Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

astat99Avatar border
TS
astat99
Mengenal VBA Excel Makro
Di sini ane akan memperkenalkan agan sis dengan Kode Makro Visual Basic for Applications (VBA). VBA adalah komponen kunci. Pengguna Excel menggunakan VBA macro untuk meng-Costumize dan mengotomatisasi Excel.

Apa itu Makro?
Sebuah makro adalah urutan instruksi/perintah. Urutan instruksi Ini mengotomatisasi aspek-aspek Excel yang biasa agan sis lakukan. Ketika Agan sis mengotomatisasi beberapa pekerjaan Agan sis di Excel menggunakan Macro, Agan sis dapat melakukannya lebih efisien dan dapat mengurangi dan mengeliminasi kesalahan dibanding pengerjaan manual. Misalnya, Agan sis dapat membuat makro untuk memformat dan mencetak laporan penjualan akhir bulan Agan sis. Setelah makro dikembangkan, maka Agan sis dapat menjalankan makro untuk melakukan banyak prosedur yang memakan waktu secara otomatis.

Tidak harus seorang Expert untuk membuat dan menggunakan macro VBA sederhana. Pengguna dapat melakukannya dengan perekam makro Excel: Excel akan merekam tindakan Agan sis dan akan mengubahnya menjadi makro VBA. Ketika Agan sis menjalankan makro ini, Excel melakukan tindakannya lagi.
Pengguna tingkat lanjut, akan dapat menulis kode makro untuk melakukan tugas-tugas yang tidak dapat direkam. Sebagai contoh, Agan sis dapat menulis kode makro untuk menampilkan Kotak Dialog sendiri, atau memproses data dari berbagai workbook, dan bahkan membuat add-in.

Agan sis mungkin bingung antara VBA dengan VB (Visual Basic). VB adalah bahasa pemrograman. yang memungkinkan Agan sis membuat executable program (file EXE). Meskipun VBA dan VB memiliki banyak kesamaan, mereka bahasa pemrograman yang berbeda.

Yang Dapat Agan sis Lakukan Dengan VBA?
VBA adalah bahasa pemrograman yang sangat kaya. Ia memiliki ribuan kegunaan. Beberapa hal yang tercantum di bawah ini yang dapat Agan sis lakukan dengan VBA macro.
• Otomatisasi prosedur yang sering Agan sis lakukan di Excel. Misalnya, menyiapkan laporan penjualan akhir bulan. Jika tugas itu rutin, Agan sis dapat mengembangkan makro untuk melakukannya untuk Agan sis setiap agan sis mendapat tugas tersebut.
• Otomatisasi operasi yang berulang-ulang. Jika Agan sis melakukan tindakan yang perlu dilakukan berulang-ulang maka serahkan pekerjaan agan sis kepada VBA Makro.
• Buat Prosedur sendiri. Sebagai contoh, Agan sis dapat menggabungkan beberapa perintah Excel dalam satu klik saja.
. DLL Agan Sis,

Ketika Agan sis berencana untuk bekerja dengan Makro VBA, pastikan bahwa tab Developer tampil di Ribbon Excel. Tab Developer tidak muncul secara default dan berisi perintah yang berguna untuk pengguna VBA. Gambar berikut ini menunjukkan tab Developer di Ribbon Excel

Untuk menampilkan tab ini, lakukan langkah-langkah berikut:
1. Klik kanan pada Ribbon control and pilih Customize the Ribbon dari shortcut menu.Customize the Ribbon tab dan kotak dialog dari Excel Options akan tampil.


2. Pada list box sebelah kanan, ceklis Developer.
3. Klik OK untuk kembali Excel

Nah untuk panduan Lengkap VBA link download nya bisa di lihat di thread Programmer Forum:
VBA Makro Excel KASKUS (Diskusi+Tutorial+Ebook+Tanya+Jawab)
kalo agan sis mau share ebook, tutorial atau punya pertanyaan seputar VBA excel silahkan ke thread di atas agan sis
Udapte: ternyata udah ada emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
Anda Bertanya Kami Menjawab All About Microsoft Office 2007 Word, Excel, Powerpoint
pilih aja gan sis, kalau yang pertama TS-nya ane
Kalau mau baca versi Ebook :Mengenal VBA Excel Makro.pdf
Buat Latihan :Latihan 15 Kode Makro VBA Excel Untuk Pemula.pdf

sekian agan sisemoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Blue Guy Peace

Thread Ane yang lain:
dua-menu-tersembunyi-dalam-microsoft-excel
[SHARE]Free Excel Add In Buat Skripsi, Tesis dan Penelitian
Diubah oleh astat99 30-07-2015 18:24
0
6.4K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan