Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

eCiputraAvatar border
TS
eCiputra
Mengenal Analisis Fundamental dalam Investasi Saham


Salah satu teknik dalam berinvestasi saham adalah analisa fundamental. Teknik ini melihat kondisi dan nilai suatu perusahaan berdasarkan kinerja dan proyeksi perusahaan.

Secara umum pendekatan analisis fundamental terbagi dua macam yaitu top down dan bottom up.

Untuk top down, obyek yang dianalisa adalah kondisi makro ekonomi, sektor industrinya dan terakhir perusahaan. Sedangkan bottom up adalah kebaiknanya mulai dari perusahaan, sektornya dan kondisi makro ekonomi.

Keadaan makro ekonomi sebuah negara sangat mempengaruhi kondisi sebuah perusahaan. Banyak yang percaya, pertumbuhan nilai perusahaan sangat dipengaruhi kondisi makro. Karena itu analisa keadan makro ekonomi sebuah negara sangat penting.

Asumi makro yang biasa digunakandiantaranya produk domestik bruto (gross domestic prioduct/GDP), angka penggguran, inflasi dan suku bunga acuan alias BI rate. Hal lain yang juga perlu dianalisis yaitu jumlah uang beredar, neraca pembayaran, angaran belanja negara dan lain-lain.

Dengan menganalisis, investor dapat mengetahui bagaimana prospek perekonomian kedepan, sekaligus prediksi atau peluang krisis terjadi.

Setelah mengetahui kondisi perekonomian hal yang tidak kalah penting adalah menganalisa industri dimana perusahaan berada. Tingkat persaingan dalam industri sangat penting dipahami. Apakah persaingannya sehat atau tidak?

Terakhir adalah menganalisa perusahaan dimana kita ingin berinvestasi. Analisa perusahaan sebenarnya cukup luas mulai dari analisa bisnis model perusahaan, managemen perusahaan, laporan keuangan hingga valuasi.

Setelah menganalisa hal-hal diatas kita dapat menyimpulkan apakah perusahaan tersebut mempunya prospek kedepannya atau tidak.

Menganalisa laporan keuangan adalah mengetahu bagaimana sebuah perusahaan beroperasi. Apakah sudah sesuai harapan dan tujuan investasi?

Sebuah perusahaan yang bagus akan selalu bertumbuh. Hal ini tercermin dari pertumbuhan aset penjualan dan laba. Lalu komponen penting lainnya adalah valuasi saham atau nilai wajar yang pantas investor bayar untuk membeli saham . (as)

Selengkapnya
0
1.3K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan