Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dwipasyaAvatar border
TS
dwipasya
Tips Cerdas Buat agan saat beli Rumah atau Properti Lainnya
Gan, ane nemu artikel mengenai tips memilih properti, ane mau sharing ke agan-aganwati, cekidot yee emoticon-Malu (S)
maap ya gan klo ada emoticon-Repost (S) , ane newbie emoticon-Bingung (S)





Saat ini kondisi Rupiah melemah terhadap dollar (US$) maka sekarang adalah waktu yang TEPAT membeli Property!!! Karena harga PASTI NAIK dan Property merupakan satu satunya Investasi yang Resiko nya kecil. Kami akan bocorkan informasi bagaimana Tips Pintar dalam memilih sebuah properti, ada 7 point yang perlu diperhatikan seperti :

1. Siapa pengembangnya?
Pengembang yang membangun suatu project properti apakah itu apartemen, town houses, ruko, villa maupun condotel sebaiknya cari pengembang yang lebih terpercaya. Akan tetapi jika pengembang yang anda temui adalah pengembang baru bukan berarti Anda harus memutuskan untuk tidak berinvestasi, karena ada pengembang baru memiliki latar belakang pengalaman-pengalaman dalam membangun suatu properti tergabung dalam developer" properti sebelumnya. Biasanya untuk Developer baru ingin memberikan yang terbaik di project pertamanya untuk mendongkrak nama pengembang tersebut dimata masyarakat.

2. Projectnya dikembangkan diLokasi mana? di pusat kota (ring1) atau di pinggiran kota?
Setiap Developer dan investor pasti yang dicari saat ingin berinvestasi atau membeli properti adalah lokasi yang strategis, kawasan yang memiliki nilai jual seperti segitiga emas ataupun CBD, dekat dengan tempat kerja, permukiman yang aman dan bebas banjir, dekat dengan Tol sehingga akses kemanapun mudah, dan lokasi yang terhindar dari macet. Untuk poin yang terakhir hampir sulit ditemukan lokasi yang tidak macet seperti dikota besar jakarta.

3. Apakah Infrastruktur sudah ada dan fasilitas Dasar seperti Universitas , Mall, Hotel, Sekolah, Rumah Sakit, Pasar,Bioskop,dll sudah ada? Atau bahkan Fasilitas Dasar masih sekedar Janji diatas Brosur Saja?
Dalam hal ini anda dalam mengambil langkah pembelian properti harus jeli melihat kawasan sekitar properti yang anda beli apakah akan berpotensial memiliki infrastruktur yang mendukung tersebut ( misalnya saat ini masih kosong tapi nantinya akan dibangun berbagai fasilitas masyarakat untuk memajukan wilayah tersebut) atau memang semua fasilitas tersebut sudah ada dilokasi properti yang anda incar.


4. Perhatikan Harganya, apakah masih bisa ada kemungkinan naik lagi atau sudah Maksimum?
Pilihlah Property di project yang sedang Grooming/sedang tumbuh, hal ini yang amat diperhitungkan oleh investor yaitu capital gain dari nilai properti tersebut. Capital Gain adalah nilai kenaikan harga properti dari saat membeli dan kedepannya. Perhatikan, berapa kenaikan harga property di project tersebut,lebih dari 50% dalam 1 tahun atau tidak?


5. Tahapan Pembangunan Seperti Apa ?
Banyak pengembang yang sudah ternama sekalipun dalam tahap pembangunannya molor bisa setahun bahkan lebih. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kita yang ingin memiliki properti tersebut. Seharusnya sudah bisa digunakan tapi harus menunggu karena bangunan baru jadi 50%, atau padahal sudah waktunya disewakan tapi karena bangunan belum finish maka harus mengalami kerugian dari waktu yang terbuang untuk pembangunan tersebut. Jadi,kita perlu tanyakan kapan project tersebut mulai pembangunan? Masa Ground Breaking? konstruksi pondasi, konstruksi building, Topping Up, Serah terima dan masa operasional? Inilah yang menjadi dasar kredibelitas dan kualitas dari suatu developer.

6. Legalitas :
Ini penting, bagaimana suatu properti bisa dibangun jika ijinnya tidak ada? Yang harus di lihat adalah legalitas perusahaan, perjanjian PPJB dan Pengelolaan, Status kepemilikan unit tersebut apakah Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Hak Guna Bangunan untuk Landed House ? Strata Title atau Hak Pinjam Laham untuk bangunan bertingkat ?


7. Biaya-biaya :
Perkirakan juga untuk biaya diluar dari harga yang tertera di dalam price list seperti harga apa sudah termasuk PPn, biaya notarial & pertelaan, BPHTB dan biaya yang timbul atas pajak pemerintah lainnya misalnya adalah pajak PPNBM, ataupun biaya balik nama, dan lain-lain.


Jadi, Banyak hal yang harus kita cermati dalam mengambil kesimpulan untuk membeli suatu properti, apakah itu Town houses, villa, ruko, condotel, apartemen.

segitu aje gan dari ane, kurang lebih nya bisa dikasi cendol emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
makasi ya gan udah mampir, hayo dikomeng. emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Malu (S)

sumber disini
0
1.8K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan