KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Gemstone /
BOB (Black Opal Banten) atau Kalimaya.. Nyok BOBers..
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5538659a60e24b1e218b4567/bob-black-opal-banten-atau-kalimaya-nyok-bobers

BOB (Black Opal Banten) atau Kalimaya.. Nyok BOBers..

Tampilkan isi Thread
Halaman 52 dari 66
Quote:


ane cuma mau kasi resep buat agan biar ga jenuh emoticon-Ngakak (S)

tritmennya ga usa nunggu jarong kluar... jalanin aja kyk sbh rutinitas ga usa berharap ga usa berlama2 ngliatin apa lagi neliti pake loupe apa dah jarong apa belum, jalanin kyk rutinitas yg lain yg ga berharap imbalan apapun emoticon-Ngakak (S)
ane pagi2 samil nyiramin taneman keluarin batu dari rendeman lgsg kasi di tempat yg kena matahari lgsg (ane pilih tempat yg kira2 bakal kena mthr sampe jam 12 siang) ntar plg kerja masukin lagi batu ke minyak rendeman ga pake liat2 apa ada jarong apa kagak emoticon-Ngakak (S) sesekali aja kalo lagi pengen meriksa baru liat2 kalo blm ada waktu luang mah sebodo amat emoticon-Ngakak (S)
Quote:

Mantaaab...ternyata si oom penggermar tanaman jgemoticon-Toast

O iya, lanjut yg sodium silikat kmren, mksudnya kaya yg di you tube oom nyampurin NaOH + SiO2. Soalnya pernah baca oom k1njeng pernah jajalin rendem pake NaOH
Quote:

iya pernah c pake NaOH juga HCl, H2SO4 juga emoticon-Ngakak (S) cuma ane tuh paling ga mudeng ama kimia2an gitu kan ane juga pernah ngomong niy pelajaran dulu lulus juga cuma krn belas kasihan dari guru kimia aja emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S)
skrg c lagi ngumpulin bahan2 dulu sambil baca2 lagi tritmen2 yg pake kimia2an gitu lah pengen nyoba malah pake Silicon dioxida dulu, kalo sodium silikat kayak yg di yutup kan garam tuh dia aja buat ngawetin dari pengaruh air pake semacam cairan cat kuku tanpa warna gitu kykna lagian warnanya kan pakai pewarna tambahan, warna naturalnya waterglass tuh bening ga bewarna
Permisi mau nanya nih gan, ada temen ane yg bilang katanya jely itu bs "mati", dan klo dah "mati" maka si jarong ga bakal muncul alias si jely bakal putih selamanya... Hehe.. bener ga sih????
Quote:


naaa ane juga bingung tuh ganemoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) yg dimaksud mati >< hidup tuh kyk gimana ya ? taneman mati >< idup ane tau; lampu mati >< idup ane tau.... tapiii jelly mati >< idup ane bingung emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
coba tanya dong tanda2nya mati ama idup kek gimana gituh gan

eee nanya lagi ah ke agan2 semua aja de jelly tuh kyk apaan c emoticon-Malu (S) yg punya poto na tolong dong di aplot di mari
Quote:


Justru ane bingung itu makanya ane nanya dimari gan... Hehe...
Quote:


Bahan ga bakat jarong, percuma di treatment apapun tetap sia-sia emoticon-Angkat Beer










































Salam jarong BOBers....
Diubah oleh Kr0n0s
Quote:


Yg kyk gmna tuh gan yg ga bakat jarong????
Quote:

Nubie sotoy mau komen...
Antara ga sabar nongolin jarong dengan ga bakat jarong beda lhooo..

-Lem's made opal : waktu keluarin jarong kira2 5bulanan atau lebih
- Gilson opal : waktu keluarin jarong antara 15 bulan - 18 bulan

Naah...kita termasuk mau nunggu sampe 18 bulan atau cuma sebulan ???emoticon-Blue Guy Peace

Diubah oleh kenkeibun
Quote:


kalo sebulan juga ga sabar ada lho cara paling cepet dapetin jarong.... tritmen pake kertas merah itu kadang 1jam bisa dapet jarong lho emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S)
niy conto hasil tritmen dengan kertas merah
BOB (Black Opal Banten) atau Kalimaya.. Nyok BOBers..
Diubah oleh k1njeng
Quote:

ane pinjem puh kertas merahnya 10 lembar ajaemoticon-Ngakak (S), biar nih jari nempel ama mbah jambrongemoticon-Ngakak (S).

Quote:

justru itu om ane mah suka bingung cuma pernah sekali dapet warna violet terang banget tretment sama aja pke pemanasan tp gak dapet lg yg wrna begituh emoticon-Bingung (S)
Quote:


Quote:


karena mungkin agan Kr0n0s lagi sibuk n blm sempet bikin poto2nya makanya ga jawab2, ane bantu jawab ptanyaan agan dick999

jadi bahan yg ga bakat jarong itu tuh ya bahan batu sempur yg kalo ditritmen ga keluar jarong na gitu looohhh emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)

nubie ask gan..

boleh rekomen toko di rawabening yang brani n rapi masang ring perak utk kalimaya?
ane keliling pada takut resiko ama batunya

n kertas merah itu apaan ya gan.. boleh bisikin donk..

ngiler liat foto agan k1njeng

gan k1njeng liat foto agan yg 3 cincin itu mau ngiket kayak punya agan gitu di mana tempatnya?
Quote:

Pake pemanas elektrik atau matahari gan ?
Kalo pakai matahari coba inget2 lama penjemuran dan waktu jemurnya
Kalo pakai pemanas elektrik, inget2 lagi posisi ntu bo waktu di panasin & durasi pemanasan

Beberapa artikel yg pernah ane baca, ada yg membahas derajat suhu pemanasan dan posisi peletakan mempengaruhi susunan nano partikel silika amorf.


Diubah oleh kenkeibun
perimisi juragan izin nanya, ane baru dikasih sodara black opal minggu lalu entah dari daerah mana kondisinya belum ada jarong, ane iseng kasih minyak zaitun + GPU dijemur udah 3 hari ane liat muncul warna silver dan emas ada yang bintik ada yang kaya lempengan di dalam batunya, ane coba senter ada warna biru-biru kaya hologram tapi ketutup sama bercak silver2 nya itu apa itu jarong nya? sekarang abis ane keringin eh kaya ada yang ngelupas gitu dibagian silver dan emas-nya, rencana mau ane rendem pakai air kelapa + garam, ane mau tanya nih:
1. apa silver dan emas itu bakal jarong nya?
2. cara supaya warna biru-biru itu ga ketutupan gimana?
3. bagian yang ngelupas-ngelupas kecil itu pori-pori yang kebuka setelah dikeringin betul atau salah?
4. apa air kelapa + garam dianjurkan untuk perendaman?

terimakasih juragan dan para guru BOB emoticon-Big Grin
semakin lama semakin sepi pedagang batu akik d pinggir jalan....
Quote:


hedeh itu ane pasang ndiri gan, ane cari emban di pameran cocokin ukuran batu dg lobang batu di emban, ane mah pilih yg model ada gigi 4 nya itu lho, taro batu di emban tekan pake jempol kalo posisi batu di emban dah bener, trs tekan gigi pengikatnya ke pinggiran meja kayu ga usah kuat2 nekennya dikira2 aja giginya itu biasanya empuk kok, nekan giginya bersilangan ya (kaya kalo kita ngencengin baut roda mobil) sambil terus usahain posisi batu ga berubah, ane ga brani pake emban yg model tanem hehehehe soalna liat masangna pake di palu2 gitu emoticon-Ngakak (S) yg BOaf itu juga emban model gigi (eagle claw) yg itu pake tang soalna gigina keras bingit tapi musti extra hati2
oo iyaaa ane saranin jangan pernah pakai lem... apalagi lem G itu kimia na keras bingit BOaf nya ga tahan hehehe soalna pas ane coba asah BOaf ane tempelin ke stick pake lem G, BOaf na krack ane lepas dari stick ee pecah jadi 4 emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S)
Halaman 52 dari 66


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di