mister.cloneAvatar border
TS
mister.clone
Anggota UMNO Meminta Malaysia Dan ASEAN Menghukum Indonesia
https://www.malaysiakini.com/news/317376

Seorang anggota Umno meminta PM Najib Razak yang ratingnya jatuh akibat beberapa skandal, untuk menjatuhkan sanksi bagi Indonesia karena hal ini akan membantu menaikkan pamor PM Najib .

"Jika ada satu hal yg bisa PM lakukan untuk menyatukan rakyat Malaysia, itu adalah menghukum negara yg sudah membuat kita sesak napas selama 18 tahun terakhir" kata Tengku Putra Haron Aminurrashid Jumat, anggota DPRD Kempas.


"Malaysia adalah negara yg paling menderita dibanding 4 negara lainnya dan sebagai ketua ASEAN kita harus menggunakan segala upaya untuk mengumpulkan sekutu kita untuk memberlakukan sanksi terhadap negara biang kerok ini dan mengajarkan mereka bagaimana menjadi tetangga yg baik"

"Dengan menjadi pemimpin di ASEAN, untuk membuat warga di wilayah ini kembali menghirup udara segar, Najib harus memiliki nyali"
"Biarlah langkah ini menjadi langkah terkahir tapi paling berkesan dalam kapasitas Najib sebagai ketua ASEAN 2015", katanya.

Pernyataan Tengku Putra datang 5 hari setelah Deputi PM Ahmad Zahid Hamidi menekankan bahwa Malaysia tidak akan menekan Indonesia soal asap.

"Presiden Jokowi berkomitmen menyelesaikan masalah ini untuk jangka panjang" katanya dikutip hari Kamis lalu.

Namun Tengku Putra bilang bahwa asap kali ini benar2 sudah membuat naik darah rakyat Malaysia setelah ngeles 18 tahun dan sudah seperti musim tahunan di kalender.

"Kita mengalami aksi kejahatan terbesar thd alam yg membuat hancurnya kesehatan rakyat".

"Sekolah telah ditutup berhari2 dimana indek polusi sudah mencapai lebih dari 150 dalam 6 minggu terakhir"

"Bisnis mengalami guncangan, penerbangan telah dibatalkan, kegiatan sport dan turis juga dibatalkan membuat kerugian milyaran ringgit"

Tengku Putra meminta Putrajaya untuk mentabulasi kerugian akibat asap dan mempublikasikannya tiap bulan.

"Biarpun kita tidak dapat menagih mereka paling tidak kita bisa membuat semacam aksi thd mereka".

Dia mengatakan bahwa menyalahkan perusahaan Malaysia sebagai pembakar bukan alasan karena itu adalah kewajiba Indonesia untuk menghukum semua yg bertanggung jawab sesuai hukum, bahkan jika itu berarti menghukum mati mereka.

"Sudah saatnya anggota ASEAN melakukan aksi affirmative terhadap Indonesia soal tabiatnya yang tak bertanggung jawab terhadap warganya sendiri dan warga tetangganya"

"Eighteen years is too long for us to be dancing to Indonesia's same pathetic tune." ( entah terjemahannya apa ini, yg jelas dia marah )

"Jelas bahwa tanggung jawab internasional bukan prioritas mereka maka dari itu diplomasi sudah bukan cara untuk berkomunikasi dengan mereka"emoticon-I Love Indonesia (S)

Diubah oleh mister.clone 27-10-2015 13:20
0
3.4K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan