Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mriteAvatar border
TS
mrite
RENUNGAN KEMERDEKAAN: GEOLOGI INDONESIA UNTUK PENGETAHUAN DAN KEMAKMURAN BANGSA


“Dapatkah Indonesia mentransfer modal geologinya ke dalam keuntungan sosial dan kultural penduduknya?” (Prof. Dr. John Katili, 1983).

17 Agustus 2015, Indonesia merdeka, bebas dari penjajahan telah 70 tahun. Untuk mengisi kemerdekaan ini, pembangunan di segala bidang telah dilakukan oleh unsur-unsur bangsa ini dari periode ke periode. Meskipun demikian, Indonesia belum menjadi bangsa yang maju, rakyatnya makmur merata, dan disegani di dunia. Kita mestinya bisa mewujudkannya andaikan semua unsur bangsa ini bersatu dan tidak mengkhianati Negeri ini. Negeri ini punya banyak modal untuk mewujudkannya, antara lain modal geologi.

Inilah renungan saya pada hari tepat 70 tahun Indonesia merdeka, 17 Agustus 2015, sebuah renungan atas geologi Indonesia yang luar biasa yang sesungguhnya bisa menjadi modal yang juga luar biasa bagi Indonesia. Mari semua elemen bangsa khususnya para geologist Indonesia bantulah Negeri ini mewujudkan modal geologinya untuk pengetahuan dan kemakmuran bangsa.

----------------------------------------------------------------

Saat bencana terjadi, ketika proses-proses geologi yang akut (misalnya gempa, tsunami, erupsi gunungapi, tanah longsor) bersentuhan dengan manusia, kita mungkin berpikir bahwa kondisi geologi Indonesia membawa bencana. Mungkin benar walaupun sangat samar, sebab proses-proses geologi sebenarnya hanya aksi keseimbangan; bisa menjadi bencana ketika manusia berada di arena proses-proses geologi bekerja.
Jauh dari itu, proses-proses geologi yang membentuk Indonesia justru telah membawa banyak manfaat bagi Indonesia, sehingga tidaklah berlebihan bila disebut geologi menghidupi Indonesia, melalui kerangka dan badan wilayah Indonesia yang dibentuknya. Mari kita coba pahami bagaimana halnya.

Spoiler for KARENA PROSES GEOLOGI:


Spoiler for INDONESIA: SEBUAH NEGERI YANG DIBERKATI:


Spoiler for GEOLOGI INDONESIA RUMIT NAMUN MENARIK:


Spoiler for GEOLOGI INDONESIA DAN MANFAATNYA:


Spoiler for SDA UNTUK KEMAKMURAN NEGERI:


Pembangunan Indonesia yang telah berlangsung puluhan tahun selama ini telah memanfaatkan sumberdaya alamnya. Para ilmuwan geologi dan ilmu-ilmu yang berhubungan telah banyak berperan dalam hal ini. Tetapi tugasnya belum selesai, masih banyak yang harus dikerjakannya, masih banyak potensi energi dan mineral yang harus dibuktikan. Masih banyak eksplorasi dan eksploitasi sumberdaya alam yang harus dilakukan agar pembangunan Indonesia dapat berlangsung terus. Maka estafet pengabdian di antara para ilmuwan ini harus terjadi agar kesinambungan pembangunan dapat berlangsung terus.

Para ahli geologi adalah agen penting dalam pembangunan Indonesia. Ada kekuatan dalam keahliannya, tetapi juga ada kewajibannya.
“Setiap geologist Indonesia yang berkebangsaan Indonesia harus bersyukur sekaligus bertanggung jawab kepada Negeri dan masyarakatnya sebab geologi Indonesia dahsyat. Abdikan keahlian kalian untuk semata-mata kemakmuran Negeri ini.”

-Awang Harun Satyana- (Senior Geologist)


Sumur
mari
Diubah oleh mrite 19-08-2015 15:17
0
3.7K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan