gadiskardusAvatar border
TS
gadiskardus
Bantu Penderita Kanker dengan Menggunakan Bitcoin
Salah satu startup di Indonesia yakni KitaBisacom, sedang melakukan kampanye penggalangan dana yang berjudulShave for Hope. Penggalangan dana ini diperuntukan untuk saudara-saudara kita yang terkena kanker. Kampanye ini juga diikuti oleh artis-artis Indonesia, yang harus membotakan kepalanya. Seperti: Omes, Bertrand Antolin, dan Indra Bekti.

Masih banyak lagi artis yang melakukan kampanye tersebut. Keunikan lainnya dari kampanye Shave For Hope ini, startup KitaBisa.com menerima penggalangan dana dalam bentuk Bitcoin.

Bitcoin? Bagi sebagian orang ‘Bitcoin’ masih terdengar asing, apalagi digunakan untuk pembayaran. Jika Anda termasuk yang tidak mengenal Bitcoin, mari kita berkenalan dengan Bitcoin yang sedang marak dibicarakan ini karena nilai tukarnya yang sangat mahal.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi online. Bitcoin merupakan mata uang digital yang tidak diatur oleh negara atau lembaga apapun. “Jika tidak ada yang mengatur, dari mana kita bisa mendapatkan Bitcoin?”

Anda bisa mendapatkan Bitcoin dengan tiga cara, diantaranya:
1. membeli bitcoin lewat penukaran bitcoin, melalui http://howtobuybitcoins.info/ dan memilih mata rupiah negara Anda.
2. bertukar bitcoin dengan seseorang https://localbitcoins.com/
3. menambang bitcoin dengan memasang aplikasi yang disebut Bitcoin mining. Hanya saja, Anda memerlukan komputer yang disebut Application Sesific Integrated Circuit (ASIC), komputer ini akan membantu proses transaksi bitcoin di seluruh dunia https://www.bitcoinmining.com/

Tapi, dari ketiga cara untuk mendapatkan Bitcoin. Mendapatkan Bitcoin dengan cara menambang atau menggunakan Bitcoin mining dengan hanya bermodalkan komputer biasa merupakan sesuatu yang sia-sia. Mengapa? Bisa Anda bayangkan, Anda harus mengalahkan banyak orang dan organisasi saat menambang, Anda harus melakukan verifikasi yang prosesnya sangatlah rumit, namun mudah diverifikasi kebenarannya. Jika Anda berhasil menjadi relawan pertama, Anda baru mendapatkan sejumlah Bitcoin sebagai hadiahnya. Ingat, bukan hanya di Indonesia saja ya, tetapi seluruh Dunia!

Siapa yang menciptakan Bitcoin?


Jika Anda bertanya siapa penciptanya, Anda harus siapkan mata Anda untuk terus membaca artikel ini seharian. Tapi tenang saja, kami sudah meringkasnya untuk Anda. Dilansir dari bitcoin.org. Tahun 1998, Bitcoin merupakan implementasi pertama mengenai konsep “crytocureency‘ oleh Wei Dai, yang menyarankan ide tentang bentuk baru uang yang menggunakan kriptografi untuk mengontrol pembuatan dan transaksi-transaksi. Nah, di tahun 2009, Satoshi Nakamoto mempublikasikan spesifikasi Bitcoin pertama dan bukti konsepnya dalam sebuah milis kriptografi. Hingga akhirnya komunitas Bitcoin berkembang pesat seiring banyaknya pengembang.
Anda tidak usah bingung dengan penggunaan Bitcoin ini, Bitcoin menurut para penggunanya, tidak lebih dari aplikasi ponsel atau program komputer yang menyediakan dompet Bitcoin dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima Bitcoin.

Apakah kelebihan dan kekurangan Bitcoin?


Beberapa kelebihan Bitcoin diantaranya bisa dikirim ke mana saja lewat internet tanpa melalui bank atau lembaga pengirim. Bisa digunakan di negara mana saja dan tidak dapat dibekukan. Serta transaksi Bitcoin dilakukan tanpa syarat dan tidak ada batasan transfer. Selain itu kelebihan Bitcoin adalah kita bisa memantau semua transaksi yang terjadi. Misalnya transaksi yang dilakukan website Wikileaks. Melalui website Blockchain kita bisa memeriksa dari mana saja Wikileaks mendapat kiriman Bitcoin dan identitas pengirim seperti alamat Bitcoin dan jumlah transaksi yang dikirim.

Apa saja contoh penggunaan Bitcoin?

Seperti yang sudah dibahas di atas, Anda bisa menggunakan Bitcoin untuk startup-startup di Indonesia yang sudah menerima Bitcoin seperti KitaBisa.com. Ada lago Bitpremier yang menjual barang-barang mewah. Di Bali pun beberapa hotel sudah mengadospi Bitcoin sebagai alat pembayaran. Anda tahu Wordpres dengan toko onlinenya sudah mulai menggunakan Bitcoin.

Berapa harga tukar Bitcoin?

Tahukah Anda bahwa nilai tukar Bitcoin sangat tinggi, dikarenakan jumlah Bitcoin terbatas sedangkan pengguna (permintaan) Bitcoin mulai banyak. Nilai tukar Bitcoin sama halnya seperti rupiah, yang nilainya tidak pasi dan terus berubah. Untuk memantau nilai tukar Bitcoin dengan rupiah, Anda bisa mengunjungi website Coindesk, dan melihat perdaran Bitcoin melalui website Blockchain.

Mengapa perlu mulai menggunakan Bitcoin?

Menurut kami, Bitcoin dapat membuat transaksi menjadi lebih mudah dan fleksibel. Misalnya, jika ingin mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri maka akan melewati beberapa tahap dan tentu saja pajak sebelum sampai ke tangan penerima. Sedangkan dengan menggunakan Bitcoin cukup menentukan jumlah dan tujuan penerima Anda bisa langsung mengirim Bitcoin kemana saja, dan yang lebih menyenangkan pajak (ongkos kirim) ditentukan oleh Anda sebagai pengirim. Selain itu, dengan Bitcoin pengiriman uang jadi fleksibel karena bisa melakukan pengiriman dengan nominal yang sangat kecil.

[​IMG]

Bagaimana Apakah Anda tertarik untuk menjadikan Bitcoin sebagai pembayaran online Anda? Dapatkan Bitcoin menjadi pembayaran alternatif di masa depan atau hanya wacana?

https://goo.gl/W5qnLJ
0
993
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan