Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sultan354Avatar border
TS
sultan354
Bangsa Indonesia Pekerja Santai ?


--BISMILLAHIRROHMANIRROHIM--

Quote:


Quote:


Pecandu kerja umumnya terdapat di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, dan Surabaya. Itu pun cuma segelintir dari angkatan kerja yang ada. Yang lebih lazim ialah bahwa bangsa kita dikenal sebagai BANGSA PEKERJA SANTAI.

Spoiler for santai:


Di zaman kolonial, penjajah menyebut bangsa kita inlanderpemalas. Sudah pasti kita sakit hati dengan umpatan itu. Tetapi tidak kurang dari para ilmuwan beranggapan bahwa bangsa kita memang penyantai, untuk tidak mengatakan pemalas. Itu sebabnya dalam perlombaan produktivitas, SDM kita masih kalah dengan SDM Korea Selatan, Taiwan, Singapura, dan Filipina.
Apalagi jika dibandingkan dengan SDM Jepang, kita sangat kalah jauh. Mereka yang pernah mengunjungi negeri matahari terbit itu pertama kali pasti terbengong-bengong dengan kerajinan mereka, kedisiplinan, ketepatwaktuan, kesungguhan, fokus perhatian, dan kelahapan mereka membaca apa saja. Tidak heran bahwa produktivitas bangsa Jepang bahkan mengungguli Amerika Serikat. Kemakmuran bangsa Jepang, setelah hancur akibat Perang Dunia II, mengundang decak kagum. Kini dengan income per capita penduduknya yang mencapai US$ 30.000, Jepang merupakan salah satu negeri termakmur di dunia. Amerika sendiri masih berada di tingkat US$ 25.000 per kapita; sedangkan INDONESIA--sedihnya--hanya berada di tataran below US$ 1.000 .
Spoiler for jepang:


Jadi, pengembangan etos kerja keras merupakan agenda kebudayaan penting di negeri ini. Entah bagaimana caranya budaya kerja keras ini harus dikembangkan lebih jauh, sehingga SDM kita tidak menjadi SDM kuli diantara SDM dunia. Hukum globalisasi mengatakan bahwa SDM berkualitas rendah akan menjadi kuli bagi SDM unggul. Salah satu ciri SDM kuli ialah upahnya yang marjinal dan martabatnya yang sangat rendah.

Jadi, bagaimana mengembangkan etos kerja keras dalam jajaran SDM organisasi dan bangsa kita??
Spoiler for usaha kerja keras:


Mungkin masih banyak cara lain untuk kita yang bisa kita lakukan agar kita tidak lagi menjadi bangsa pemalas .

AMINN..
Spoiler for amin:



Tambahan dari kaskuser ..
Quote:
Diubah oleh sultan354 29-08-2013 05:33
0
5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan