Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

loebohongAvatar border
TS
loebohong
Petani Buang Tomat ke Jalan tidak punya daya inovasi
Jakarta -Beberapa waktu lalu, sejumlah petani di Kabupaten Garut memilih membuang tomatnya ke got dan jalan. Aksi buang tomat ini yang sempat heboh, karena kerja keras petani menanam tomat hanya dihargai Rp 200/kg.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Spundik Sudjono mengungkapkan, petani harus lebih kreatif mengolah tomat hasil panen menjadi makanan olahan, yang bernilai tambah ketimbang membuangnya ke jalan.

"Kan bisa dibuat manisan tomat, kreatif sedikitlah. Saya ingin sampaikan kalau yang yang membuang tomat di jalan itu tindakan tidak benar, dan membuat keresahan di masyarakat," kata Spundik, ditemui di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (21/8/2015).

Spundik menyebut, aksi para petani tersebut hanya untuk menarik perhatian media massa. "Jangan kemudian jadi provokator, padahal yang dibuang hanya 2-3 peti tomat ke got. Ganggu di media dan masyarakat, kami terus bekerja keras," jelasnya.

Dengan mengolah hasil panen tomat yang berlebih, menurut Spundik, petani tak perlu khawatir terhadap penurunan harga sekaligus meningkatkan nilai jual dari hasil panennya.

"Kalau diolah, keuntungan bisa 5-6 kali lipat, cuma tambah gula dan sedikit tenaga. Jangan (harga) turun sedikit sudah mengeluh," ujar Spundik sembari memperkenalkan produk olahan tomat 'Torakur' hasil olahan petani di Kecamatan Bandungan, Semarang.

sumber http://finance.detik.com/read/2015/0...-kata-kementan
=======================================================================================================

Beberapa tahun yg lalu ane pernah membeli manisan tomat kering di supermarket yg rasanya enak spt kurma dan sangat bernutrisi, sayang petani2 disini masih minim inovasinya




Diubah oleh loebohong 22-08-2015 11:46
franssinaga
franssinaga memberi reputasi
1
3.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan