Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

8148744Avatar border
TS
8148744
[Nasbung Meriang] SBY: Negara Kita Belum Memiliki Periode Krisis
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara soal kondisi terkini ekonomi Indonesia. Presiden ke-6 RI ini mengingatkan agar semua pihak tak panik dan tak saling menyalahkan dalam menghadapi kondisi ekonomi Indonesia yang sedang melemah.

"Saya mengatakan negara kita belum memiliki periode krisis, perlambatan pelemahan masih bisa kita atasi. Saya sependapat dengan anjuran para pemimpin tak perlu panik, tenang itu bagus, agar tidak panik perlu langkah yang jitu cespleng," kata SBY dalam pidatonya di depan para pengurus Partai Demokrat, di Puri Cikeas, Bogor, Kamis (27/8/2015).

Hadir dalam acara ini jajaran pengurus Partai Demokrat antara lain Roy Suryo, Hinca Pandjaitan, Sudi Silalahi, Ani Yudhoyono, Dipo Alam, Amir Syamsuddin, Agus Hermanto dan lainnya.

SBY yang malam ini memakai batik coklat lengan panjang ini mengaku gembira setelah mendengar kabar baik, bahwa pemerintah menyiapkan paket kebijakan ekonomi untuk merespons kondisi ekonomi saat ini.

Menurutnya ada beberapa saran yang memang perlu dilakukan pemerintah saat ini, yaitu Pertama, menjaga pertumbuhan ekonomi‎, agar tidak turun, bahkan bila perlu bisa naik.

Kedua, perlu stabilisasi harga, seperti stabilisasi harga daging yang saat ini masih tinggi.

Ketiga, pemerintah perlu upaya melakukan pencegahan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam hubungan industrial.

"Saya dengar sudah mulai ada gelombang PHK, harus dicegah, beri insentif untuk pengusaha, beri kerenggangan. Do something untuk pelaku usaha agar tidak melakukan PHK baru," katanya.

Keempat, soal kebijakan moneter, saat ini ada kecenderungan dolar AS meningkat dibanding dengan mata uang di negara-negara berkembang termasuk terhadap rupiah. Menurutnya dengan dolar sudah mencapai Rp 14.000 harus ada yang dilakukan dalam kebijakan moneter oleh Bank Indonesia (BI).

"BI harus melakukan sesuatu. Kalau terlalu rendah nilai rupiah kita, banyak perusahaan yang meminjam dengan dolar, banyak yang akan bangkrut, bisa kolaps," katanya.

Kelima, dari sisi fiskal‎ harus lebih cermat dalam menghitung penerimaan pajak sehinga harus pas, yang kaitannya dengan porsi Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Keenam, SBY berpesan agar pemerintah bisa menenangkan masyarakat bahwa pemerintah punya solusi, termasuk terbuka. Kondisi yang dihadapi Indonesia juga dialami oleh negara lain seperti China, Malaysia. SBY juga berpesan tak perlu ada yang menyalahkan pihak pemerintah.

"Enam hal penting yang barangkali jadi masukan saya, saya tahu pemerintah sudah mempunyai banyak hal untuk memperbaiki gejolak, tapi barangkali pengalaman saya bisa berguna. Saya tidak bermaksud, dulu waktu saya memimpin semuanya serba baik, tidak juga," katanya.

SBY menegaskan semua pihak tak perlu menyalahkan siapa-siapa, masing-masing mengambil tanggungjawabnya. Ia menegaskan pemerintah perlu didukung penuh.

Quote:


setiap warga negara pasti menginginkan negara nya maju dan berkembang, sebisa mungkin mereka akan berkontribusi dalam pembangunan, itu merupakan sebuah hal yang jamak dalam negara manapun. hanya orang yang dungu dan pemikiran nya tidak waras yang menginginkan negara nya hancur dan terjadi krisis kekacauan emoticon-Nohope, sebagaimana prilaku Nasbung-Nasbung keparat yang senang berimajinasi menjijikkan bahwa lebih baik negara ini Hancur daripada Maju dan berkembang. Gerombolan pengkhianat hina ini Getol memainkan isu2 sensitif hanya untuk pelampiasan nafsu dendam terhadap pemerintahan sekarang. bahkan Presiden yang merupakan orang nomor satu di negara inipun tak lepas dari Olok2 gerombolan subHuman berotak 2D tsb emoticon-Cape d... (S)PaNasbung keparat terlebih di forum kaskus ini baik nya dimusnahkan saja sebelum paham Kebencian nya menular lebih jauh emoticon-shakehand
0
4.2K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan