Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RicherAvatar border
TS
Richer
Cara Move On Dari Mantan Tanpa Menghapus Ingatan
Halo Agan dan Aganwati,

Ane mau ijin berbagi, dan mudah-mudahan bermanfaat dan bisa bantu buat yang lagi sulit move on emoticon-Cendol (S)

Yap, move on adalah kata-kata yang biasanya dinasehatkan sama orang yang lagi patah hati.

Contohnya kayak gini:

“Udah lupain aja dia mah, masih baaanyak janda-janda...eh cewek yang lebih baik dari dia.”

“Kalo kalian putus, berarti dia gak bagus buat elo, udahlah lupain dia dan buka pintu hati lo, kalo mau gua kenalin tuh sama sepupu gw, orangnya baek kok...”

Kebanyakan nasehatnya bernada sama, yaitu...“LUPAKAN!”

Tapi sebenernya kita gak akan pernah benar-benar bisa lupa. Karena semua peristiwa yang pernah kita alami akan tetap tersimpan dalam memori dan gak bisa dihapus. Apalagi kalau peristiwanya belum lama terjadi, atau tiap hari kita masih harus ketemu sama si mantan karena satu kampus atau satu kantor misalnya.

Lagipula kalopun Agan pindah kampus atau pindah kerjaan biar gak ketemu lagi, kadang ada aja hal atau tempat yang mengingatkan lagi sama si mantan. Misalnya si mantan seneng lagu Noah, terus suatu hari Agan denger lagu itu, secara otomatis jadi inget si mantan.

Atau waktu Agan lewat Dufan misalnya, Agan tiba-tiba inget si mantan karena dulu sering kencan ke sana berduaan. Belum lagi kalo akun sosmednya masih ada, kadang ada aja rasa pengen stalking akun si mantan.

Buang semua koleksi lagu Noah atau matiin radio biar gak denger lagu Noah jelas bukan satu-satunya solusi. Atau gak mau lagi datang ke Dufan dan menghindari semua tempat yang pernah dilewatkan sama si mantan juga jelas bukan solusi.

Lah, kalo tiap hari emang harus lewatin situ karena rute ke tempat kerja atau kuliah, masa sampe harus cari rute lain muter jauh cuma karena biar gak lewat situh? Tempatnya mah gak salah gan wkwkwk.

Atau karena terlalu banyak kenangan di mana-mana di Indonesia, terus Agan mau sekalian aja kabur ke Antartika juga jelas gak mungkin kalo gak punya modal, emang mau kerja apaan di sana? Ternak beruang kutub? emoticon-Big Grin

Jadi walaupun Agan meminta pada seorang ahli hipnotis sambil nyanyi “lumpuhkanlah ingatanku hapuskan tentang dia...” itu gak akan bisa dilakukan. Karena hipnosis gak bisa dipake buat menghapus ingatan.

Walau gak semua mengalami, tapi faktanya ada orang-orang yang mengalami sulit move on dari mantan, dan umumnya karena:

  • Masih cinta dan merasa gak ada lagi yang bisa menggantikan si mantan di hatinya
  • Trauma dengan patah hatinya sehingga menutup hati untuk yang baru
  • Dendam sama si mantan, pengen balas dendam dulu sama si mantan

Dan mungkin masih ada alasan-alasan yang lain.

Jadi, sebenarnya sih bukannya gak bisa move on, tapi lebih ke GAK MAU move on karena alasan-alasan tertentu yang dijadikan pembenaran.

Tetapi, kalau mau kita telusuri dan renungkan (asal kita mau), maka kita bisa mengubah respon kita terhadap segala hal yang berhubungan dengan si mantan.

Jadi yang kita butuhkan bukan bener-bener menghindari segala hal yang berhubungan dengan si mantan biar kita lupa, tapi membuat perasaan kita terhadap semua itu menjadi lebih netral.

Terus gimana caranya?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengubah persepsi bisa kita lakukan dengan menantang keyakinan kita melalui pertanyaan.

Misalnya:

Kalo Agan punya keyakinan, “Ane ga bisa hidup tanpa dia”.

Coba renungkan dan tanyakan pada diri sendiri:

“Dulu sebelum ketemu dan jadian sama si mantan, apakah Agan bisa hidup?”

Kalau dulu bisa hidup, berarti gak ada si mantan pun Agan sebenarnya tetep bisa hidup. Lagian kalo emang gak bisa hidup tanpa dia, harusnya udah mati dari kemaren-kemaren sejak putus dong wkwkwk.

Kalo sampe Agan trauma dan menutup pintu hati karena takut disakiti lagi, maka Agan harus sadari bahwa itu hanya ilusi pikiran Agan sendiri yang belum tentu terjadi. Bahkan jauh di dasar hati Agan pastilah sebenarnya Agan gak pengen sendirian selamanya, tapi Agan pasti tetap mendambakan cinta sejati dengan atau tanpa si mantan.

Kalo Agan masih sakit hati dan dendam sama si mantan, maka sebenarnya Agan rugi karena siang malam masih mikirin si mantan, sedangkan si mantan mah belum tentu mikirin Agan, malah mungkin dia udah bahagia dengan yang lain.

Nyesek sih wajar, tapi Agan juga harus sayang sama diri sendiri. Agan harus ngerasa layak untuk bisa dapat yang lebih baik.

Ya, rasa layak ini yang harus dipupuk. Kalo Agan ngerasa gak bisa dapat yang lebih baik dari si mantan, maka rasa layaknya yang harus diperbesar. Kita gak pernah tahu bisa dapat yang lebih baik atau nggak kalo gak move on. Lagipula waktu terus berlalu, dan kita gak bisa terus-terusan berkutat dalam masalah yang sama.

Jadi intinya adalah, saat muncul pembenaran-pembenaran yang membuat Agan tertahan gak mau move on, maka tantanglah keyakinan yang menghambat itu dengan pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Apa benar ane gak bisa hidup tanpa dia? Apa ada bukti valid bahwa ane gak bisa hidup tanpa dia?
  • Apa iya gak ada yang lebih baik dari dia? Emang udah nyoba nyari? Emang udah nyoba jalanin sama yang lain?
  • Apakah dendam sama mantan ini berguna dan bikin ane bahagia? Kalo malah bikin tersiksa, kenapa harus dipertahankan?

Kemudian fokuslah pada hal-hal yang lebih memberdayakan dan kembali tanyakan “Apa sebenarnya yang ane inginkan?”

Bahagia bukan?

Apakah untuk mendapatkan bahagia itu harus selalu dari si mantan?

Jelas nggak, karena rasa bahagia itu bisa datang dari siapa aja, termasuk melalui pintu-pintu yang baru.

Nah pertanyaan-pertanyaan itu harus sering diulang-ulang sampai Agan merasa sadar untuk move on, karena pada dasarnya cuma Agan sendiri yang bisa menentukan mau dibawa kemana hidup Agan ke depannya.

Karena itu mau move on atau nggak, itu adalah pilihan dan keputusan. Tapi pastikan pilih keputusan yang akan membawa Agan hidup lebih bahagia, bukan yang membuat Agan berlarut-larut dalam kesedihan.

Itu aja yang bisa ane share, semoga bermanfaat. Kalo gak suka mohon dimaklum dan jangan ditimpuk bata ya gan hehehe emoticon-Blue Guy Peace



Kalo Agan dan Aganwati punya tips lain dipersilahkan kasih tips-tipsnya emoticon-Smilie
Diubah oleh Richer 30-10-2015 10:29
nona212
nona212 memberi reputasi
1
3.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan