higenindoAvatar border
TS
higenindo
Duh,joging diluar bisa membuat anda bodoh?!
Mungkin judul headline diatas agak menyeramkan padahal kita tahu bahwa efek Joging sangat baik untuk kesehatan. Eits tapi kita coba teliti dulu nih apa yang bisa menyebabkan Joging malah menjadi bodoh dan bisa berakibat ke masalah mental.

Quote:


Sudah lama dibuktikan oleh studi-studi tentang manfaat kesehatan dari Joging untuk tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh, joging pagi memang terbukti bermafaat untuk melepas stress setelah seharian bekerja di kantor. Tetapi penelitian baru menunjukan bahwa olahraga joging diluar rumah bisa lebih berbahaya dan berefek buruk untuk otak ada.

Jika anda melakukan joging di jalan raya dengan lalu lintas yang padat dan dipenuhi asap kendaraan bisa menyebabkan penurunan mentalitas tubuh dan kualitas otak anda. Peneliti dari Belgia menemukan bahwa orang yang tinggal diperkotaan yang melakukan olahraga diluar rumah memiliki IQ lebih rendah ketimbang orang yang melakukan olahraga diluar rumah tetapi dari pinggiran kota.

Dalam sebuah penelitiannya, mereka membagi olahragawan menjadi kelompok 2. Keduanya melakukan olahraga 3 kali seminggu selama 12 minggu antara siang dan pukul 13.00. Grup yang satunya olahraga ke area yang sibuk dengan lalu lintas padat, sedangkan grup yang satu lagi olahraga di pinggiran kota.

Setelah tes selesai, sang peneliti bernama Vrije Universiteit Brussel memberikan mereka sebuah tes untuk mengukur waktu respon mereka terhadap sesuatu. Mereka menemukan bahwa tingkat polusi yang tinggi di kota dapat mencegah otak para peserta mendapat manfaat dari latihan olahraga yang dilakukan. Kemampuan seperti menyerap informasi baru, dan pencegahan pengurangan masalah kesehatan mental mereka berkurang drastis akibat polusi udara.

Quote:

Para jogger yang dites secara signifikan juga memiliki tingkat darah lebih tinggi akibat pemaparan polusi. Ini sangat penting karena pemaparan polusi di otak bisa mengakibatkan penyakit mental yang buruk.

Polusi udara sudah diperkirakan mengurangi umur dan harapan hidup semua orang dengan rata-rata tujuh sampai delapan bulan, dan lebih parah lagi dengan mempengaruhi jantung dan paru-paru. Beberapa tahun lalu, peneliti Amerika menemukan bahwa dampak dari polusi udara yang tinggi dikota-kota mengakibatkan penuaan pada kinerja otak sebesar 50% hanya dalam waktu 3 tahun.

Bukan berarti penemuan ini melarang anda melakukan jogging untuk kesehatan. Ilmuwan menganjurkan bahwa anda bisa menghindari aktivitas joging pada waktu jam-jam sibuk dan banyaknya kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya. Kalau bisa lakukan olahraga ditempat fitnes yang sejuk, atau lebih baik lagi lakukan ditaman.

Quote:
0
6.4K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan