Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

duniaprodukAvatar border
TS
duniaproduk
Kebun Teh Wonosari
Kebun Teh Wonosari

Tempat wisata di Malang Kebun Teh Wonosari dengan diversifikasi obyek wisata agro merupakan salah satu tempat yang nyaman untuk di kunjungi karena kondisi iklim yang sejuk dan keindahan panorama Kebun Teh yang sangat alami.

Obyek wisata di Kebun Teh Wonosari Malang ini, wisatawan dapat menyaksikan pesona alam perkebunan teh dan menghirup udara segar sambil berjalan kaki (tea walk) mengelilingi kebun teh sekaligus meyaksikan proses pengolahan daun teh sampai menjadi teh siap seduh.

Di Kebun Teh Wonosari ini Anda juga bisa menikmati teh langsung di kawasan Agrowisata Kebun Teh Wonosari Malang di mana Anda bisa meminum teh dalam keadaan hangat sambil di temanin pemandangan kebun teh yang luas dan hijau. Kawasan Wisata Malang Kebun Teh Wonosari yang mempunyai luas 1.144,31 hektar.

Sejarah

Kerajaan Singhasari dibawah kepemimpinan Akuwu Tunggul Ametung yang beristrikan Ken Dedes, kerajaan itu dibawah kekuasaan Kerajaan Kediri. Pusat pemerintahan Singhasari saat itu berada di Tumapel.

Baru setelah muncul Ken Arok yang kemudian membunuh Akuwu Tunggul Ametung dan menikahi Ken Dedes, pusat kerajaan berpindah ke Malang, setelah berhasil mengalahkan Kerajaan Kediri, dan saat jatuh ke tangan Singhasari statusnya menjadi kadipaten. Sementara Ken Arok mengangkat dirinya sebagai raja yang bergelar Prabu Kertarajasa Jayawardhana atau Dhandang Gendhis (1185 – 1222).

Kerajaan ini mengalami jatuh bangun. Semasa kejayaan Mataram, kerajaan-kerajaan yang ada di Malang jatuh ke tangan Mataram, seperti halnya Kerajaan Majapahit. Sementara pemerintahan pun berpindah ke Demak disertai masuknya agama Islam yang dibawa oleh Wali Songo.

Malang saat itu berada di bawah pemerintahan Adipati Ronggo Tohjiwo dan hanya berstatus kadipaten. Pada masa-masa keruntuhan itu, menurut Folklore, muncul pahlawan legendaris Raden Panji Pulongjiwo.

Ia tertangkap prajurit Mataram di Desa Panggungrejo yang kini disebut Kepanjen (Kepanji-an). Hancurnya kota Malang saat itu dikenal sebagai Malang Kutho Bedhah.

Peninggalan sejarah berupa candi-candi merupakan bukti konkrit seperti :

- Candi Kidal di Desa Kidal kecamatan Tumpang yang dikenal sebagai tempat penyimpanan jenazah Anusapati.

- Candi Singhasari di kecamatan Singosari sebagai penyimpanan abu jenazah Kertanegara.

- Candi Jago / Jajaghu di kecamatan Tumpang merupakan tempat penyimpanan abu jenazah Wisnuwardhana.

Pada zaman VOC, Malang merupakan tempat strategis sebagai basis perlawanan seperti halnya perlawanan Trunojoyo (1674 – 1680) terhadap Mataram yang dibantu VOC. Menurut kisah, Trunojoyo tertangkap di Ngantang. Awal abad XIX ketika pemerintahan dipimpin oleh Gubernur Jenderal, Malang seperti halnya daerah-daerah di nusantara lainnya, dipimpin oleh Bupati.

Bupati Malang I adalah Raden Tumenggung Notodiningrat I yang diangkat oleh pemerintah Hindia Belanda berdasarkan resolusi Gubernur Jenderal 9 Mei 1820 Nomor 8 Staatblad 1819 Nomor 16. Kabupaten Malang merupakan wilayah yang strategis pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan.

Bukti-bukti yang lain, seperti beberapa prasasti yang ditemukan menunjukkan daerah ini telah ada sejak abad VIII dalam bentuk Kerajaan Singhasari dan beberapa kerajaan kecil lainnya seperti Kerajaan Kanjuruhan seperti yang tertulis dalam Prasasti Dinoyo.

Prasasti itu menyebutkan peresmian tempat suci pada hari Jum`at Legi tanggal 1 Margasirsa 682 Saka, yang bila diperhitungkan berdasarkan kalender kabisat jatuh pada tanggal 28 Nopember 760. Tanggal inilah yang dijadikan patokan hari jadi Kabupaten Malang.

Sejak tahun 1984 di Pendopo Kabupaten Malang ditampilkan upacara Kerajaan Kanjuruhan, lengkap berpakaian adat zaman itu, sedangkan para hadirin dianjurkan berpakaian khas daerah Malang yang ditetapkan.

Fasilitas

- Tanaman bermain anak

- Kolam air panas

- Outbond

- Tempat berkemah

- Penginapan (homestay)

- Mini market

- Kebun binatang mini

- Kebun ceri

- Jalur Sepeda gunung

- Jalur pendakian ke Gunung Arjuno dan ada juga untuk acara preweding bahkan persepsi pernikahan yang bertema kebun.

Quote:


Quote:


Quote:



sumber
0
5K
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan