Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tiga.besarAvatar border
TS
tiga.besar
(2 Minggu Kelar) Jokowi Berharap Programer Ciptakan Aplikasi Atasi Masalah Bangsa
Presiden Joko Widodo menilai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akan mendorong transparansi di berbagai bidang, termasuk transparansi harga komoditas pangan yang menguntungkan semua pihak yang terlibat.

"Jangan sampai hanya menguntungkan satu pihak, apalagi sampai memonopoli keuntungan karena informasi yang asimetris," ujar Presiden Joko Widodo menerima panitia dan pemenang Hackaton Merdeka 2015 di Istana Negara, Selasa (22/9).

Dalam pertemuan ini, Presiden mengapresiasi karya anak-anak muda yang berkarya di bidang TIK. Tapi, kata Presiden, pengembangan TIK harus sesuai dengan kebutuhan rakyat, mulai konsumen, petani, nelayan dan pedagang. Presiden juga meminta anak-anak muda para programer untuk terus berkarya.

"Menghasilkan aplikasi-aplikasi untuk mengatasi masalah-masalah bangsa dan negara, untuk mensejahterakan rakyat," katanya.

Presiden juga mendorong pengembangan e-Government dengan membangun sistem yang berbasis elektronik, mulai e-budgetting, e-catalog, dan lan lain. Di hadapan Presiden, para pemenang Hackaton Merdeka 2015 yang terdiri dari tim 5 kilogram, tim pasar laut, tim coding stelsel, tim alpha orio dan tim baculsoft memperagakan aplikasi TIK yang mereka ciptakan.

Mereka tidak saja memperagakan bagaimana aplikasi itu bekerja, tetapi juga dampak dari aplikasi yang mereka buat. Seperti, pengelolaan dan monitor data harga komoditas pangan dan hasil laut secara realtime misalnya, selain mudah digunakan, juga sekaligus dapat melihat sentimen pasar. Lain lagi dengan aplikasi untuk membuat informasi harga komoditas pangan, yang menjawab kebutuhan masyarakat serta mendorong transparansi harga pasar dan menguntungkan semua pihak yang terlibat.

Sementara itu, e-commerce membantu petani, nelayan, koperasi mendorong mereka melakukan transaksi komoditas melalui aplikasi digital. ‎Tampak hadir mendampingi Presiden, Menteri Perdagagan Thomas Lembong, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan dari Kantor Staf Kepresidenan.
http://www.republika.co.id/berita/na...masalah-bangsa
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.2K
58
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan