Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hanli.kusumaAvatar border
TS
hanli.kusuma
***** KUPAS TUNTAS GEMOLOGY LAB DAN SERTIFIKASI PERMATA DI INDONESIA *****
Melihat Perkembangan Batu Permata yang ada diindonesia saat ini, banyak penggemar Permata yang Membeli Batu permata dengan sertifikat dari Lab permata yang ada di indonesia, disini akan dijabarkan mengenai Profile Lab nya dan juga Plus Minusnya.

Setiap Labotarium Permata , harus memiliki Seorang Gemologist yang Graduate dari Institusi internasional yang diakui secara internasional, sehingga identifikasi yang dilakukan bisa sesuai standard dan diakui juga..tetapi kenyataannya di indonesia, banyak sekali kasus terjadi dimana identifikasi yang salah, threatment yang tidak jelas, dll dikarenakan banyak Lab Kecil bermunculan dengan Kualifikasi yang tidak jelas.. oleh karena itu Threat ini di bahas soal Lab Permata dan sertifikasinya , semoga bisa jadi wacana sharing buat para penggemar permata.

INILAH DAFTAR GEM LAB DI INDONESIA :

1.AGL - Adamas Gemological Laboratory
Apartemen Istana Harmoni, Lt1/A-2,Kompleks Harmoni Plaza, JL. Suryopranoto,Jakarta Pusat 10130
Telp: +62-21-6305547/6397470
Faks: +62-21-6305546
http://www.agl-igp.com/

Lab AGL merupakan salah satu lab gemology di indonesia yang memiliki Keluarga gemologist dari Bapak Mahardi Paramita G.G dan Anak2 Beliau yang semuanya merupakan Gemologist dari GIA dengan Gelar GG serta mendirikan institut Permata IGP di indonesia, merupakan salah satu Lab di indonesia yang Kredible dengan Gemologist yang Jelas dari GIA dan peralatan yang Berteknologi.

2. SKY GEMOLOGICAL LABORATORY
TAMINI SQUARE Shopping Mall lt. 1 FS 1 no. 23, Jalan Taman Mini 1 Pondok Gede Jakarta Timur.
Phone : 021-8778 6261

Merupakan Gemological Lab yang didirikan oleh gemologist Bapak Nugroho GG,AJP dari GIA yang pada awalnya meniti karir di Pegadaian dan sekarang Aktif Di Sky Lab.. dengan Konsep MEMO dan sertifikat yang harga terjangkau. Pilihan bagi yang hendak memiliki memo dengan harga murah , tetapi terakhir didapati informasi bahwa tidak semua permata diperiksa langsung oleh gemologist karena sudah terlalu banyak demand pembuatan memo/serti.
====

3. GRI - GEM RESEARCH INTERNATIONAL LABORATORY
# Batu ceper IV No.6L Jakarta pusat 10120 Indonesia
Phone: (021) 3510132
Fax: (021) 3510133

Merupakan Gemological Lab yang Gemologistnya merupakan Tamatan dari GIA. GG dengan biaya pemeriksaan yang cukup terjangkau dan kualitas yang baik, namun sekarang sudah membuka cabang dibeberapa tempat di indonesia dan pada awalnya di belakang sertifikat dicantumkan bahwa setiap pemeriksaan batu permata melibatkan 2 orang gemologist, namun sekarang karena sudah banyak cabang, sepertinya ada beberapa cabang hanya memiliki 1 gemologist sj..Lab GRI merupakan Lab yang Cukup Popular, namun untuk pemeriksaan ada bagusnya langsung ke pusatnya yang dimana lebih Baik dengan pendapat dari dua gemologist sekaligus.


====

4. IGL - INTERNATIONAL GEMOLOGICAL LABORATORY
Suite 16A, Menara Imperium ,Metropolitan super blok, Kaveling no 1, HR Rasuna Said, Jakarta Pusat
Telp: 021-8354050
Fax:021-8354037
http://www.igl-asia.net/home

Merupakan Lab yang memiliki gemologist yang Cukup senior di indonesia, setelah Bapak Mahardi Paramita, Lab IGL memiliki Gemologist Bapak M. Zafarullah Jeffry GG ( GIA ) , HRD, DIA yang sangat berpengalaman dalam mengidentifikasi Batu Permata..

====

5. FLAMBOYANT GEM LAB
Gajah Mada Plaza, Lt.1 No.61 ,Jakarta Pusat
Telp: +62-21-6344547/6339058
Faks: +62-21-6344547

Merupakan Gemology Lab di Gajah mada plaza yang memiliki dua orang gemologist dari GIA dengan gelar GG yaitu Emil Tan, GG dan Mirtha Tan ,GG.. Lab ini cukup baik, namun karena mereka juga memiliki Toko permata di depannya yang juga menjual permata, jadi agak jarang yang membuat serti disini.

====

6. ACC Gem Lab
Jln. Bekasi Timur iX No.17, gg. Padang, Rawabunga, Jatinegara ,Jakarta Timur 13350
Phone : 021-85919998

Lab ACC merupakan salah satu lab yang Gemologisnya bukan dari GIA , Melainkan dari Society yang dapat menjadi member dengan membayar membership dan mengikuti ujian untuk menjadi gemologistnya..Gelar dari society ini sendiri banyak dipertanyakan dan tidak diakui oleh internasional seperti GIA, FGA, dll.

====

7.TGL (Tasbih Scientific Gemological Laboratory) PASAR RAWA BENING (JAKARTA GEMS CENTRE)
Jln. Bekasi Barat Raya Lt. 1 BLOK AKS No. 162 (Jatinegara) Jakarta Timur (13350) Phone : 021-85909404

TGL merupakan Lab yang gemologistnya Bukan merupakan dari GIA , tetapi terakhir di lab nya digantung sertifikat Lab class saja di GIA namun bukan Gemologist Graduate GIA, Gemologist TGL mengambil gelar nya dari salah satu institute yg kecil di india.. dan mendirikan Lab di pasar rawa bening.
====

8. ICGL (International Colour Gems Laboratory)
The Boulevard building lt.7E2,Jl.Fachrudin Raya no.5
Phone : 021-31991393
Mobile : +628111042168
email : info@icgl.co.id
www.icgl.co.id (www.icgl.co.id)


IGCL Merupakan Lab yang baru Buka di indonesia dengan Gemologist yang bukan tamatan GIA , Sertifikasinya Cukup bagus desainnya dan Oke.. namun Kredibilitasnya masih belum terlalu popular di market indonesia.

====

9.DGL - Dufau Gem Lab
Gadjah Mada Plaza, Lantai 1, #31-32,Jakarta Pusat 10130
Phone : 62 21 6387 0630
Fax : 62 21 6387 0643

Dufau Gem Lab merupakan Lab Permata yang gemologistnya Bule di indonesia, Lab ini Gemologistnya bukanlah GG ( Graduate Gemologist ) tetapi hanya mengikuti Lab class di GIA dan join di bbrp asosiasi gemologi..dan Terakhir dinyatakan dimajalah sebagai President GIA chapter indonesia, tapi sama sekali tidak tercantum di Website resmi GIA namanya sebagai president???

====

10. BIG LAB (Ben's International Gemological Laboratory)
# Jl.Gajah Mada No.19-26 Jakarta Pusat
(Gajah Mada Plaza, Lt. 1 No.11)
Phone : (021) 63861666

# Jakarta GEMS Center
Jatinegara, Blok AKS Lt.1 No.50-51, Jakarta

# PTC Shopping MallGround Level D2-15, Surabaya

BIG LAB merupakan Lab Kormersial yang sudah terkenal di seantero indonesia, Lab ini didirikan oleh mr. Ben hoo yang merupakan GG dari GIA dan sangat berpengalaman di batu permata, Lab ini juga didirikan di singapore yang menambah nama baiknya, tetapi sebenarnya alamat singapore jika anda cari, sudah tidak buka lagi Lab ini,,, namun di sertifikat masih tetap dicantumkan alamat tsb, Lab ini disebut kormersial karena banyak mengeluarkan istilah2 yang kadang tidak sesuai dengan standard gemologist secara internasional, seperti warna "similiar to...." , Agate Picture as " Horse " , Picture as " ...." dll....

selain itu, Lab ini memiliki Cabang di beberapa Lokasi lainnnya di indonesia, namun dari informasi sebagian dari nya yang handle bukanlah gemologist , sebagian hanya asisten , dll yang dimana ini sama sekali tidak sesuai dengan standar gemologi dimana sebuah lab harus memiliki gemologist yang graduate dari institusi yang diakui untuk pemeriksaan sebuah permata.
====

11.PEGADAIAN G-Lab
Jl Kramat Raya 162 Jakarta Pusat
Phone : (021)31555550

Lab Pegadaian ini dulunya merupakan Lab yang dimana Bapak Nugroho gemologist G.G aktif sebagai gemologist di dalamnya, namun sekarang setelah Bapak Nugroho menghandle Lab nya Sky Lab, tidak diketahui lagi nasib Lab Pegadaian, apakah yang handle adalah Gemologistm atau bukan.

====

12.AVIANNOOR GEMS LAB
XT Square, Gedung Umar Kayam, No. 15
Jln. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo
Yogyakarta, Indonesia
0813 4965 7220
http://aviannoor.com/

Lab Gem Avianoor merupakan Lab gemology di Yogyakarta yang cukup bagus dengan gemologist tamatan GG dari GIA , penilaian dan pemeriksaan yang cukup bagus, merupakan Lab gemology permata di yogyakarta..

====

13.KGL (Kian's Gemological Laboratory)
Jl. Kunir No.6 , Surabaya 60175
Phone : +6231 353 1570

Lab KGL merupakan salah satu Lab yang pertama dikota surabaya, Lab ini gemologistnya bukanlah seorang GG , tidak jelas pendidikan gemologistnya darimana karena tidak dicantumkan di dalam Websitenya.
====

14. NGR (Nusa Gems Report)
Jln. Zainul Arifin No.192 ,Medan, Sumatera Utara
Phone : 061-4148824

Lab NGR merupakan lab Gemology pertama di Kota Medan , ketika Gemstone Fair di palladium mall di awal tahun dan saya berangkat medan, saya melihat Lab ini ada sedikit kejanggalan, dimana di foto gemologistnya di dinding lab dicantumkan Gelar G.G dalam setiap foto beliau, namun tidak ada terpampang sama sekali Sertifikat Graduate Gemologist dari GIA , dan ketika saya cek nama gemologistnya di alumni web GIA juga tidak ada.. ketika melihat sertifikatnya, disana dicantumkan alumni association GIA tapi namanya sama sekali tidak pakai G.G di sertifikat..sungguh aneh?? apakah Lab ini benar adalah GG atau tidak gemologistnya??? Lab ini berdiri sejak 2014 , dan tidak jelas sampai saat ini apakah Gemologistnya Bapak Zulfikar merupakan Tamatan GIA GG.. karena di sertifikat dipakai embel2 alumni GIA, tapi tidak berani mencantumkan Gelar GG nya di Sertifikat.

Diubah oleh hanli.kusuma 06-06-2015 17:19
0
27.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan