odomartAvatar border
TS
odomart
#Tips : Cara Memilih Headset / Headphone
#TipsOdomart : Cara Memilih Headset / Headphone

FYI (For Your Information), headphone/headset/earphone adalah perangkat output suara dengan desain yang memungkinkan untuk langsung diposisikan atau dipasang pada telinga. Headphone merupakan perangkat output suara alternatif selain speaker. Terkadang kaskuser mungkin bingung apa saja yang harus diperhatikan saat memilih headphone/headset/earphone yang ingin kaskuser beli. Berikut #Tips nya :

1. Budget
Apapun barang yang ingin kaskuser beli, budget adalah hal yang harus dipastikan terlebih dahulu. Nantinya dengan budget yang kaskuser miliki, kaskuser bisa search di internet untuk membandingkan harga dan spesifikasi headphone yang ingin kaskuser beli.

2. Desain atau Model
Hal pertama yang harus kaskuser lakukan saat ingin membeli headphone/headset/earphone adalah memilih desain, bentuk atau model yang kaskuser inginkan. Mengapa?? Karena headphone/headset/earphone itu mempunyai 3 tipe yang berbeda yaitu over ear (model headphone/ speaker menutupi seluruh telinga), earbuds (model headphone/ speaker menempel di lubang telinga tapi tidak masuk) dan in ear(model earphone / speaker yang masuk ke lubang telinga), jadi pikirkan baik-baik ya!



3. Fungsi atau Kegunaan
Selain model, fungsi atau kegunaan juga penting nih kaskuser. Kalau kaskuser membeli headphone untuk main game, yang pasti kaskuser harus membeli headphone khusus gaming dengan mic. Kalau odo_ers membeli headphone untuk mendengarkan lagu sekaligus telpon, kaskuser membutuhkan headphone in/on ear yang mempunyai mic juga tentunya. Atau kaskuser hanya perlu headphone hanya untuk mendengarkan music saja, ya kaskuser hanya perlu headphone tanpa mic.
Oh ya, memilih headphone apa yang cocok juga bisa dilihat dari selera music loh. Misalnya kaskuser menyukai aliran lagu metal atau hip hop yang cocok dengan headphone tipe Warm (output suara cenderung bass, suara bass terdengar jelas namun vocal agak kecil). Aliran rock atau klassik cocok dengan Bright (output suara cenderung treble) atau Natural (treble dan bass seimbang) dsb.

4. Sensitivitas
Sensitifitas sebuah headphone/headset ditunjukan oleh tulisan SPL( Sound Pressure Level) dalam satuan mW(MiliWatt) atau kalau dalam kemasanya bisa ditulis desiBel. Dari sini kita bisa mengetahui seberapa keras suara yang dapat dikeluarkan oleh sebuah headphone. Dengan kata lain semakin besar angkanya semakin keras pula suara yang dihasilkan. Oleh karena itu, jangan sampai dengan angka desibel yang besar malah mengganggu pendengaran kita ya kaskuser. Sebagai referensi carilah headphone yang memiliki sensitifitas < 85dB.

5. Impedance
Untuk Impedance, semakin besar itu belum tentu semakin baik atau sebaliknya. Namun dapat disesuaikan dengan selera kita. Biasa-nya Headphone memilki impedance >= 32 ohm.

6. Audisi Headphone
Hah?? Audisi Headphone??
Iya odo_ers, mengaudisi headphone sebelum kita membelinya juga sangat penting loh. Biasanya toko headphone yang sudah punya nama besar menyediakan demo unit untuk kamu bisa bebas coba-coba atau audisi sebelum beli. Saran mimin nih, cobain deh headphone mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Pasti kaskuser bakalan bingung nantinya, karena pribahasa “Ada Harga Ada Kualitas” sangat terbukti disini. Heheehheeehheee.

Sudah mulai terbayangkan apa saja yang harus diperhatikan untuk memilih headphone yang ideal untuk odo_ers. Semoga #Tips nya bermanfaat ya kaskuser.
Kalo ada salah-salah tempat, mohon dibantu mengarahkan yak..
Newbie banged saya-nya..
Tengkiyuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu..
0
12.1K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan