Kaskus

Entertainment

rionoto15Avatar border
TS
rionoto15
Inilah Tampak Jalur Melayang Khusus BRT di Negara Tiongkok dan Malaysia
Inilah Tampak Jalur Melayang Khusus BRT di Negara Tiongkok dan Malaysia

Pemprov DKI Jakarta akan membangun jalur transjakarta melayang, koridor 13 ini menghubungkan Ciledug dengan Jalan Tendean, Jakarta Selatan. Direncanakan jalur melayang ini memiliki panjang 9,3 km dengan lebar 9 m dan tinggi 18-24 meter.

Bukan hanya di Indonesia yang membangun jalur layang khusus bus, sebelumnya negeri Tiongkok dan Malaysia telah dahulu membangun jalur layang, jalur tersebut hanya bisa digunakan bus. Fly oyer untuk bus di negeri tersebut hanya memiliki satu pintu sehingga kendaraan bermotor tidak bisa masuk.

Menurut Wikipedia, Xiamen BRT (Bus Rapid Transit) beroperasi tanggal 31 Agustus 2008. Jalur layang khusus BRT Tiongkok ini terkoneksi dengan BRT yang telah ada, jadi jangan heran tingkat kemacetan di Tiongkok sekarang menurun, meskipun perekonomian China sedang bagus. Menurun kemacetan disebabkan pemerintah kota membangun jaringan bus yang terkoneksi dengan moda transportasi umum. BRT Xiamen memiliki 47 stasiun yang dilengkapi dengan parkir kendaraan dan minimarket, bahan bakar bus menggunakan BBG sedangkan kecepatan bus begitu dibatasin hanya 60 km/jam.

Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Malaysia yang berbatasan dengan Indonesia juga telah bangun jalur bus melayang. Moda transportasi umum berupa bus, rupanya Malaysia harus belajar lebih dahulu kepada kota Bogota dan Jakarta. Setelah belajar mereka menerapkan dengan jalan layang, sedangkan Indonesia lagi bangun jalur layang tersebut. BRT di Malaysia bernama BRT Sunway Line. Berbeda dengan negeri Tiongkok bus yang digunakan BRT Sunway menggunakan baterai. Tampak bus Sunway line seperti bus bandara yang sangat luas, BRT Sunway memiliki 7 halte yang dilengkapi areal restoran, parkir kendaraan dan transportasi umum lainnya.

Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Bagaimana dengan BRT atau Transjakarta di Indonesia? Saat ini design yang saya amatin, jalur tersebut memiliki dua pintu masuk sehingga kemungkinan kendaraan bermotor bisa masuk dari Cileduk atau dari arah Jalan Kapten Tendean, pembangunan koridor 13 juga mendapat kritikan dari ITDP soal desain pembangunan yang tidak terkoneksi dengan koridor lainnya.

Menurut , Direktur Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia Yoga Adiwinarto yang dikutip dari Kompas.com,

Quote:


Kedua negara yang telah bangun jalur bus melayang memiliki jadwal kedatangan tepat waktu yang artinya jalur tersebut bebas dari kendaraan bermotor sehingga tidak terhambat dan jalur evakuasi jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan telah tersedia dengan baik. Semoga pembangunan koridor 13 cepat selesai dan kemacetan dari luar Jakarta ke dalam dapat berkurang.

Sumber

Spoiler for :


Diubah oleh rionoto15 27-08-2015 14:52
0
4.4K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan