ridwanhahahaAvatar border
TS
ridwanhahaha
Perbedaan Game PES 2015 dan FIFA 15
Di tahun 2014 ini, gamer pencinta sepak bola disuguhkan dua game simulasi terbaik yang sama-sama tampil memukau, FIFA 15 dan Pro Evolution Soccer 2015. Judul yang disebut pertama hadir lebih dulu di pasaran, sementara si pesaing utama, menyusul sekitar satu bulan kemudian.

Ekpektasi tinggi kami tujukan kepada FIFA 15 yang dalam beberapa tahun terakhir, memang selalu lebih populer. Hal sebaliknya muncul di otak kami ketika menyambut PES 2015. Tapi Konami tak mau tinggal diam. Segala upaya mereka lakukan untuk menaikkan level dari game garapannya agar mampu bersaing ketat atau bahkan melampaui FIFA 15.

Hasilnya tidak sia-sia, bahkan, cukup mengejutkan. Keputusan Konami membawa PES 2015 ke konsol new-gen dengan berbekal Fox Engine ternyata cukup efektif. Kedua game ini pun akhirnya berada di level yang sama, meski tentunya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Lalu, siapa jawaranya tahun ini?

Seperti biasa, jika ada dua game dengan genre identik seperti FIFA 15 dan PES 2015, JagatPlay selalu menghadirkan artikel GameFight sebagai arena pertarungan untuk mencari pemenang. Artikel yang cukup berat dan memiliki beban tersendiri karena setiap game punya basis penggemar yang fanatik. Untuk menilai mana yang terbaik, kami pun telah memilih beberapa elemen atau poin penting dari sebuah game simulasi sepak bola sebagai bahan pertimbangan.

Visual


Berbicara visual, baik FIFA 15 maupun PES 2015 sama-sama patut mendapat acungan jempol. Ada cukup banyak peningkatan di sana-sini. EA Sports memoles game buatannya sedemikian rupa hingga hal-hal kecil. Anda bisa melihat rumput lapangan yang akan rusak seiring kerasnya pertandingan, percikan air kala bermain saat hujan, baju pemain yang melar ketika ditarik lawan, visualisasi penonton yang digarap serius.

Khusus untuk PES 2015, lompatan besar dilakukan oleh Konami untuk menyajikan game simulasi sepak bola dengan rasa new-gen. Tekstur yang tajam serta stadion yang otentik dengan pencahayaan kelas atas terutama ketika bermain di siang hari dengan cuaca cerah terlihat menawan.

Hanya saja, Konami kurang memperhatikan hingga elemen-elemen yang mungkin bagi mereka tidak terlalu penting, seperti tekstur penonton, rumput, dan masih banyak lagi. Seakan-akan semua upaya dalam memberikan visual terbaik hanya tercurah pada penampilan pemain. Karena itu, poin pertama rasanya lebih layak diberikan kepada FIFA 15.



FIFA 15 (1) vs PES 2015 (0)



Mekanik Gameplay


Sesungguhnya tak banyak perubahan berarti dari segi mekanik gameplay FIFA 15 dan PES 2015 dibanding pendahulunya. Kedua developer hanya berusaha menyempurnakan apa yang telah mereka buat. Hanya saja, di FIFA 15 tempo permainan terasa cukup cepat. Perpindahan bola dan transisi dari bertahan ke menyerang maupun sebaliknya bisa terjadi dalam hitungan detik. Kesan ‘ping-pong’ masih terasa dan beberapa superstar seperti Messi, Ronaldo, dan Ibrahimovic sulit dijaga. Terlebih jika gamer menguasai berbagai trik gocekan yang membuatnya semakin mudah melewati lawan. Umpan-umpan terobosan tidak susah untuk mencapai sasaran jika pemain sudah tahu timing yang tepat. Selain itu, EA Sports juga meningkatkan kualitas penjaga gawang yang kini memiliki gerakan lebih realistis, tergantung kondisi datangnya bola.

Berbeda dengan FIFA, PES 2015 lebih menawarkan gameplay yang seimbang dengan tempo yang pas. Gerakan pemain terlihat tidak berlebihan. Anda tidak semudah itu menggiring bola sambil gocek sana-sini melewati pemain belakang. Umpan-umpan terobosan pun harus dilepaskan dengan power dan timing yang tepat. Kerjasama tim lebih dibutuhkan agar bisa meruntuhkan barisan pertahanan lawan. Bagi pemula sekalipun, gameplay PES 2015 lebih fun dan lebih nyaman untuk dimainkan.

Soal AI, baik EA Sports maupun Konami berusaha memperbaiki segala kekurangan yang nampak di game sebelumnya. Kami menilai Konami lebih berhasil menciptakan AI yang pintar, yang akan menjalankan strategi dari pelatih sesuai tugasnya. Rekan satu tim Anda akan membuka ruan
0
3.2K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan