- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Koenigsegg Regera. Hypercar Hybrid Pertama di Dunia Tanpa Transmisi (Gearbox)


TS
TiquzzzkrocO
Koenigsegg Regera. Hypercar Hybrid Pertama di Dunia Tanpa Transmisi (Gearbox)
Spoiler for Pendahuluan:
Spoiler for Pic:


Koenigsegg (dibacanya koniksek aja gan, biar enggak ribet yak

Spoiler for Eksterior:
Dengan model produksi khas Koenigsegg, menjadi indikasi, bahwa Regera terlihat seperti mobil hasil upgradetan dari CC8S, CCR, CCX, CCXR, Agera, Agera R, Agera S dan One:1 yang telah diproduksi sebelumnya. Christian von Koenigsegg mengatakan, model yang didesain baru ini lebih masuk ke kasta kemewahan dengan model yang ekskusif dan interior yang berbeda dari sebelumnya (meskipun sebagian besar dari fitur desain hampir identik dengan pendahulunya), tentunya juga dengan spesifikasi mesin yang ganas.
Bagian depan dilengkapi sepasang model lampu LED baru, splitter depan (bemper) yang lebih aerodinamis untuk menambah downforce agar stabil dan tidak goyang saat melaju kencang. Tiga air scoop kecil terdapat di kap depan, tepat di bawah kaca depan.
Hal yang masih identik khas Koenigsegg ialah 2 pintu yang unik yang dikenal "dihedral synchro-helix actuation doors".
Di sisi lain, bagian belakang terlihat sangat berbeda dari pendahulunya, dengan sepasang lampu belakang LED yang diperbarui, serta spoiler belakang dengan hidrolik yang bisa digerakkan dan bisa menciptakan tenaga down force sebesar 250km/450kg. Spoiler yang unik mengingatkan kita akan spoiler milik Bugatti Veyron dan McLaren P1.

Koenigsegg juga memiliki 3 knalpot unik, yang diantaranya 1 knalpot utama dan 2 knalpot titanium berbentuk vertikal ramping besutan Akrapovic salah satu perusahaan pembuat knalpot terkemuka dan terbaik di dunia.

Adapun terdapat juga plug in (atau bisa dikatakan kabel charger) untuk mengisi/mencharge daya motor listrik/baterai bila sudah habis.
Chassis terbuat dari kombinasi antara serat karbon dan alumunium begitu juga dengan bodynya yang dibuat dari serat karbon, sehingga berat dari mobil ini sekitar 1628kg. Bobot yang ringan untuk ukuran sebuah mobil.
Koenigsegg juga memiliki teknologi "Koenigsegg 2nd generation Aircore™ Superlight carbon fiber wheels with centre locking" yakni velgnya terbuat dari serat karbon sehingga mampu dapat meringankan perputaran pada roda.
Spoiler for Pic:

Bagian depan dilengkapi sepasang model lampu LED baru, splitter depan (bemper) yang lebih aerodinamis untuk menambah downforce agar stabil dan tidak goyang saat melaju kencang. Tiga air scoop kecil terdapat di kap depan, tepat di bawah kaca depan.
Spoiler for Pic:

Hal yang masih identik khas Koenigsegg ialah 2 pintu yang unik yang dikenal "dihedral synchro-helix actuation doors".
Spoiler for Pic:

Di sisi lain, bagian belakang terlihat sangat berbeda dari pendahulunya, dengan sepasang lampu belakang LED yang diperbarui, serta spoiler belakang dengan hidrolik yang bisa digerakkan dan bisa menciptakan tenaga down force sebesar 250km/450kg. Spoiler yang unik mengingatkan kita akan spoiler milik Bugatti Veyron dan McLaren P1.
Spoiler for Pic:


Koenigsegg juga memiliki 3 knalpot unik, yang diantaranya 1 knalpot utama dan 2 knalpot titanium berbentuk vertikal ramping besutan Akrapovic salah satu perusahaan pembuat knalpot terkemuka dan terbaik di dunia.
Spoiler for Pic:


Adapun terdapat juga plug in (atau bisa dikatakan kabel charger) untuk mengisi/mencharge daya motor listrik/baterai bila sudah habis.
Chassis terbuat dari kombinasi antara serat karbon dan alumunium begitu juga dengan bodynya yang dibuat dari serat karbon, sehingga berat dari mobil ini sekitar 1628kg. Bobot yang ringan untuk ukuran sebuah mobil.
Spoiler for Pic:

Spoiler for Interior:
Spoiler for Pic:




Spoiler for Dua Jantung (Mesin) dan Tanpa Gearbox:
Spoiler for Pic:

Inilah yang membuat orang kagum, Koenigsegg Regera bisa dibilang memiliki 2 buah mesin. Yang pertama adalah mesin alumunium V8 5.0 L twin turbo supercharged yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 1.100 hp dan torsi puncak mencapai 1.250 Nm.
Dan yang kedua adalah motor listrik (bisa dibilang baterai) berdaya 620 V dengan kapasitas 9,27 kWh. Motor listrik ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 700 Hp dengan torsi puncak 900 Nm.
Ketika dua model jantung pacunya tersebut digunakan secara bersamaan, Regera bisa mencapai puncak "keganasannya". Dua sumber tenaga ini jika digabungkan mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.500 Hp dengan torsi lebih dari 2.000 NM serta 1,11 MW. Jika seperti itu akselerasi 0-400 km/jam koenigsegg Regera bisa tuntas dalam waktu 20 detik saja. Sungguh luar biasa, 400 km/jam dalam waktu 20 detik saja! Sebagai pembanding, Porsche 918 Spyder butuh waktu 23 detik untuk akselerasi 0-300 km/jam. Koenigsegg juga lebih baik dari Porsche dalam mode full elektrik, sebab jika Porsche 918 bisa menempuh 29 kilometer dengan motor listriknya, Koenigsegg Regera bisa 33,7 kilometer.
Selanjutnya yang membuat orang heran adalah tanpa adanya transmisi (gearbox) seperti mobil pada umumnya. Tak ada transmisi otomatis torque converter, dual clutch apalagi CVT. Itu semua karena 8 bulan sebelum Regera diluncurkan, Christian Von Koenigsegg selaku CEO Koenigsegg hadir dengan ide brilian untuk Regera yang hanya dibuat 80 unit ini.
Idenya adalah, mesin langsung menggerakkan as roda belakang tanpa dibantu oleh transmisi, jadi Koenigsegg Regera hanya punya satu gir dengan fixed ratio layaknya sepeda fixie yang sempat booming beberapa tahun lalu.
Hanya saja, Koenigsegg Regera punya kopling hidraulis, tiga motor listrik buatan Rimac dan baterai 9,27 kWh, dan kesemuanya bisa membantu Koenigsegg Regera mencapai kecepatan berapa pun yang dibutuhkan. Koenigsegg menamai ini sebagai KDD (Koenigsegg Direct Drive), dan KDD berbobot lebih ringan 220 kg daripada transmisi dual clutch.
Spoiler for Pic:

Sekali lagi, KDD yang terdiri atas satu gir dengan fixed ratio, kopling hidraulis, tiga motor listrik buatan Rimac dan baterai 9,27 kWh, dan kesemuanya bisa membantu Koenigsegg Regera mencapai kecepatan berapa pun yang dibutuhkan. Dengan motor listriknya saja, Koenigsegg Regera punya tenaga 700 hp, setara dengan Lamborghini Aventador standar. Tapi jelas, poin utama dari motor listrik adalah torsi instan, tidak seperti mesin bensin biasa.
Koenigsegg Regera pada saat berakselerasi dari kondisi diam, kopling hidraulisnya membuka dan membiarkan motor listrik membantu start awal dan percepatannya. Seiring naiknya kecepatan, kopling mulai menutup dan siap menyalurkan tenaga dari mesin V8 twin turbo yang tembus 1.100 hp.
Sebenarnya agak aneh sih mendengar suara mobil kencang tanpa ganti gigi, seperti motor matic. Tapi Koenigsegg mengklaim hanya transmisi seperti ini yang sanggup meladeni tenaga hingga 1.500 hp dan torsi 2.000 Nm. Entahlah, tapi jika memang benar begitu adanya, mau bagaimana lagi? Untung sih tidak pakai CVT.
Kemudian, karena tak punya transmisi, Koenigsegg Regera tak punya gigi mundur. Terus bagaimana kalau harus parkir mundur? Apa harus didorong? Ya tidak serepot itu juga sih, karena dua motor listrik milik Koenigsegg Regera yang terletak di as roda belakang bisa membuatnya berjalan mundur tanpa perlu mengaktifkan mesin bensin.
Spoiler for Akselerasi & Top Speed:
Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa jika Koenigsegg Regera menggabungkan 2 jantungnya maka mobil ini sanggup berakselerasi 0-400 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 20 detik saja. Bagaimana dengan top speednya? belum ada informasi resmi dari Koenigsegg, namun jika kita melihat produksi mobil terdahulunya yakni Koenigsegg One:1 yang memiliki top speed 450km/jam, diperkirakan Koenigsegg Regera memiliki top speed di atas 450km/jam. Mengerikan!!
Spoiler for Harga Koenigsegg Regera:
Diperkirakan untuk harga Koenigsegg Regera yaitu antara sekitar US$1,89 jt hingga US$2,3 jt. Jika dirupiahkan berarti berkisar antara sekitar Rp 26 M hingga Rp 31 M. Sungguh harga yang sangat mahal untuk kita
Setelah tadi dijelaskan, biar lengkap dan biar tak penasaran berikut ini video dari Koenigsegg Regera
Spoiler for Videos:






Yah itulah sekian dari ane, moga moga aja trit ini beguna buat nambah wawasan agan/sista sekalian, terimakasih udah mampir di trit ini 

Menerima sumbangan





Tidak mengharapkan





Diubah oleh TiquzzzkrocO 14-11-2015 17:31


berex01 memberi reputasi
1
9.1K
Kutip
30
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan