Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

neoliberal.imfAvatar border
TS
neoliberal.imf
[BI PANIK] BI Batasi Pembelian Dolar US$ 25 ribu per Bulan


Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) akan memperketat transaksi valuta asing terutama dolar Amerika Serikat (AS) dengan membatasi pembelian dolar tanpa tujuan penggunaan sebanyak US$ 25 ribu per bulan. Sebelumnya, masyarakat dibebaskan mengumpulkan dolar sampai US$ 100 ribu per bulan meskipun tidak akan digunakan.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan pembatasan ini dilakukan untuk menjaga stabilitas kurs dan mencegah spekulan.

"BI tidak melarang pembelian valas, tapi untuk menjaga stabilitas kurs, pembelian valas harus ada dasarnya yaitu untuk kegiatan transaksi ekonomi, bukan spekulasi atau melakukan penumpukan," kata Mirza di Jakarta, Kamis (20/8).

Dengan adanya aturan baru ini maka pembelian mata uang negara Barrack Obama di atas US$ 25 ribu harus dibuktikan dengan dokumen underlying transactions dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

"Tapi kalau individu atau korporasi misalnya butuh dolar untuk kegiatan impor tapi ada underlying-nya ya boleh-boleh saja, tidak dibatasi," ujar Mirza.

Perubahan aturan ini akan diterbitkan dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) yang saat ini masih difinalisasi.

"Dalam satu atau dua hari ini akan terbit," ujar Mirza.

Ia mengatakan, akhir-akhir ini terjadi peningkatan dan lonjakan pembelian dolar AS dalam jumlah-jumlah kecil di bawah US$ 100 ribu yang melebihi kebutuhan atau kewajaran.

"Apabila ditotal, jumlahnya sangat besar," katanya

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...ribu-per-bulan

BI aja udah mulai panik brayyy buktinya menerapkan kontrol gt, itu menandakan bentar lg krisis brayyy emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh neoliberal.imf 23-08-2015 16:10
0
2.6K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan