Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

denimnpatch2Avatar border
TS
denimnpatch2
Sejarah awal dan perkembangan celana Jeans
Spoiler for Denim n' Patch:



Halo Agan" sekalian, kali ini gw mau sedikit share informasi tentang sesuatu yang ane yakin banget nih 100% pasti agan punya minimal 1 di dalam lemari agan. Atau bisa aja sambil baca thread ini, agan sedang memakainya yaitu celana Jeans.


Spoiler for Jeans:



Jeans merupakan sejenis celana yang dibuat dari bahan yang keras dan kuat yang disebut denim. Jeans ditemukan oleh Jacob Davis pada tahun 1871 dan dipatenkan oleh Davis sendiri dan Levi Strauss pada tanggal 20 Mei 1873.


Spoiler for Nih gan penemu awal Jeans:




Awalnya Celana Jeans berasal dari Genoa, Italia ditempat ini celana jeans diproduksi untuk keperluan angkatan laut, sebagai celana yang dapat dipakai basah ataupun kering. Nama jeans sendiri didapat dari bahasa Perancis yang menyebut celana warna biru asal Genoa ini sebagai bleu de Gnes. Sedangkan di benua Amerika kedatangan jeans dimulai di tahun 1872. Levi Strauss yang berusia 20 tahun berniat mengadu nasib ke New York. Di tempat asalnya Strauss adalah seorang penjual pakaian. Strauss berangkat ke California dengan hanya berbekal beberapa potong tekstil yang merupakan barang bisnis milik saudaranya yang akan dijuanya selama perjalanan ke barat. Karena memang hanya berbekal nekat, Levi Strauss akhirnya sampai di California dengan menjual semua barangnya kecuali yang tersisa adalah segulung kanvas.


Dengan segulung kanvas tersebut Strauss berusaha membuat sepotong celana kerja yang dicoba dijualnya kepada para pekerja tambang didaerah tersebut. Ternyata celana dengan bahan kanvas milik Strauss laku keras, banyak pekerja tambang yang membeli celana kanvas dari Strauss karena celana dari bahan canvas tidak mudah rusak atau sobek serta tahan lama. Namun masih banyak juga mereka yang masih tidak suka dengan bahan kanvas olahan Strauss. Hal yang membuat dia mulai berimprovisasi dengan membuat dari bahan lain yang dipesan dari Genoa Italia. Para pemintal di sana menyebut bahan tersebut dengan “genes” dan Strauss mengubah namanya menjadi “Jeans” dan mulailah Strauss memproduksi celana jeans yang pertama dan diberi merk “Levi’s”. Produk desain mereka yg pertama adalah “Levi’s 501“. Produk desain pertama memang dikhususkan bagi para penambang emas. Celana ini memiliki 5 saku, 2 di belakang dan 2 di depan, dan 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan.



Produk desain pertama memang dikhususkan bagi para penambang emas. Celana ini memiliki 5 saku, 2 di belakang dan 2 di depan, dan 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan. Karena diperuntukkan bagi para penambang, saku ini tentu bukan sekedar untuk asesoris saja. Tetapi saku kecil ini dirancang untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Di jaman modern ini celana jeans telah diproduksi dalam berbagai merek. Tetapi tampilan akntong kecil di bagian depan tidak pernah hilang. Bisa saja saat ini kantong kecil tersebut dipertahankan karena berfungsi untuk menyimpan benda-benda kecil seperti uang receh, karcis parkir, kunci dan lain sebagainya.


Spoiler for Ini awalnya buat nyimpen emas ternyata gan:



Seiring perkembangan zaman, celana Jeans perlahan tidak hanya dipakai oleh penambang emas saja loh gan. Celana jeans kemudian dipakai juga oleh para koboi gan! Makanya kalau agan sekalian perhatiin, koboi" di film hampir selalu menggunakan celana jeans gan. Itu dikarenakan bahan Jeans yang cenderung kerasa dan kuat terasa nyaman untuk dipakai mereka yang menunggang kuda. Kesan daripada Jeans yang macho juga menjadi salah satu alasan celana Jeans mulai dipakai oleh para koboi.emoticon-Cool


Spoiler for Koboi gan!:



Tidak sampai disitu gan! Pada tahun 1950, celana Jeans mulai populer dipakai oleh anak muda dan menjadi trend pada waktu itu. Hal tersebut kemudian terus berkembang di tahun-tahun berikutnya sampai pada tahun 1980 dimana para kalangan Punk Rock dan Heavy Metal juga kemudian menggunakan celana Jeans sebagai bagian daripada identitas panggung mereka. Celana jeans dengan bahan yang agak tebal dan keras dianggap cocok bagi mereka yang juga membawakan musik-musik keras pada saat itu. Tidak seperti genre musik Ballad, Jazz maupun Pop yang aksi panggung nya tidak seheboh musik Rock dan Metalemoticon-Kaskus Radio


Spoiler for Rocker!!:




Demikian informasi tentang Jeans yang bisa ane share sampai saat ini gan. Nantikan posting-posting selanjutnya seputar Jeans ya gan.
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast



Spoiler for Btw gan, ane titip lapak ane ya... monggo dicek gan /:)/:


Jika agan berkenan, mohon berikan cendolnya yaaaaa
Spoiler for Cendol:




emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus




Sumber : Wikipedia
Diubah oleh denimnpatch2 27-08-2015 14:15
4iinch
tien212700
tien212700 dan 4iinch memberi reputasi
2
9K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan