Gambaran singkat tentang ane, rumah di subang, kuliah dan gawe di bandung, pacar ane di tasik jadi di tiga lokasi ini ane sering bolak-balik dan banyak berjejer tuh xxxmart sepanjang sisi jalan, jadi ane sedikit banyak suka belanja di sono, kaitannya apa

?! Biar apa yang ane omongin nanti lebih objektif itu ajah. Nah dari tiga kota/kabupaten yang ane sebutin, sampel xxxmartnya ada sepuluh, meski sampelnya acak dan ga jelas, ane rasa ini cukup ngegambarin apa yang sebenarnya terjadi. beberapa modus yang nggak nyenengin pernah ane dapet, misalnya:
[1]harga yang tertulis ga sama dengan harga di kasir,
[2]diskon yang masih berlaku misal sampe tanggal x dan ane beli sebelum tanggal x nyampe kasir harga ga didiskon
[3]ada promo beli dua gratis satu, ane beli dua nggak dapet gratisan tuh,

soalnya kalo nyangkut diskon kan udah masuk ke ranah yang sensitif gan, iyah ane emang demen diskonan
[4]ada beberapa produk yang nggak ada list harganya, pan jadi kagok beli gimana, nanya segan

, ane kira tuh produk gratisan karena ga dihargain, selama itukah ngeprint list harga

? Bukankah lebih praktis kalo semuanya ada list harga, biar ga bikin ribet pelanggan yang mau beli mesti ngantri bolak-balik nanya ke kasir?
[5]pas ane bayar ke kasir kembaliannya suka diganti sama permen, pliss deh ane ga doyan permen ane lebih doyan

, misal kembalian 1400 yang 400nya diganti sama permen dua, apaan?! Da nggak akan dimakan tuh permen karena ane ga suka, terlebih ga bisa milih sendiri, ko hak konsumen dibatasi?! bikin mubajir ajah, pecahan 100 atau 200 kan masih beredar di Indonesia ini, bilang habis receh?! ini nggak niat jualan, apa sengaja maksa jualan permen biar dapet tambahan?! Oalah.tepokjidat
[6]kasir maen ngebuletin harga, perpanjangan kasus yang nomer 1. dan ini terjadi semalem ane gedek banget beli nu green tea harga 5.000 sama roti sisir harga 7.300 total berapa gan, yg waras bakal jawab 12.300, nah nyampe kasir 12.500, uang 200ane mana

?! Malah pernah bedanya sampe lebih dari 1.000 dan ane nggak di kasih struknya gan, karena ane belanjanya hampir jam 22:00 malem, pas tuh xxxmart mau tutup, tapi ane liat mesin kasir msh nyala, ane langsung cabut gan karena buru-buru mau pulang, terlebih di luar hujan.
[7]ini agak aneh jelas2 di xxxmart ada tulisan bebas parkir, kok ane pernah beberapa kali ditarikin duit parkir. Masalah perparkiran ini sebenernya ini gimana

?!
[8]ane punya temen yang dulu kerja di xxxmart, nah dia pernah cerita resign gara2 hampir tiap hari dia nombokin duit, ada aja yg kurang, pokoknya dalam sebulan gajinya dipotong hampir 200rebuan untuk ngegantiin yang ilang tsb

. buat agan yang punya temen gawe di xxxmart boleh ditanya gan, mereka ngalamin nggak seperti yang temen ane alamin?! Dari sini kita bisa liat sama sesama temen ajah mereka tega nyolong, apalagi sama kita selaku pelanggan yang cuma sesekali belanja.
Agan pernah belanja di SMM Daarut Tauhid ato SB Mart gak ?! (ane ga promisiin ye gan) dulu, ane ga tahu kalo sekarang baik SMM maupun SBM pas ane belanja dan misal ada kembalian pecahan kurang dari 500, kembalian 2.450 kasir bakal nanya yang 450nya mau disumbangin apa diambil? Kan lebih enak gini

, lebih fair daripada mentalitas kasir yang maen ngebuletin harga, buat para kasir yang demen banget ngebuletin ane jamin nggak bakalan kaya, toh kalo ada untungnya mungkin lumayan yah, ga akan jadi daging, kalo jadi daging juga ane sumpahin jadi daging tumbuh atau minimal jadi

.
Ane jadi kepikiran kenapa ga setiap xxxmart punya id, iya pinter kaya di SPBU, terus sekalian yang kepala cabang atau yang ditugasi megang xxxmart dalam satu kota/kabupaten nyertain nomer kontak untuk keluhan pelanggan dan dipajang di plang nama xxxmart tersebut, biar kalo ada apa2 cepet ditanganin sama dikakiin

, ane rasa ini lebih greget daripada kita gondok tapi

mau complain ke mana agar ditanggepin?! Ke pusat juga ga tahu nomer kontak pusatnya berapa?! Kenapa gak kita pangkas prosedur berbelit2. Ane Cuma nggak enak ajah

, xxxmart udah dapet nama lah yah, kasian juga kan kalo namanya rusak oleh beberapa oknum pegawai yang ga jelas . Kalo kata pepatah karena setitik nila rusak susu sebelahnya.
Bukankah pelanggan itu raja? Meski kayaknya ga ada raja yang belanja di xxxmart kecuali ian kasela

. Kalo semua keluhan ditangani dengan baik ane yakin pasti agan ga segen lagi ke xxxmart, masalah jual beli itu kuncinya kepercayaan gan, lah kalo kepercayaan berkurang gimnana?! Syukur2 nih thread dibaca sama karyawan atau pejabat di xxxmart bahkan mungkin bisa dijadikan rujukan biar pelayanannya lebih ditingkatkan lagi. Mohon disundul gan biar ga tenggelem, akhir kata yang nggak ngasih

harus menyesal, tidak menyesal harus menyesal.