Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

n4z1.v1Avatar border
TS
n4z1.v1
Cuma nanya, kali aja ada momod yang nengok
emoticon-Blue Guy Peace pisss...
Sebelumnya ane cuma mau ikut nimbrung aja di KSPSK ini.
Banyak yang protes saat idnya kena banned, terlepas dari alpanya dia punya salah atau gak.
Ada yang biasa-biasa aja.
Ada yang langsung meradang marah.
Ada yang awalnya biasa-biasa aja mau nunjukkin ketegaran tapi pada akhirnya mewek berkepanjangan (mudah2an gak sampai bunuh diri).
Ada yang langsung minta penjelasan ke moderator lewat post terbuka ataupun PM secara pribadi. Adamoderator yang perduli, ada juga yang tutup mata masa bodo.

Nah, sebenarnya, tool yang diberikan ke moderator untuk membanned itu seperti apa sih? Apakah hanya berdasarkan asumsi moderator semata, ataukah karena aduan yang gencar dari user-user lain terhadap sebuah id ( gak perduli id itu salah atau gak), ataukah karena memang kesalahan fatal si pengguna (user tersebut).

Bagi ane pribadi, tool banned seorang moderator harus bergerak saat :

- sebuah id telah mengumbar RL seseorang ( baik itu menyebut nama atau memposting foto RL user lain).
- sebuah id telah memprovokasi dengan fitnah terhadap user lain.
- sebuah id telah terbukti menghasut dengan ungkapan2 RASIS dan SARA, serta menghina-hina pihak lain dengan acuan SARA.
- intuisi seorang moderator yang bijak bahwa sebuah id layak dibanned atau tidak, bukan dengan asumsi sebuah id dibenci banyak user lain karena berseberangan pendapat.
- tidak untuk menyenangkan sebuah pihak, atau bahkan seolah-olah adil bagi kedua belah pihak (yang ini pasti seorang moderator akan paham), jadi sebuah id langsung dikorbankan.


Ada masukan-masukan ke ane bahwa ada seorang moderator yang karena (katanya) ketegasannya, maka sebuah id yang tadinya reasonnya kena banned 3 hari tiba2 bisa berubah jadi permanent. Nah, hal2 yang seperti ini sebenarnya hanya berdasarkan asumsi si moderator, ataukah ada masukan2 dari pihak lain, ataukah hasil diskusi antar moderator? Yang ane bold ini hampir gak mungkin, karena disinyalir tiap2 moderator punya kekuasaan sendiri dan punya kedekatan dengan user-user. Tapi sih kalau saran ane, sebaiknya para moderator ini berdiskusi dengan moderator lain untuk memutuskan sebuah id layak banned atau tidak, jadi gak ada lagi saling lempar tanggung jawab atau merasa gak bertanggung jawab, padahal mereka2 ini mengasuh forum yang sama.

yaudah sih, begitu aja.
Abaikan kalau dirasa gak penting. Jadikan bahan renungan bersama atau bahan diskusi bersama demi kebaikan bersama.
sebelahblog
sebelahblog memberi reputasi
1
4.9K
65
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan