Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faridesaAvatar border
TS
faridesa
#Mengirim Bacaan Al Fatihah Dan Teuku Wisnu#
بسم الله الرحمن الرحيم



Beberapa Hari ini kita di hebohkan dengan pemberitaan salah seorang pembawa acara ( Teuku Wisnu ) di salah satu TV swasta, akibat ucapannya yang mengatakan Bahwa mengirim bacaan Al-fatihah tidak ada tuntunannya dari nabi kita shalallahu 'alaihi wasalam.
sebelum membahas lebih dalam perkara tersebut ane sertakan videonya, barangkalai ada di antara kaskuser yang belum tau dan belum lihat cuplikan videonya.

Spoiler for Video Teuku Wisnu :


Komentar dan tanggapan berbagai pihak untuk teuku Wisnu

Spoiler for Tanggapan dan Teguran dari KPI :


Spoiler for Komentar Facebooker :


Spoiler for Pengguna Twitter :


Kita mulai pembahasan perkara diatas gan.

Ada tafsiran yang bagus sekali dari ahli tafsir sekaligus ulama madzhab syafi'iy tatkala menafsirkan ayat di dalam Al qur'an.

وَأَنْ لَيْسَ لِلإنْسَانِ إِلا مَا سَعَى
“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” (QS. An Najm: 39).

Al Hafidz Ibnu katsir mengatakan dalam tafsirnya tentang ayat tersebut :

ومن وهذه الآية الكريمة استنبط الشافعي، رحمه الله، ومن اتبعه أن القراءة لا يصل إهداء ثوابها إلى الموتى؛ لأنه ليس من عملهم ولا كسبهم

“Dari ayat yg mulia ini , Imam as-Syafii – rahimahullah – dan ulama yang mengikuti beliau menyimpulkan, bahwa menghadiahkan pahala bacaan al-Quran tidak sampai kepada mayit. Karena itu bukan bagian dari amal mayit maupun hasil kerja mereka. (Tafsir Ibnu Katsir, 7/465).

dan pendapat tersebut selaras dengan Sabda nabi kita Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631).

sebagaimana seseorang tidak akan memikul dosa orang lain demikian juga seorang tidak akan memperoleh balasan berupa Pahala kecuali apa-apa yang telah ia usahakan untuk dirinya sendiri. dan perkara mengirim bacaan al fatihah sama sekali tidak pernah di contohkan oleh rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bahakn tidak pernah di isyratkan oleh rasulullah.

walaupun ulama2 madzhab yang lainya ada yang mengatakan bahwa bacaan Al Quran sampai kepada mayit sperti ulama2 dari madzhab hambali ( imam Ahmad ) dan hanafi.

dan inilah yang disebut Khilafiyah yang mana kita harus saling berlapang Dada dalam menyikapinya, jangan sampai dengan perkara tersebut membuat kita terpecah belah, saling mancaci maki dan saling memusuhi.

hendaknya kita menjadikan rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam sebagai barometer kita dalam beribadah, karena masih banyak cara lain untuk kita berbuat baik kepada mayit, yang semua ulama sepakat bahwa amalan tersebut sampai kepada mayit dan telah di isyaratkan pula oleh nabi kita Muhammad Shalallhu 'alaihi wa sallam.
beikut amalan2 yang sampai kepada sang mayit :

Spoiler for 1. Haji Dan Umroh :


Spoiler for 2. Sedekah atas nama sang Mayit :


Spoiler for 3. Qodho puasa Wajib :


Spoiler for 4. Qodho nadzar :


Spoiler for 5. Seluruh Amal sholih seorang anak :


Spoiler for 6. Do'a Untuk Mayit :


Spoiler for 7. Amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan do'a anak yg soleh:


Kesimpulan ;
Jadi untuk para kaskuser jangan berkecil hati tatkala mengirim bacaan Al quran ternyata tidak pernah di contohkan ole Rasulullah shalallhu 'alahi wa sallam dan para sahabtnya, padahal perkara tersebut sangat mungkin untuk dilakukan karena begitu banyak para shabat rhadiyallahu anhum yang meninggal semasa nabi kita hidup dan banyak dari keluarga ( anak dan Istri ) nabi yang meninggal. tak satu al fatihah pun yang dikirim Rasulullah kepada mereka.
karana masih banyak amalan yang bisa kita kirimkan kepada orang tua kita dan saudara2 kita yang sudah meninggal dunia dan semua ulama sepakat akan sampainya amalan tersebut.

sekian dulu thread ane kali ini gan, semoga bermanfat.

sumber :
website2 Islam ( firanda.com muslim.or.id, konsultasisyariah.com dan lainnya)


Diubah oleh faridesa 08-09-2015 01:59
0
19.8K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan