RocketBullAvatar border
TS
RocketBull
Teganya Pemerintah Cina, Kampus Islam Sampe Begini

Xinjiang - Pemerintah China membangun sebuah kampus islam di Xinjiang, China. Dana yang digelontorkan mencapai Rp 570 miliar.

Ditemui di Xinjiang, China dua pekan lalu, Wakil Rektor Perguruan Islam Xinjiang Alimnu Abdul Rahman mengatakan, kampus tersebut menempati lahan seluas 450 hektar. Ada fasilitas seperti masjid, asrama, pusat riset, stadion olahraga dan perpustakaan nasional.

Menurut Alimnu, perguruan tersebut sudah berusia 28 tahun. Lulusan perguruan tersebut biasanya menjadi imam dan khatir di 23 ribu lebih masjid yang tersebar di daerah otonom Xinjiang yang berpenduduk sekitar 22 juta jiwa.

"Untuk masa studi lima tahun, para mahasiswa hanya membayar uang kuliah 2.500 yuan atau sekitar Rp 5 juta," kata Alimnu.

Dengan adanya kampus tersebut, dia berharap agar ke depan kaum muda bisa belajar segala hal termasuk Islam, juga bisa mencukupi kebutuhannya demi kehidupan yang lebih baik. Menurut Islam, semua orang haruslah terus menuntut ilmu.

Xinjiang Islamic Institute berdiri sejak 1983 dibawah izin pemerintah setempat dan beroperasi pada 1987. Ribuan lulusan sudah dihasilkan. Siswa di sini berumur dari 18 hingga 22 tahun, semuanya laki-laki karena memang begitulah adat Uyghur. Mereka bisa belajar hingga meraih gelar sarjana (bachelor).

Siswa diajari dua kategori pendidikan, yakni 30 persen materi kebudayaan dan 70 persen materi agama. Materi kebudayaan meliputi kebijakan pemerintah RRT, komputer, geografi, sejarah, Bahasa Uyghur dan Bahasa Tiongkok. Materi agama meliputi pelajaran Bahasa Arab, Alquran dan Hadits, hingga kebudayaan Islam.

Sumber http://m.detik.com/news/berita/2992164/melihat-kampus-muslim-rp-570-m-di-xinjiang-china
Diubah oleh RocketBull 14-08-2015 07:25
0
8.8K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan