ketek..basahAvatar border
TS
ketek..basah
Jokowi Sarjana Kehutanan, Harusnya Paham!





Rimanews - Anggota Komisi IV DPR RI Ichsan Firdaus menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak peduli dengan masalah kehutanan. Akibatnya, kebakaran hutan yang menyebabkan bencana kabut asap kembali terjadi tahun ini.



Ichsan kecewa, anggaran untuk bidang kehutanan sangat rendah. Apalagi, ketika Kementerian Lingkungan Hidup digabung dengan Kementerian Kehutanan menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) justru makin terpuruk.
"Jadi visi Jokowi tidak terjadi di lapangan. DPR sering kritik bu menteri (Siti Nurbaya), ada masalah apa dengan Presiden untuk politik anggaran. Kalau kehutanan penting harusnya lebih besar," kata anggota dari Fraksi Partai Golkar dalam acara diskusi "Berharap Tidak Lagi Menggantang Asap" di Gado-Gado Boplo, Jakarta Pusat, Sabtu (19/09/2015).
Menurutnya, LHK bisa meyakinkan Jokowi soal anggaran. Harusnya Jokowi paham untuk menaikan anggaran, karena dia merupakan lulusan sarjana ilmu Kehutanan.
Mengenai kebakaran hutan yang sudah menjadi tren sejak 18 tahun yang lalu, Ichsan mengatakan, seharusnya sudah tidak terjadi lagi tahun ini.
Kementerian sudah tahu masa kemarau yang terjadi Agustus dan September dimanfaatkan oleh pihak perusahaan perkebunan untuk membakar lahan gambut.
"Pencegahan lebih murah kalau dilakukan sejak awal. Hotspotnya (titik api) sama saja dari dulu. Kalau pencegahan dilakukan, sejak awal diwarning. Tapi yang dilakukan pemerintah sekarang adalah reaktif harusnya antisipatif," pungkasnya.



sumur
0
2.5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan