Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muslimahidAvatar border
TS
muslimahid
Penjelasan Masuk Akal Kenapa Rupiah Menguat terhadap Dollar Amerika


Seakan haus akan berita positif dari ekonomi Indonesia, penguatan rupiah menjadi trending topic di Twitter. Dari pemantauan kami di Twitter ada beberapa frasa yang menjadi trending topik, diantaranya: Dollar, Rp.14.170, #TerimakasihAgusMarto, Rupiah melompat.



Mengapa Rupiah menguat akhir-akhir ini? Berikut penjelasan yang kami dapatkan dari berbagai sumber:

#1. Pesimisme Investor atas ekonomi Amerika.

Data tenaga kerja AS menekan nilai tukar dollar AS sehingga memberi kesempatan mata uang garuda untuk melaju. Putu Agus Pransuamitra, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures, mengatakan, AS pada pekan lalu merilis data penyerapan tenaga kerja yang hanya bertambah 142.000 orang atau di bawah prediksi sebesar 201.000 orang.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta, mengatakan, nilai tukar dolar AS terdepresiasi terhadap mayoritas mata uang di kawasan Asia setelah angka pertambahan tenaga kerja Amerika Serikat (AS) non manufaktur periode September lebih rendah dari pencapaian bulan sebelumnya.

“Menurunnya data Amerika Serikat itu membuat optimisme kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat ini cenderung tergerus,” katanya, Senin (5/10).

#2. Optimisme atas paket 3 kebijakan ekonomi Pemerintahan Jokowi-JK

Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BII) Taswin Zakaria, saat acara Invest ASEAN 2015, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (6/10/2015) mengatakan “Rupiah menguat, penguatan terbesar 2,5%, ditambah lagi diluncurkan paket stimulus ke-2, sangat membantu,”

Penguatan ini, menurut Taswin, akan berlanjut seiring diterbitkannya paket kebijakan lanjutan atau paket kebijakan ekonomi jilid III.

“Sangat membantu dan ke depan akan lebih baik,” ujarnya.

Sentimen positif tersebut, kata Taswin, membuat aliran dana asing kembali masuk ke Indonesia. Rupiah pun menguat.

“Seminggu terakhir ada rally, stock exchange juga. Ini sign positif, beberapa investor kembali tempatkan aset di Indonesia. Ini perkembangan baik,” ujarnya.

Putu Agus Pransuamitra juga mengatakan “Dari dalam negeri, paket kebijakan ekonomi pemerintah jilid III dinilai lebih baik dibandingkan dengan paket sebelumnya,” ucap Putu

sumber: http://www.jkt.life/2015/10/penjelas...ollar-amerika/
0
9.7K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan