GraniteAvatar border
TS
Granite
Shetland Sheepdog (Sheltie) LoVeRs
da lama bgt keliling kaskus tp trah ini sepertinya bnr2 jarang ada penggemarnya..oleh karena itu gua memberanikan diri untuk buat thread baru ttg sheltie dgn harapan trah yang menakjubkan,indah dan elegan ini bisa sedikit lbh populer di Kaskus iniemoticon-I Love Kaskus
sedikit pembahasan mengenai profil trah ini yg dikutip dr anjingkita.com oleh Bobby Sant

Anjing yang biasa dipanggil "Sheltie" merupakan versi mini dari anjing Collie. Sheltie sangat terkenal dan disukai oleh banyak orang karena bentuknya yang cantik dengan daya kerja yang istimewa.

Latar belakang

Sheltie termasuk salah satu anjing yang paling digemari di dunia. Anjing ini berasal dari kepulauan Shetland dan mulai diperkenalkan di Inggris pada akhir abad ke-19.

Banyak yang beranggapan kalau Sheltie merupakan hasil dari pengolahan genetik anjing Collie sehingga didapat anjing Collie yang berukuran mini. Tetapi , ada juga yang beranggapan kalau Sheltie bukan berasal dari pengolahan genetic anjing Collie, hanya saja rupanya sama.

Karakteristik

Tubuh Shetland Sheepdog sama seperti anjing Rough Collie. Badannya langsing dan ditutupi oleh bulu yang panjang dan lebat. Tengkorak kepala panjang dan berbentuk huruf V. Ukuran mata sedang berbentuk buah Almond, warna mata gelap . Untuk Sheltie yang berwarna blue merle warna matanya biasanya biru atau perak dapat diterima.

Tulang hidung panjang dan lurus, warna hidung hitam. Kuping berdiri tegak dan ujung kuping menekuk kearah depan. Ukuran ekor panjang dan dilapisi oleh bulu yang tebal dan panjang.

Bulu Shetland Sheepdog terdiri dari 2 lapis; lapis atas agak kasar dan panjang, lapis bawah pendek dan halus. Shetland Sheepdog memiliki beberapa warna; hitam, blue merle, tricolor atau sable dengan marking putih, tan, putih dan tan.

Ukuran tinggi anjing jantan dan betina berkisar antara 13-16 in dengan berat badan sekitar 20lbs (9 Kg).

Walaupun berukuran kecil, Sheltie merupakan anjing gembala yang sangat istimewa. Daya kerjanya sangat baik dan merupakan anjing pekerja yang antusias . Anjing ini dijadikan anjing gembala di Negara-negara Eropa karena anjing ini tidak dapat melukai domba dengan gigitannya , hanya untuk memberi pelajaran saja kepada domba agar menuruti arahan dari anjing ini.

Anjing ini terkesan agak bawel jika melihat orang asing dan sesekali menggonggong jika mendengar suara yang mencurigakan . Sheltie sangat protective pada majikannya atau property sang majikan dan pada anak kecil.

Anjing ini sangat cocok untuk dijadikan anjing keluarga. Sheltie sangat lembut terhadap binatang yang lebih kecil daripadanya. Anda tidak perlu takut jika anak anda yang masih bbalita bermain dengan Sheltie karena Sheltie tidak akan melawan atau marah sekalipun anak anda memukulnya. Coba anda berpura-pura memarahi atau memukul anak anda, sang Sheltie akan siap membela anak anda walaupun anda adalah majikannya.

Perawatan dan latihan

Sheltie sebaiknya disisir selama kurang lebih 15 menit dua kali dalam seminggu untuk mengangkat bulu mati dan menjaga agar bulu tidak kusut. Anjing ini cukup dimandikan 1 bulan sekali karena anjing ini tidak memiliki bau badan. Setiap kali mandi, berikan conditioner untuk menjaga agar bulunya tetap halus.

Sheltie memerlukan ruangan yang cukup luas untuk tempat ia bermain, jika perkarangan anda tidak luas sebaiknya sering ajak ia bermain di luar rumah. Sheltie sebaiknya tidak dipelihara didalam kandang karena ia adalah anjing pekerja, kandang dapat membuat anjing ini stress. Anda tidak perlu khawatir untuk melepas Sheltie didalam rumah anda karena ia tergolong anjing yang penurut, kalem dan mencintai kebersihan.

Kesalahan/Diskualifikasi

Gigi overshoot atau undershoot

Warna mata tidak gelap selain Sheltie berwarna blue merle
tata604
tata604 memberi reputasi
1
36.9K
351
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan