aghilfathAvatar border
TS
aghilfath
Berkunjung ke AS, Jokowi akan Bahas Islam Moderat dengan Obama

Jakarta- Presiden Joko Widodo akan bertemu PresidenBarack Obama dalam kunjungan kenegaraan ke AS pada 25-28 Oktober. Salah satu agenda yang akan dibahas adalah Islam yang moderat.

Menurut keterangan tertulis dari KBRI Washington DC, Selasa (22/9/2015) Jokowi dan Obama akan membicarakan mengenai isu global, termasuk mempromosikan toleransi beragama serta Islam moderat melawan radikalisme dan kekerasan ekstremisme. Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga dan berpenduduk muslim terbesar, Indonesia dinilai sukses menjadi panutan bertoleransi.

Selain itu Jokowi dan Obama akan membicarakan tentang bagaimana investor AS bisa menanamkan modal di Indonesia. Kerja sama di bidang pertahanan, maritim dan energi baru juga akan dibahas.

Pertemuan tersebut akan dilakukan di Gedung Putih, Washington DC, pada 26 Oktober 2015. Selanjutnya Jokowi akan mengadakan pertemuan-pertemuan dengan pemerintahan AS, Kongres AS serta pimpinan bisnis di negeri Paman Sam tersebut pada 26-27 Oktober di kota yang sama.

Keesokan harinya Jokowi akan bertolak menuju San Francisco untuk pertemuan dengan para pemimpin komunitas bisnis dan universitas. Ini akan menjadi kunjungan Jokowi ke AS untuk pertama kalinya sebagai kepala negara.

Sebelumnya Menlu RI Retno LP Marsudi sudah bertemu dengan Menlu AS John Kerry untuk membahas persiapan pertemuan ini. Retno juga dijadwalkan akan memberikan pidato pada hari ini pukul 11.00 waktu AS di The Woodrow Wilson International Center for Scholars.

"Saya beruntung saya menjadi bagian dari proses pembentukan Komprehensif Partnership di tahun 2010. Dan pagi ini saya diskusi dengan Menlu Kerry tentang bagaimana kita meningkatkan hubungan bilateral kedua negara di masa depan. Dalam konteks itu, kami siap untuk mendiskusikan tentang persiapan kunjungan Presiden Jokowi ke Washington DC tanggal 26 Oktober. Ini adalah waktu terbaik bagi Indonesia dan AS untuk duduk bersama dan mendikusikan hubungan kedua negara di masa depan," ujar Menlu Retno.

Pada bulan November 2010 Obama juga telah berkunjung ke Indonesia. Di Indonesia, di mana Obamamenghabiskan 4 tahun masa kecilnya, dia juga berkunjung ke Masjid Istiqlal.

"Semangat toleransi beragama terdapat dalam konstitusi Indonesia, dan itu menjadi karakteristik dan inspirasi negeri ini," ungkap Obama saat itu.

Sumber : http://m.detik.com/news/berita/30253...t-dengan-obama

Ben Carson: Islam tidak Sesuai dengan Konstitusi AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Calon presiden dari Partai Republik Ben Carson mengatakan ia tidak percaya seorang Muslim bisa terpilih sebagai presiden di Amerika Serikat. menurutnya, ia tidak setuju jika AS dikelola dan dipimpin seorang Muslim.

Carson adalah seorang Kristen yang taat dan mengatakan bahwa kepercayaan seorang presiden, dan tanggung jawabnya kepada para pendukung, tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Amerika.

"Aku benar-benar tidak setuju menempatkan seorang Muslim untuk bertanggung jawab terhadap bangsa ini," ujar Carson menanggapi pertanyaan NBC dalam acara "Meet the Press", dilansirFox News, Senin (21/9).

Komentar Carson datang di tengah penolakan Republik terhadap statemen Donald Trump pekan lalu. Sebelumnya, Trump menyebut Obama adalah seorang Muslim saat ada seorang penanya mengatakan bahwa Muslim adalah masalah bagi AS.

http://m.republika.co.id/berita/inte...-konstitusi-as

Apakah ada misi khusus pak presiden terhadap sentimen anti Islam yg mewarnai kontestasi capres di mamarika emoticon-Bingung
Diubah oleh aghilfath 22-09-2015 05:01
0
1.3K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan