aribandimantraAvatar border
TS
aribandimantra
Merek-Merek Jerman yang Mendunia
Sebegai negara maju dengan tingkat inovasi tinggi yang menduduki peringkat ke 6 di dunia dan peringkat ke 13 di bidang teknologi, Jerman bisa menjadi rujukan bagi Indonesia bagaimana mengelaborasi ilmu sumber daya manusia, pengetahuan dan teknologi agar menjadi tulang punggung ekonomi.

Setiap tahun, puluhan perusahaan Jerman menduduki peringkat teratas sebagai perusahaan global yang dirilis oleh dua majalah bisnis terkemuka di dunia : Fortune dan Forbes. Tahun 2015 ini, ada 28 perusahaan asal Jerman yang berada di Fortune Global 500 atau 500 perusahaan global terkemuka yang penilaiannya berdasarkan besaran pendapatan tahunan.




Adapun sejumlah perusahaan peserta Pameran Sains dan Teknologi yang akan berpartisipasi dan masuk dalam jajaran Global Fortune 500 adalah :

DAIMLER, yaitu perusahaan truk terbesar kedua di dunia dan perusahaan otomotif terbesar ke 13 di dunia. Produk Daimler yang paling terkenal adalah Mercedes-Benz dan Mitsubishi Fuso. Nama Daimler didirikan oleh Gottlieb Wilhelm Daimler, penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman. Pada tahun 1890 Daimler berhasil mengembangkan mesin pembakaran internal, dan pada tahun 1883 Daimler menciptakan mesin yang bertenaga bensin dan mematenkan mesin empat tak. Dalam jajaran Fortune Global 500, Daimler bertengger di peringkat 17.




BMW, adalah perusahaan otomotif yang didirkan pada tahun 1916 dan identik dengan merek-merek mobil mewah. Selain merek BMW, perusahaan ini juga melahirkan merek Mini Cooper dan Rolls-Royce. Tak hanya mobil, sejak tahun 1923 BMW juga memproduksi sepeda motor yang sama-sama menyasar kelas atas. Terbaru BMW merilis sepeda motor BMW R 1200 GS Adventure dengan bandrol harga Rp 540.000.000, sangat mahal bukan? Di jajaran Fortune Global 500, BMW berada di peringkat 56.



SIEMENS, adalah engineering terbesar di Eropa. Sebuah perusahaan konglomerat multinasional yang berkantor pusat di Berlin dan Munich. Divisi utama perusahaan adalah Industri, Energi, Kesehatan, dan Infrastruktur yang merupakan kegiatan utama perusahaan. Perusahaan ini adalah pembuat terkemuka peralatan diagnosa medis. Siemen menempati peringkat 63 Fortune Global 500.

BASF. Chemical & Engineering News (C&EN), majalah yang diterbitkan oleh The American Chemistry Council menobatkan BASF sebagai perusahaan kimia terbesar di dunia. Bisnis BASF bergerak di bidang produksi bahan kimia, plastik, katalis, pelapis, pengembangan teknologi tanaman, eksplorasi dan produksi minyak mentah dan gas alam. BASF berada di peringkat 76 Global Fortune 500.


BOSCH. Adalah perusahaan elektronik dan teknik yang menjadi suplayer komponen otomotif terbesar di dunia. Bosch juga memproduksi alat-alat pertukangan, sistem keamanan seperti CCTV dan peralatan rumah tangga. Bosch menempati peringkat 150 Global Fortune 500.

BAYER. Saridon, Redoxon, Tonikum dan CDR, adalah produk-produk Bayer yang terkenal di Indonesia. Selain produk tersebut, ada ratusan jenis produk lain yang diproduksi oleh perusahaan multinasional farmasi dan kimia yang didirikan pada tahun 1863 ini. Selain obat untuk manusia, Bayer juga memproduksi obat untuk hewan ternak. Perusahaan yang telah memiliki sejarah panjang sesuai dengan usianya yang telah mencapai 152 tahun ini, aktif melakukan akuisisi untuk perluasan bisnis. Bayer berada di peringkat 178 dalam Fortune Global 500.




DB SCHENKER adalah anak usaha Deutsche Bahn AG, satu korporasi kereta api raksasa terbesar kedua di dunia di bidang transportasi setelah Deutsche Post/DHL. Bisnis DB Schenker, tak jauh dari bisnis induknya, yaitu fokus bergerak di bidang logistik darat, laut dan udara. Deutsche Bahn AG berada di rangking 197 dalam Fortune Global 500.

SAP adalah perusahaan Jerman yang merupakan perusahaan perangkat lunak terbesar di Eropa. SAP didirikan pada tahun 1972 dengan nama Systemanalise und Programmentwicklung oleh 5 mantan karyawan IBM. Dalam jajaran Global 2000, yaitu 2000 perusahaan terbesar di dunia versi majalah Forbes, SAP menduduki peringkat 190. SAP juga dinobatkan sebagai 28th World's Most Valuable Brands, 72nd Innovative Companies oleh Forbes.

LUFTHANSA adalah maskapai penerbangan terbesar di Eropa, baik dari segi jumlah penumpang keseluruhan dan ukuran armada bila dikombinasikan dengan anak perusahaan. Lufthansa mengoperasikan layanan ke 18 tujuan domestik dan 197 tujuan internasional di 78 negara di Afrika, Amerika, Asia, dan Eropa dengan armada lebih dari 280 pesawat. Lufthansa menduduki peringkat 285 Fortune Global 500.


B BRAUN MEDICAL adalah perusahaan perangkat farmasi dan medis yang memiliki kantor dan fasilitas di lebih 50 negara. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1839 dan masih dimiliki oleh keluarga Braun hingga kini. Braun merupakan salah satu raksasa perusahaan keluarga yang akan ambil bagian dalam Pameran Sains dan Teknologi Jerman-Indonesia di Museum Nasional 5-15 Oktober 2015.


Dalam pemran ini, berbagai inovasi terbaru akan dipamerkan oleh para peserta eksibisi, seperti Mercedes dengan teknologi menyetir otomatis, BASF dengan solusinya untuk para petani, Siemens dengan teknik baru untuk mengembangkan sektor manufaktur, serta Lufthansa yang akan menyediakan pengalaman terbang secara virtual kepada para pengunjung.

Seperti dikutip dari TeknoUp, Pameran Sains & Teknologi Jerman-Indonesia terbuk dari pukul 08.30 – 17.00 WIB setiap hari. Rangkaian Jerman Fest ini merupakan inisiatif dari Kementerian Luar Negeri Jerman dan diselenggarakan oleh Goethe-Institut Indonesien, Kedutaan Besar Jerman, dan EKONID.
Diubah oleh aribandimantra 10-10-2016 07:32
0
39.3K
218
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan