BukanIanOPXAvatar border
TS
BukanIanOPX
Sistem Pertahanan Semesta Resmi Diberlakukan Jokowi
Sistem Pertahanan Semesta Resmi Diberlakukan Jokowi


CNN Indonesia - Jumat, 04/09/2015 21:26 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 97 Tahun 2015 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara Tahun 2015-2019. Peraturan tersebut diteken 21 Agustus 2015.

“Kebijakan Umum Pertahanan Negara ini ditetapkan sebagai dasar bagi Menteri Pertahanan dalam menetapkan kebijakan mengenai penyelenggaraan pertahanan negara dan bagi kementerian atau lembaga dalam menetapkan kebijakan sesuai dengan tugas, fungsi, dan wewenang masing-masing terkait bidang pertahanan,” bunyi Pasal 3 peraturan itu.

Seperti dilansir dari situs setkab.go.id, dalam lampiran peraturan tersebut dijelaskan bahwa negara diselenggarakan dalam suatu sistem pertahanan yang bersifat semesta dengan memadukan pertahanan militer dan pertahanan nonmiliter.

Artinya, sifat kesemestaan yang dikembangkan melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya, serta sarana prasarana nasional yang dipersiapkan secara dini oleh pemerintah, serta diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut.

“Penyelenggaraannya dilakukan melalui usaha membangun kekuatan dan kemampuan pertahanan negara yang kuat dan memiliki daya tangkal terhadap berbagai ancaman,” bunyi lampiran peraturan itu.

Disebutkan juga bahwa begitu peraturan ini mulai berlaku, semua peraturan perundang-undangan yang merupakan peraturan pelaksanaan dari Peraturan Presiden Nomor 41 Tahun 2010 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara Tahun 2014 dinyatakan tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan dalam Peraturan Presiden ini.

“Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 5 Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2015 yang diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly pada tanggal 25 Agustus 2015.

Quote:


Sumber

Quote:


========================================================
Pantesan Jokowi meluncurkan roket ke luar angkasa, lagi perang semesta alam antar galaksiemoticon-Ngakak

Angkatan ke-5 PDIP akan dipersenjatai, ini sama dengan cita-cita PKI
Nastak siap-siap wajib militer sono

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh BukanIanOPX 05-09-2015 23:01
0
8.2K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan