Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ts4l4saAvatar border
TS
ts4l4sa
Surya "Judge Bao" Tjandra akhirnya Lolos Capim KPK. Masih Orang2 Kita juga sih!
Bekas Timses Jokowi Lolos Capim KPK, Ini Komentar Pansel
27 AGS 2015


Calon "Judge Bao" Indonesia masa depan? Surya Tjandra

Rimanews - Ketua tim Pansel KPK Destry Damayanti mengaku tak mempersoalkan calon pimpinan KPK yang merupakan bekas tim sukses Jokowi-JK di Pilpres 2014, Surya Tjandra.

"Kiami nggak lihat itu, kita lihat catatan, dari pertama tentu dari persyaratan administrasi, lihat CV, pengalaman kerja at least 15 tahun apakah sudah sesuai yang kita butuhkan, umur pastinya iya, kita dari situ ada bayangan dia kerja dimana aja, pengalaman seperti apa, leadership apa, perusahaanya seperti apa," kata Destry di Nusantara III DPR RI, Jakarta, Kamis (27/08/2015).

Destry menjelaskan, pihaknya memiliki lima kriteria khusus untuk menjaring calon pimpinan lembaga antirasuah, yaitu integritas, kompetensi, leadership, indepedensi dan pengalaman kerja.

"Lima hal itu kita coba gali, selain itu juga kita gali juga klarifikasi, masukan dari masyarakat, LSM itu juga kita coba klarifikasi ke mereka," katanya.

Untuk selanjutnya, kata Destry, Tim Pansel akan menerima laporan tes kesehatan dari 19 calon pimpinan KPK yang telah lolos. Dari laporan kesehatan tersebut, pihaknya akan menggabungkan dengan lima kriteria tersebut sebagai patokan untuk menyaringnya menjadi delapan calon.

"Sekarang tidak hanya dari sisi lima hal itu tadi, besok akan terima laporan kesehatan, karena mereka sejak minggu sudah ikut tes kesehatan jiwa dan mental, nah hari senin selasa kesehatan fisik, itu nanti kita gabung, yang tes kesehatan besok akan diserahkan ke pansel," tandasnya.
http://nasional.rimanews.com/hukum/r...omentar-Pansel


Alasan Ahok Rekomendasikan Surya Tjandra Sebagai Calon Pimpinan KPK
Kamis, 27 Agustus 2015 09:02 WIB


Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Surya Tjandra menjawab pertanyaan saat mengikuti tes wawancara di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (26/8/2015). Sebanyak 19 capim KPK mengikuti seleksi tahap akhir oleh Pansel, yang selanjutnya dipilih delapan nama yang akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2015 mendatang, lalu Presiden kemudian menyerahkan nama tersebut ke DPR. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu peserta calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Surya Tjandra, mendapat rekomendasi dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk ikut dalam seleksi itu.

Ahok sempat bercerita awal mula pertemuannya dengan Surya Tjandra saat dirinya menjadi pembicara seminar di Atmajaya.

"Dulu pertama kali saya kenal, saat saya jadi pembicara seminar di Atmajaya. Terus kedua pas saya masuk DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), kita mau menyelesaikan BPJS Kesehatan," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2015) malam.

"Saat itu ada beberapa pihak yang tidak setuju. Buruh pada mau demo, sedangkan yang mendukung buruh itu, ternyata ada si Surya Tjandra," lanjutnya.

Menurut Ahok, Surya Tjandra merupakan sosok yang konsisten sebagai aktivis buru, dan mempunyai integritas.

"Saya pikir ini orang gila juga nih, konsisten. Dan dia sebagai aktivis buruh, nggak menjual diri juga. Dan dia tidak membela siapa pun. Kalau tidak benar ya, tidak benar. Dan dia juga ngerti hukum, dosen kan," jelas mantan Bupati Belitung Timur ini.

Surya Tjandra juga dinilainya sebagai orang jujur. Panitia Seleksi Capim KPK kata Ahok bisa menilainya.

"Saya kira dia jadi aktivis seperti itu, kalau mau kaya, sudah kaya raya dia dengan menjadi aktivis buruh. Tapi ternyata kan nggak. Makanya saya kira kita butuh orang yang punya integritas seperti itu, dan jujur. Pansel juga bisa menilai dia bagaimana," ucap Ahok.
http://www.cnnindonesia.com/nasional...ya-integritas/


Capim KPK Surya Tjandra Pernah Jadi Timses Jokowi, Akan Tunduk ke Presiden
Rabu 26 Aug 2015, 17:42 WIB

Jakarta - Salah satu Capim KPK yang berasal dari elemen masyarakat, Surya Tjandra ternyata pernah jadi timses Presiden Joko Widodo saat gelaran Pilpres 2014. Bahkan, Surya menyebut bahwa KPK harus tunduk kepada presiden.

"Benarkah anda tim sukses presiden terpilih? Lalu bagaimana nanti bisa memisahkan kepentingan anda jika jadi pimpinan KPK?" tanya anggota tim Pansel KPK Enny Nurbaningsih di kantor Setneg, Jl Veteran, Jakpus, Rabu (26/8/2015)

"Iya saya memang timses dan pendukung Pak Jokowi. Saya ini seperti Pak Jokowi bu, tidak merasa hutang ke siapapun sehingga tidak ada beban," jawab Surya.

Aktivis LSM buruh yang juga berprofesi sebagai dosen itu lalu menegaskan bahwa KPK seharusnya tunduk kepada Presiden. Meskipun KPK adalah lembaga independen, tapi menurut Surya, Presiden adalah atasan tertinggi KPK.

"KPK tunduk kepada Presiden, independen bukan berarti tidak punya tanggung jawab terhadap institusi presiden," jelas Surya.

"Bukankah KPK itu lembaga penegak hukum yang independen?" tanya anggota pansel Natalia Subagyo.

"Sebagai kelembagaan harus punya leader, leadernya negara ini ya Presiden, kalau tidak sependapat dengan Presiden ya saya keluar dari KPK," tegas Surya.
http://news.detik.com/berita/3002139...uk-ke-presiden

-----------------------------------

Lengkap sudah!


emoticon-Angkat Beer
0
8.2K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan