Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

silverarrowsAvatar border
TS
silverarrows
Tua8x lebih Cepat, Remaja 14 Tahun Bertubuh Seperti Kakek2
BUKAN REPOST
Tua8x lebih Cepat, Remaja 14 Tahun Bertubuh Seperti Kakek2



Mumbai, Sama seperti remaja umumnya Nihal Bitla (14) dari Mumbai, India, menyukai permainan komputer dan orang yang mengenalinya mengatakan ia punya sifat ramah serta polos. Hal yang membuat Bitla berbeda adalah ia punya tubuh layaknya kakek-kakek.

Berat Bitla hanya 12.5 kilogram (kg) dan tinggi 1.2 meter (m). Kulitnya terlihat jelas berkeriput dengan tangan kurus rapuh dan kulit kepala botak.

Kondisi yang dialami Bitla disebabkan penyakit langka Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome (HGPS), dipicu karena adanya kecacatan genetik. Orang yang punya kondisi ini tubuhnya akan menua sampai delapan kali lebih cepat dari usia yang sebenarnya.

Baca juga: Derita Anak Progeria, Tua Sebelum Waktunya

saat ini Bitla sudah tak sekolah karena tak tahan diejek teman. Ia sering dipanggil Auro, tokoh dalam film yang juga mengidap progeria. Teman sekolah sering menakuti Bitla akan meninggal karena serangan jantung sama seperti Auro.

Menurut Progeria Research Foundation di Boston, Inggris, progeria adalah kondisi yang sangat langka. Di seluruh dunia hanya ada 200 sampai 250 orang yang mengidap penyakit.

Tua8x lebih Cepat, Remaja 14 Tahun Bertubuh Seperti Kakek2

HGPS hingga sekarang belum ada obatnya tapi tim Progeria Research Foundation sedang melakukan percobaan klinis kepada Bitla. Dokter menggunakan obat kanker Lonafarnib untuk memperlambat penuaan dan memperbaiki pembuluh darahnya.

Sampai sekarang tim belum tahu apakah pengobatan efektif atau berapa lama usia hidup Bitla bisa diperpanjang. Menurut laporan setidaknya obat bisa membantu Bitla memperoleh berat badan dua kg.

"Mau sepanjang apapun waktu yang tersisa, saya sekarang hanya ingin mengabulkan keinginan anak saya," ujar sang ayah, Srinivas, seperti dikutip dari Mirror pada Kamis (8/10/2015).


Tua8x lebih Cepat, Remaja 14 Tahun Bertubuh Seperti Kakek2


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekilas ttg penyakitanya:

GPS disebabkan karena adanya mutasi gen yang disebut LMNA, yang memproduksi protein Lamin A, yang dapat mengganggu stabilitas inti sel (nukleus) di dalam tubuh. Ketidakstabilan inti sel tersebutlah yang dicurigai oleh beberapa peneliti sebagai penyebab dari proses 'premature aging' pada penderita progeria.

Progeria tidak dapat terdeteksi ketika masih bayi, bahkan selagi masih dalam kandungan pun tidak terlihat indikasinya. Penyakit ini justru muncul setelah anak berusia satu 1-2 tahun. Tak heran jika sebelum usia 1 tahun ia kelihatan normal dan sehat-sehat saja, namun setelahnya baru tampak tanda-tanda penuaannya.

Proses penuaan pada penderita progeria terjadi dengan kecepatan 4-7 kali lipat dari proses penuaan normalnya. Jadi jika seorang anak yang mengalami progeria berumur 10 tahun, maka penampilannya akan tampak seperti orang berusia 40-70 tahun, termasuk organ pernapasan, jantung, maupun sendi-sendinya. Sungguh menyedihkan.

Menurut Professor Peter Clayton dari Great Ormond Street Hospital seorang bocah yang menderita progeria umumnya meninggal dunia pada usia 13 tahun, dan hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini.

"Penyakit ini merupakan penyakit langka dan jarang ditemukan, namun penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan untuk mempelajari proses penuaan dini tersebut dan cara untuk menghambatnya," ujarnya.

Terdapat dua kabar yang menyertai penyakit progeria ini, yaitu kabar baik dan kabar buruk. Kabar baiknya, penderita progeria sangat jarang ditemui di Indonesia, bahkan di dunia. Kemungkinan terjadi kasus tersebut adalah 1 orang dari 4-8 juta anak-anak.

Namun kabar buruknya adalah, progeria dapat menimpa siapa saja, bahkan pada mereka yang orang tuanya tidak memiliki mutasi gen tersebut sama sekali. Oleh karena itu, penyebab pasti penyakit ini tidak dapat diketahui dan masih diteliti.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kasihan Ya Gan emoticon-Takut (S)

KASKUSER Yang BAik Jangan cm Silent Redaer... Boleh di Comment & di Rate... apalagi dikasih cendol. ga nolak emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh silverarrows 08-10-2015 06:00
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6K
36
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan