Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

erababubaruAvatar border
TS
erababubaru
Rizal Ramli Mau Bikin Danau Toba Seperti Monaco, Begini Caranya
Jakarta - Pemerintah akan menata ulang fasilitas dan pengelolaan Danau Toba di Sumatera Utara, karena memiliki kekayaan alam yang indah, namun kurang terawat dan minim fasilitas.

Akibatnya, kunjungan wisatawan asing dan domestik masih minim. Target dari program 'mempercantik' ini, pemerintah ingin wajah parawisata di Danau Toba bisa menyerupai destinasi wisata favorit dunia di Monaco. 

"Kami ingin buat Danau Toba jadi kayak Monaco. Negara kecil tapi indah," kata Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, saat merayakan hari batik nasional di Pasaraya, Blok M, Jakarta Selatan, Sabtu (3/10/2015).

Rizal menjelaskan, Kemenko Maritim dan Sumber Daya akan memimpin program mempercantik Danau Toba.

Program mempercantik Danau Toba, di antaranya peningkatan kapasitas Bandara Silangit di dekat Danau Toba. 

"Kita juga minta jalan dari Medan-Danau Toba dilebarin. Kalau itu terjadi, banyaktraffic ke Toba dari Medan," jelasnya.

Pemerintah juga akan membangun saluran drainase, internet, hingga hotel. Pengelolaan dan pengembangan Danau Toba, kata Rizal, nantinya juga berada di bawah otoritas wisata, sehingga mampu mengelola secara mandiri.

"Toba harus kita bikin Tourism Authoritybiar dikelola, biar tidak ada bupati terlalu banyak ikut campur tangan kelola. Ada kepala otoritas," ujarnya.

Konsep pengelolaan independen tersebut juga bakal diterapkan di Lombok, Flores, hingga Bromo. Rizal juga menjelaskan tentang rencana pengembangan wisata di Gunung Bromo.

"Bromo saya mau kembangkan, tapi pergi bukan lewat jalan yang biasa tapi lewatoffroad. Ada hutan, ada savana indah sekali. Saya minta tolong PU benerin sedikit saja supaya bisa dipakai jalanoffroad," tuturnya.

Lokasi berikutnya yang menjadi prioritas penataan ialah Yogyakarta. Ia ingin menjadikan obyek wisata Borobudur yang tersohor sebagai salah satu tujuan wisata religi dunia.

"Kami ingin bikin borobudur Mekkah-nya orang Budha. Angkor Wat di Thailand itu lebih jelek dari Borobudur tapi turisnya 6 juta orang. Ke depan, nggak bisa setiap orang bisa berkunjung ke Borobudur, misal hanya boleh sehari dua hari umum, sisanya buat upacara religius tapi pertamaairport-nya dan jalannya harus dibenahi," paparnya.


terakhir 2 thn lalu ane ke danau tiba, air danau kelihatan menghitam tak jernih spt spt dulu lg. mungkin disebabkan polusi dr banyaknya keramba ikan air tawar di sekitar danau.
ide bagus ini klo keindahan danau toba dpt dikembalikan spt dulu lg.


http://m.detik.com/finance/read/2015...co-ini-caranya
Diubah oleh erababubaru 03-10-2015 09:21
0
3.5K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan