unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Papua Nugini Turunkan Merah-Putih, TNI Tambah Serdadu
SABTU, 15 AGUSTUS 2015



TEMPO.CO, Jakarta: Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan pasukannya akan menurunkan pasukan tambahan di perbatasan Papua dan Papua Nugini. Penambahan pasukan itu sehubungan adanya upaya tentara Papua Nugini yang memaksa warga menurunkan bendera Merah Putih.


"Langkah yang kami lakukan sekarang adalah menempatkan pasukan di sana," kata Gatot di Istana Negara, Sabtu, 15 Agustus 2015. "Memang tidak mungkin di setiap kampung ada pasukan, tapi kami sudah mengajukan kepada Kementerian Pertahanan untuk mengajukan protes nota diplomatik."

Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan perbatasan antara Papua Nugini dengan Papua memang hanya berjarak sekitar 1,2 kilometer. Wilayah tersebut masih menjadi sengketa terutama soal perbatasan dengan Indonesia.


Sebelumnya, 14 tentara Papua Nugini berseragam loreng dan bersenjata meminta warga Indonesia di Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Merauke, Papua, menurunkan bendera merah-putih yang sedang dikibarkan. Alasannya, permukiman di kampung itu dianggap masuk di wilayah negara Papua Nugini.

Padahal, permukiman Yakyu jelas di wilayah Indonesia, yakni di Merauke. Penghuni kampung dan permukiman itu kebanyakan berasal dari Suku Kanum bermarga Maywa. Mereka pernah eksodus pada 80-90-an ke Kampung Weyam, Papua Nugini. Pemukiman itu dihuni 19 kepala keluarga atau 74 jiwa sejak 22 Juni 2011.



REZA ADITYA

Source:
http://nasional.tempo.co/read/news/2...tambah-serdadu

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
4.9K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan