Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

idhesevenAvatar border
TS
idheseven
Dashrath Manjhi, Sang Heroes Pembelah Gunung
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Pramuka!

Apa kabar? Semoga kaskuser sekalian dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindunganNya.

Kali ini, ane akan menceritakan sebuah cerita yang ingin ane ceritakan. Dan yang ane ceritakan itu semoga bisa memberi manfaat bagi orang yang membaca maupun membagikan cerita ini. Langsung saja, cerita berikut ini bisa agan simak dengan cara meluncur ke tkp secara langsung.

emoticon-Ngacir2



Video diatas adalah video tentang trailer film yang menceritakan tentang Dashrath Manjhi



Dashrath Manjhi

(lahir sekitar 1934 – meninggal 17 Agustus 2007), juga dikenal sebagai Lelaki Gunung, adalah seorang buruh miskin di desa Gehlaur, dekat Gaya, negara bagian Bihar, India. Dia memotong sebuah gunung dengan hanya menggunakan sebuah palu dan pahat. Setelah 22 tahun memahat, Manjhi menyingkatkan perjalanan antara blok Atri dan Wazirganj, distrik Gaya, dari 55 km menjadi 15 km.

Pada tahun 1959, istri Manjhi, Falguni Devi, meninggal karena kurangnya perawatan medis.

Kota yang berdoktor terdekat berjarak 70 km dengan cara melewati bukit-bukit, atau melewati jalan berbajaya yang ditengah bukit. Manjhi memutuskan untuk memahat sebuah jalan melewati bukit-bukit Gehlaur supaya desanya lebih mudah mendapat perawatan medis.

Manjhi memahat sebuah jalan sepanjang 110 m, sedalam 7,6 m, dan selebar 9,1 m dengan cara memotong untuk membuat jalan melalui bukit-bukit batu Gehlaur. Dia berkata bahwa, Ketika saya memulai memahat bukit, orang-orang mengatakan bahwa saya orang gila, tapi itu menguatkan keputusan saya.

Dia menyelesaikan pekerjaan memahatnya setelah 22 tahun, yaitu dari tahun 1960 sampai 1982. Jalan ini mengurangi jarak antara blok Atri dan Wazirganj, distrik Gaya, dari 55 km menjadi 15 km. Meski awalnya penduduk desa Gehlaur mengejek usahanya, dia telah membuat hidup mereka menjadi lebih mudah. Manjhi berkata bahwa, Walaupun kebanyakan dari penduduk desa awalnya mengejek saya, tapi ada beberapa yang mendukung di kemudian hari dengan memberi saya makanan dan membantu saya membeli alat-alat saya.

Manjhi meninggal pada tanggal 17 Agustus 2007, pada umur 73 tahun, di All India Institute of Medical Sciences, New Delhi, karena penyakit Kanker kandung empedu. Dia dimakamkan dengan penghormatan negara oleh Pemerintah Bihar.

Karena usahanya, Manjhi dikenal sebagai 'Lelaki Gunung'. Pemerintah Bihar mengusulkan supaya dia mendapat penghargaan Padma Shri pada tahun 2006 dalam sektor pelayanan sosial.Nitish Kumar, Ketua Menteri Bihar, mengusulkan pembangunan sebuah jalan yang dimetalkan sepanjang 3 km dari Gahlaur dan sebuah rumah sakit dinamai setelah Manjhi di desanya.











Alkisah ada seorang nenek yang jatuh sakit, dan kemudian suaminya langsung mencari bantuan. Tetapi karena di desanya nggak ada dokter, maka 55 km jalan pun dia tempuh untuk mencapai desa yang lain untuk menemui dokter. Kebetulan 2 desa itu dipisahkan oleh sebuah gunung. Alhasil setelah si suami dan si dokter sampai, apa daya, nyawa nenek itu tidak bisa tertolong.

Karena itu, dia kemudian bertekad untuk membelah gunung yang memisahkan kedua desa tersebut. Dia membelahnya hanya dengan menggunakan kapak dan palu. Apa daya, selama perjuangannya itu dia diketawain oleh warga setempat. Namun dia tak menghiraukannya. Dia tetap gigih dan terus menerus menggunakan kapaknya untuk membelah gunung tersebut.

Alhamdulillah setelah sekian tahun lamanya, gunung tersebut berhasil dibelah oleh sang heroes itu. Alhasil akses transportasi ke kedua desa tersebut pun berjalan lancar dan dapat disingkat. Yang tadinya 55km dapat ditempuh hanya 15km. Sungguh luar biasa bukan?




Referensi : wikipedia.org dan images.google.co.id

Diubah oleh idheseven 17-09-2015 10:37
0
6.7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan