Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

coilingAvatar border
TS
coiling
[MEROKET] Rupiah Tersungkur, Jumlah PHK Terus Bertambah
http://ekbis.sindonews.com/read/1045905/34/rupiah-tersungkur-jumlah-phk-terus-bertambah-1442482358

DEPOK - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Hanif Dakhiri menyebutkan jumlah pegawai korban pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pelambatan ekonomi dan melemahnyarupiah bertambah menjadi 26.500 orang. (Baca: Rupiah Terpuruk, 26.000 Buruh Terkena PHK).

Rata-rata, mereka yang melakukan PHKterhadap karyawan adalah perusahaan yang menggunakan bahan baku impor. "Total per hari ini 26.500 pegawai, perusahaan konveksi, padat karya, (farmasi) mungkin yang berdampak itu kalau berbahan baku impor, tertekan nilai dolar, ya garmen," katanya usai membuka Bursa Kerja di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Kamis (17/9/2015).

Hanif menambahkan, saat ini pemerintah sudah meluncurkan paket kebijakan ekonomi untuk membuat iklim investasi bergairah dan lapangan pekerjaan semakin terbuka. Harapannya, perekonomian bergerak dan membuat angka PHK dapat ditekan."Secara keseluruhan kondisi ekonominya kan, dengan paket kebijakan ekonomi yang sudah diluncurkan itu, saya kira akan membuat keadaan jadi lebih baik. Mulai sekarang penyerapan anggaran pemerintah meningkat, investasi meningkat, konsekuensinya membuat lapangan kerja terbuka. Dunia usaha kondusif," paparnya.

Menurutnya, jika investasi bertambah maka lapangan pekerjaan juga akan bertambah. "Yang penting bukan soal dolar, tapi di investasi. Kalau investasinya bertambah, logikanya lapangan pekerjaan bertambah, orang akan punya kesempatan. Dunia usaha bergerak, PHK enggak akan terjadi. Paket kebijakan ekonomi, investasi dan pemberian insentif dunia usaha, outputnya perbaikan iklim usaha, investasi, dan lainnya," ungkapnya.Hanif mengklaim paket kebijakan ekonomi pengaruhnya sangat besar bagi dunia usaha diberikan insentif agar dapat bergerak. "Lapangan pekerjaan terbuka. Kalau pemerintah terus mendorong. Lapangan kerja terbuka, kita tinggal dorong masyarakat masuk kesitu, dorong kompetensi di masyarakat, biar nyambung kebutuhan pencari kerja dan pemberi kerja," tandasnya.

Dolar meroket, PHK meroket, angka kemiskinan meroket emoticon-Malu (S)
0
2K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan