebut sebagai bentuk kepatuhan perusahaan pada aturan yang berlaku di Indonesia.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Maroef Sjamsuddin mengatakan divestasi saham merupakan satu poin yang telah disepakati pemerintah dan Freeport dalam renegosiasi kontrak karya.

"Itu sebuah poin yang sudah disepakati memang itu yang paling cepat kita selesaikan," kata Maroef.

Dalam aturan Peraturan Pemerintah 77 Tahun 2014 divestasi perusahaan tambang yang menggarap tambang bawah tanah sebesar 30 persen. Maroef menyebut Freeport akan patuh pada peraturan tersebut, dengan bertahap melepas sahamnya. Untuk tahap pertama, Freeport akan melepas 10 persen saham yang ditargetkan sebelum Oktober 2015.

Menurut Maroef, berdasarkan Peraturan Pemerintah tersebut divestasi pertama akan ditawarkan ke pemerintah pusat. Jika pemerintah tidak berminat maka akan diserahkan ke Perusahaan Investasi Pemerintah (PIP). Namun jika instansi tersebut tidak berminat akan ditawarkan ke Pemerintah Daerah.

Sumber : http://m.merdeka.com/uang/menteri-ri...-freeport.html

Mpok mesti hati2 nih jangan sampai negara dipecundangi nantinya emoticon-Sorry
Diubah oleh aghilfath 22-09-2015 12:19
0
1.4K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan