rock2steelAvatar border
TS
rock2steel
10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2015



Spoiler for bukti no repost:





Untuk menjadi seseorang yang berhasil dan sukses, ada pepatah mengatakan bahwa bukan dimana tempat kita belajar dalam meraih cita-cita tapi tergantung pada bagaimana cara kita belajar. Hal itu pula yang membuktikan bahwa kesuksesan seseorang tidak ditentukan berasal dari mana ia lulus kuliah.Namun demikian, paradigma bahwa kuliah di universitas terbaik pasti akan menghasilkan lulusan terbaik menjadi sorotan utama. Tidak salah memang, namun juga tidak sepenuhnya tepat. Banyak dari mereka yang lulus dari universitas terbaik menjadi orang terpandang, sukses dan berpengaruh di negeri ini. Namun tak sedikit pula dari mereka yang mungkin bernasib sama dengan lulusan universitas dibawahnya.



Satu hal yang pasti, masuk dan lulus dari universitas terbaik memungkinkan belajar maksimal karena lingkungan, terpandang karena tak mudah untuk lolos seleksi di universitas terbaik, meskipun saat ini tak semuanya masuk universitas karena proses seleksi ketat.



Nah, dalam artikel ini akan dibahas secara singkat 10 universitas terbaik di Indonesia tahun 2015, yang mungkin menjadi pilihan kuliah, berdasarkan ranking dari QS World University dan Webometrics.



QS World University, merupakan salah satu yang terpopuler dalam mengurutkan universitas terbaik di seluruh dunia dari Amerika hingga Asia. Termasuk salah satunya Indonesia, yang ternyata didalamnya terdapat beberapa universitas ternama yang masuk jajaran ranking QS World University.



QS World University, menilai universitas berdasarkan beberapa aspek, diantaranya Reputasi Akademik, Reputasi Pekerja, Reputasi Mahasiswa setiap Fakultas, Banyaknya Fakultas Internasional, Mahasiswa Internasional, Predikat setiap Fakultas.



Berikut ini adalah 8 Besar Universitas Terbaik di Indonesia tahun 2015 yang masuk penilaian QS:





Dari sekian banyak Universitas terbaik di Indonesia, nyatanya hanya 8 Universitas Indonesia yang masuk 1000 besar. Di urutsan pertama terdapat Universitas Indonesia yang hanya mampu menempati peringkat ke 310 di dunia dan ke-71 di Asia.



Peringkat kedua universitas terbaik di Indonesia adalah ITB (Institut Teknologi Bandung) sebagai tempat kuliah S1 Walikota Bandung yakni Ridwan Kamil. ITB hanya mampu menempati peringkat ke 461 di dunia dan 125 di Asia. Di urutan ketiga ada UGM (Universitas Gajah Mada) yang berada di peringkat 551 di dunia serta ke-145 di Asia.



Urutan keempat dan selanjutnya universitas terbaik di Indonesia adalah Universitas Airlangga, IPB (Institut Pertanian Bogor), Universitas Dipenogoro serta Institus Teknologi Sepuluh Nopember dan diurutan ke-8 ada Universitas Brawijaya.



Bagaimana dengan peringkat univeristas terbaik di Indonesia versi Webometrics? Peringkat Universitas versi Webometrics dinilai berdasarkan Website dan Implikasinya bagi pendidikan. Webometrics sendiri mengupdate peringkat universitas tersebut dua kali dalam setahun yakni di bulan Januari dan Juli.



Berikut adalah 10 besar Unversitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics tahun 2015.



Berdasarkan Webometrics atau bisa disebut data website, Universitas terbaik di Indonesia diurutan pertama ditempati UGM (Universitas Gajah Mada) berbeda dengan data dari kualitas keseluruhan sistem pendidikannya yang menempati urutan ke-3 berdasarkan QS World University.



Urutan selanjutnya ditempati UI, ITB, Brawijaya, IPB, Universitas Sebelas Maret, UNDIP, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) serta diurutan sepuluh ada Universitas Padjajajaran.



Ada perbedaan urutan terutama Insitut Teknologi Sepuluh Nopember berdasarkan Webometrics menempati urutan ke-12 di bawah Gunadarma. Selain itu, Universitas Sebelas Maret mampu menempati urutan ke-6. UPI dan UNPAD yang notabene keduanya berada di kota Bandung menempati urutan dua terakhir dari 10 besar universitas terbaik di Indonesia tahun 2015.



Bagaimana menurut kamu guys? Jika disimpulkan terdapat tiga besar paling populer sebagai universitas terbaik di Indonesia dari tahun ke tahun yakni ITB, UI dan UGM.



Bagi kalian yang akan mengikuti seleksi mahasiswa baru, silahkan cek informasi universitas yang akan kamu masuki. Universitas terbaik seperti data diatas kah, atau universitas pilihanmu sendiri atau yang dekat dengan rumah saja? Apapun itu, cara kita belajar menjadi faktor utama selain dimana tempat kita belajar.


---

Adakah agan dan sista yang merupakan alumnus atau masih kuliah di univ di atas? emoticon-I Love Indonesia (S)




Sumber thread ane gan

Sumber gambar thread ane gan

Click untuk rekomendasi thread ane jadi hot thread jika menarik gan

0
22.9K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan