wahh ane dapet HT gan, hihi.
makasih mimin, momod dan agan-agan, ini HT pertama ane.
jadi HT luar biasa ya perasaannya,
Spoiler for HT:
Berawal dari nonton Moto GP, dengerin komentator sama review banyak istilah yang gak ngerti kemudian coba googling istilah apa saja yang ada di Moto GP. Berikut istilah-istilah yang berhasil dikumpulin :
sebelumnya ane tambahin, tambahan dari agan-agan nih :
Quote:
Original Posted By bayuimade►slipstream di blap motor ga terlalu pengaruh pdahal. slipstream itu aliran udara yg mengikuti kendaraan. Berlaku biasany lebih di mobil. Kecepatan menjadi lebih tinggi ketika berada di belakang rival karena mendapat aliran udara tambahan dari lawan. Sehingga momen mendahului pun bs d laksanakan.
Quote:
Original Posted By ANeslite►nambah elmu ane berkat agan...tengkiuw
sebenarnya ane masi bingung gan kalo di race ni ya : misalkan kalo di babak kwalifikasi si ros*** menang jadi ngambil GRID urutan pertama untuk START, nah ...1.yang jadi pertanyaan ane kalo yang belakangan alias nomer akhir itu waktu FINISHnya sama gan?
kalo iya berarti enak yang pertama yah...thks pencerahannya
sebenernya ada yang kedua gan, ni juga bikin ane bingung....sebenernya ada ga waktu istirahat waktu balapan/ waktu ada kegagalan mesin/ waktu ke pit lane ? karna ane pernah lihat pembalap ditengah jalannnya perlombaan dia ambil jalan ke PIT LANE, nah gimana tuh gan rumusannya? apa waktu dia di FREZZE apa dia ketinggalan pemain lain yang masih tetap melanjutkan perlombaan
sekian dan terima kasih :
ane mesti berguru lagi gan supaya bisa jawab pertanyaan agan, spesifik banget soalnya itu, hehe
Quote:
Original Posted By bonbon311►rear whell sterring = ngerem se deketnya ma tikungan sampe ban ngesot
Quote:
Original Posted By 3051881►Wah ada yg kurang nih teknik ngepot ala motogp...
Rear wheel steering (RWS)
Dulu sangat lekat dengan pembalap gary mccoy, sekarang casey stoner rajanya
Rossi Leg wave
Ada lagi teknik leg wave, kaki turun waktu belok, lazim digunakan di dirt track, di motogp dipopulerkan oleh sang legenda valentino rossi...
Sekarang hampir semua pembalap melakukan hal ini
Quote:
Original Posted By the_ernidcakhy►Tambahin gan...
Gravel
Umbrella girl
Paddock Girl
Marshall
Tyre Blanket
Overlap
Pole Position
Spin
DNF / did not finished
DNQ / Did not Qualified
Jumpstart
Blackflag
Redflag
Straight
Overtake
Chequered Flag
QTT
Whiteline
Tribune
Stop and Go
ini nih yang banyak request, haha
Quote:
Original Posted By blindheart19►Wow inpoh mantab ini
Tambahan, istilah ini selalu ada dalam ajang balap GP.
Spoiler for Umbrella Girl:
Gadis pembawa payung yang selalu melindungi pembalap dari teriknya sinar matahari sebelum start race dan skaligus menjadi icon sponsor team balap
Taruh pekiwan yah gan, jgn lupa nya
ane bantu jawab yg kedua masalah pit dan istirahat..
di motoGP sebenarnya ga ada istilah istilah istirahat di tgh racS E N S O R
keputusan untuk masuk pit itu adalah perintah dari:
1. Race Director
2. Tim
3. Pembalap itu sendiri
ada beberapa faktor yang menentukan kenapa pembalap harus masuk pit, yaitu:
1. perintah race director karena ada hal yang mengganggu jalannya balap (force majour, bendera yang timbul << nanti ane jelasin bendera yang mengharuskan pembalap masuk pit)
2. team order dengan kondisi tertentu seperti gangguan mesin, penggantian motor dengan ban sesuai kondisi balap
3. pembalap yang merasa tidak sanggup melanjutkan balap
lanjut bahas ke bendera yang membuat rider masuk pit
Merah: muncul saat terjadi kecelakaan hebat yang membuat balapan tidak dapat dilanjutkan, dalam kasus ini biasanya balapan akan didiskualifikasi apabila jalannya balap belum mencapai 50% dari total lap
contoh kasusnya adalah kecelakaan rider medioker favorit ane SUPERSIC
Hitam - lingkaran orange ditambah nomor motor pembalap: muncul ketika bendera ini digunakan untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia mengalami masalah mekanis dan ia harus segera kembali ke dalam pit.
Hitam dengan nomor motor pembalap: bendera ini muncul ketika pembalap yang nomornya muncul berarti telah didiskualifikasi dari balapan
Putih: muncul ketika terjadi perubahan kondisi balap (dari dry race menjadi wet race karena hujan, ataupun sebaliknya) dan pembalap diperkenankan untuk masuk pit untuk mengganti sepeda motor dengan ban kondisi yg berubah.
contoh kasusnya race di Misano kemarin tgl 13 sept 2015 bahkan sampai 2x terjadi perubahan cuaca dry - wet - dry (deg2an ane nonton jagoan ane, untung bisa finish walaupun posisi 5 dan rival di klasemen mengalami crash karena ban belum maksimal)
Bagaimana kalau para pembalap masuk pit, apakah boleh menyalip?
jawabannya: BOLEH, namun selama motor berjalan di Pit Lane, kecepatan maksimal adalah 60km/jam, sama seperti F1, pembalap boleh menyalip d pitlane asalkan dia memang lebih cepat dlm perbaikan mobil entah gabti ban atau isi bahan bakar, di MotoGP yg berperan cepat atau tidaknya di pit dalam mengganti sepeda motor adalah pembalap itu sendiri apakah dia cukup cepat berpindah tunggangan
kira-kira itu yg bisa ane jawab
semoga bermanfaat
CMIIW
Spoiler for Apex:
APEX Titik paling rapat dari suatu tikungan yang mana biasanya pembalap melaluinya sebelum mulai keluar tikungan dan berakselerasi
Spoiler for Braking Marker:
Braking Marker
Titik nyata yang digunakan oleh pembalap untuk mengetahui dimana dia harus mulai mengerem saat akan memasuki tikungan. Penanda ini bisa berupa pohon, papan iklan, tanda di trek atau hal lainnya yang bisa dipakai oleh pembalap untuk memandu pola pengereman pembalap.
Spoiler for Chicane:
Lintasan berbentuk huruf S. letak biasanya diantara straight atau trek lurus. Fungsinya untuk meredam kecepatan dan sekaligus ketangkasan. Di lintasan ini, pembalap diuji gerakan pinggulnya. Sehingga tidak terjadi kecepatan tinggi dan malah berubah seperti seni tari.
Spoiler for Compounds:
Tipe / jenis karet yang digunakan oleh ban
Spoiler for Curbstones:
Biasa juga disebut dengan KERB, terdapat di tepian lintasan balap. Biasanya di daerah tikungan. Berbentuk gundukan gerigi dibari tanda cat warna-warni. Fungsi utamanya sebagai tepian akhir mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line. Itu jika motor terlalu out akibat kecepatan. Kerb selalu lebih ngegrip daripada aspal. Akan Manahan kendaraan keluar lintasan.
Spoiler for Displacement:
Kapasitas CC dari mesin motor, contohnya, 1000 cc, 600 cc
Spoiler for Dry Race:
Balapan yang dimana permukaan track dianggap kering oleh Race Direction, kebalikan dari Wet Race. Dalam keadaan kering, pembalap menggunakan ban slick pada motornya.
Spoiler for Dorna:
organisasi penyelenggara balapan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event.
Spoiler for Endo:
Trik dalam mengerem motor secara mendadak sampai bagian belakang motor terangkat
Spoiler for Fairing:
Bagian badan terluar dari motor yang melindungi motor dan pembalap dari debu dan hembusan angin. Fairing didekorasi dengan warna tim, logo sponsor, dan nomor balap.
Spoiler for FIM:
sebuah organisasi internasional di bidang balap sepeda motor
Spoiler for GP (Grand Prix):
Event Balapan, Moto GP, Moto 2 dan Moto 3
Spoiler for Grid:
Tanda starting point start/ finish di lintasan balap
Spoiler for Hairpin:
Disebut juga tikungan tusuk konde. Karena bentuknya seperti konde ibu-ibu pejabat. Di balap Tanah Air disebut tikungan balik badan. Tikungan mati yang memaksa pembalap mengerem habis. Bahkan, tidak jarang harus menurunkan kaki. Sering ditemui sirkuit dadakan. Di sirkuit internasional, tikungan ini tetap ada, tapi radiusnya lebih besar. Sesuai besarnya sirkuit.
Spoiler for High Side:
Kecelakaan dimana ban belakang motor tergelincir dan kemudian mendapatkan cengkeraman kembali sehingga membuat bagian belakang motor terlempar ke atas setelah mendapatkan grip.
Spoiler for Hole-Shot:
Memimpin balapan pada tikungan pertama
Spoiler for Low Side:
Kecelakaan yang mana salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.
Spoiler for Lean Angle:
Kemiringan motor dan pembalap pada saat tikungan, kadang kala lutut pembalap menyentuh lintasa
Spoiler for OnBoard:
kamera yang terpasang pada motor
Spoiler for Parc Fermé:
Area pada pit lane yang didesain sebagai tempat parkir pembalap yang naik podium pada setiap kategori dan diwawancarai oleh kru televisi sesaat setelah setiap balapan.
Spoiler for Paddock:
Tempat yang paling steril di balapan. Disinilah semua pelaku balap berada. Mulai pembalap, manager tim, mekanik hingga motor balapnya. Menjadi tempat paling steril karena di sinilah mereka merancang strategi hingga ubahan setingan pada motor. Pada tim papan atas, paddock dibagi menjadi beberapa petak yang terdiri tempat motor, tempat pembalap istirahat dan tempat terima sponsor dan wartawan.
Spoiler for Pit Area:
Jalanan yang dilalui pembalap sesaat meninggalkan paddock untuk menuju lintasan balapan. Di sini disediakan dua pintu. Pit in, sebagai jalan pembalap untuk memasuki paddock selepas balapan dan pit out digunakan pembalap untuk memasuki lintasan balap. Pit area ini juga digunakan sebagai tempat untuk menservis motor balap yang bermasalah di tengah balapan terakhir, mekanik boleh membetulkan motor di area ini.
Spoiler for Pit Lane:
Selain Pit Area,ada juga Pit Lane.Letaknya segaris dengan Pit Area.Di Sentul besar,bisa dilihat dengan garis kuning.Di garis ini,para marshall pengibar bendera berdiri .Tugas mereka mengawasi dan mengamankan motor pembalap lalu lalang di depan Pit Area.
Spoiler for Pole position atau Pole:
Menandakan urutan pembalap yang berhak menempati urutan paling depan/pertama dengan menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi
Spoiler for Race Director Room:
Tempat pimpinan lomba berada. Di balap nasional dikenal sebagai kamar hitung. Di sinilah seluruh balapan dipantau. Mulai catatan waktu, urutan pembalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan gerak-gerik pembalap.
Spoiler for Rookie:
Pembalap baru/pendatang baru. isitilah ini dipakai disemua kelas
Spoiler for Rostrum:
Kata lain dari podium
Spoiler for Scrutineering:
proses pemeriksaan teknis yang dilakukan secara detail, baik dilakukan sebelum dan/atau sesudah balapan
Spoiler for Slipstrema:
Keadaan dimana pembalap mengikuti pembalap lain dari belakang dan menunggu momentum untuk mendahuluinya
Spoiler for Swingarm:
Tempat dimana rantai dan suspensi belakang dipasang
Spoiler for Topping the timesheet:
Kegiatan me-record yang tercepat dalam sesi latihan dan kualifikasi
Spoiler for Tyre Wall:
tembok ban dibentuk sebagai barir ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan.
Spoiler for wheele:
Mengangkat roda depan sambil melaju
Spoiler for Wild Card:
Pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.