Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

XinHua.NewsAvatar border
TS
XinHua.News
Menikmati Sajian Legendaris Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78
JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kawasan jalan Mangga Besar memang terkenal dengan aneka makanan yang lezat. Namun, salah satu rumah makan yang kesohor kelezatannya adalah Kwetiau Sapi Mangga Besar 78. Begitu memasuki rumah makan ini, Anda akan bisa melihat secara langsung proses pembuatan aneka makanan yang lezat, karena dapur terletak di bagian depan rumah makan. Hmm…tercium sudah aroma sedap olahan aneka menu di rumah makan ini.

Saat melangkahkan kaki ke dalam rumah makan ini, aroma harum bumbu dan daging sapi tercium kuat yang membuat perut semakin keroncongan. Rumah makan Kwetiaw Sapi 78 Mangga Besar ini sudah 40 tahun menghiasi jalan Mangga Besar Raya. Tak heran, jika rumah makan ini memiliki banyak pelanggan setia. “Dulu usaha ini dirintis oleh ayah di Pontianak dengan menggunakan pikulan pada tahun 1956. Dan, kini saya kembangkan di Jakarta dengan resep asli turun temurun dari ayah,” ungkap Jo Haris Lesmana, pemilik Kwetiau Mangga Besar 78 ini.

Menu yang menjadi incaran para pelanggan adalah Kwetiaw Siram. Tekstur kwetiau yang lembut berpadu dengan kenyal babat sapi, urat sapi dan daging sapi diselimuti kuah kental yang gurih nan harum terasa sangat menggoda lidah. Proses pembuatan Kwetiau Siram ini agak sedikit berbeda karena proses terdiri dari dua tahap. Pertama, membuat Kwetiau yang ditumis dengan bawang putih cincang agar kwetiau terasa lebih gurih. Setelah bawang putih ditumis sampai harum, kemudian kwetiau dimasukkan ke dalamnya dan ditambahkan dengan kaldu sapi. Kwetiau ini pun kemudian dibumbui dengan kecap asin, kecap ikan, dan lada bubuk, lalu masak hingga kaldu mengering dan angkat.



Tahap yang kedua, adalah membuat kuah siramnya. Untuk membuat kuah siram membutuhkan kaldu sapi, irisan daging sapi dan jeroan berupa babat jari sapi, babat sapi dan urat sapi. Kaldu sapi yang digunakan sudah gurih sehingga tidak memerlukan penambahan garam saat membuat kuah siram, dan tentu saja kaldu beraroma harum yang mampu menambah sedapnya Kwetiau. Kaldu gurih ini dihasilkan dari hasil merebus daging sapi, tulang sendi sapi, daun bawang, lengkuas, dan bawang putih. Selain itu, tidak perlu khawatir dengan aroma amis pada jeroan sapi karena telah direbus dengan jahe dan bawang putih selama 1 jam. Selanjutnya jeroan dicuci bersih dengan air mengalir dan direbus kembali dengan air rebusan yang baru. Setelah melewati proses tersebut, jeroan sapi siap dimasak.

Keistimewaan lain dari Kwetiau Sapi Mangga Besar adalah bahan isian yang banyak seperti babat jari sapi, babat biasa, daging sapi dan urat sapi. Tidak perlu khawatir dengan aroma jeroan dari babat sapi dan urat sapi karena sudah direbus sebanyak 2 kali sehingga semua kotoran yang menempel pada babat dan urat sapi terangkat.

Untuk membuat kuah siram, bawang putih cincang ini harus ditumis hingga harum. Selanjutnya potongan daging sapi, babat jari sapi, babat sapi, dan urat sapi ini dibumbui dengan kecap ikan dan kecap asin serta diaduk rata. Kemudian daun sawi hijau, tauge dan kaldu sapi ditambahkan dan dimasak hingga mendidih. Setelah kuah telah mendidih, kuah ini dicampurkan dengan larutan tepung kanji agar kuah ini mengental. Kuah kental ini pun disiramkan ke atas kwetiau yang sudah matang. Agar lebih mantap menikmati Kwetiau Siram, jangan lupa menambahkan saus sambal yang cukup pedas. Untuk menikmati Kwetiau Siram yang nikmat ini Anda cukup merogoh kocek Rp 24 ribu.

Kwetiau Sapi Mangga Besar 78 tidak hanya menyuguhkan aneka hidangan Kwetiau tetapi tersedia pula aneka bakmi berupa Bakmi Goreng, Bakmi Siram, Bakmi Kuah, Bakmi Yam dan Bakmi Bun. Untuk Anda yang suka menyantap bihun, disediakan aneka olahan bihun berupa Bihun Goreng, Bihun Siram, Bihun Yam dan Bihun Kuah. Tersedia juga olahan nasi, seperti Nasi Goreng dan Nasi Siram. Tidak kalah menarik dengan menu lain disediakan pula Sop Sapi, Bakso Gepeng Kuah dan Pangsit Ikan Kuah. Aneka minuman tidak lupa disisipkan dalam daftar menu, seperti Es Sari Kacang Hijau dan Liang Teh. Aneka menu makanan dan minuman di rumah makan ini harganya berkisar antara Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu/porsi.

Pelanggan. Setiap harinya tak kurang 100 pengunjung berdatangan ke Kwetiau Sapi Mangga Besar 78. Kedai ini buka sejak pukul 11.00 hingga 24.00 WIB. Pelanggan yang datang biasanya berkeluarga dan karyawan perkantoran. “Giring Nidji, Zack Lee, Dhanny Dahlan (peragawati era 80-an) dan artis lainnya juga pernah datang kesini,” ucap Haris bangga.

Info Lebih Lanjut Dapat Menghubungi:
Kwetiau Sapi Mangga Besar 78
Jl. Mangga Besar Raya No. 78 D, Jakarta Barat
Telp. (021) 6295340

@jitunews http://www.jitunews.com/read/21510/m...#ixzz3nOn7a0nS

http://www.jitunews.com/read/21510/m...angga-besar-78

legendaris gan

xinhua melaporkan
0
7.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan