kamtonoAvatar border
TS
kamtono
[Proyek akhir pekan] membuat DVD movie disc dengan DeVeDe
Intro

supaya nggak bosan dengan ulah para newbie yang tanya hal-hal yang basic [lagi sombong mode ON], mari kita refresh sejenak dengan melakukan proyek akhir pekan, dan supaya lebih dekat dengan beberapa aplikasi yang ada di linux.

sejatinya memang teknologi keping dvd sudah cukup tergusur dengan teknologi keping baru yang bernama bluray, namun dirasa kehadiran teknologi keping data bluray ini sudah cukup terlambat karena semakin membaiknya infrastruktur jaringan internet, dan tentu saja dalam hal tarif yang makin terjangkau. buktinya tentu saja masih jarang kita temui keping bluray dalam bentuk musik atau film bajakan yang sering ditawarkan sama penjual dipinggir jalan, kepingan bluray disc kosongnya pun juga jarang ditawarkan sama penjual aksesoris komputer.


Installation

karena hampir semua distro menyediakan paket devede, maka tidak ada salahnya jika merujuk cara melakukan instalasi sesuai dengan distro linux yang anda pakai. caranya bebas boleh menggunakan terminal dengan mengeluarkan jurus ‘petir menyambar’ (hehehehe) atau menggunakan paket manajer berbasis GUI. karena devede dikembangkan dengan menggunakan programming gtk, maka bagi yang menggunakan desktop environment (DE) selain gnome perlu melakukan instalasi gtk terlebih dahulu.

namun tenang saja, karena paket manajer beberapa distro linux sudah modern maka dependecies aplikasi tertentu yang dibutuhkan akan secara otomatis terinstall.

aplikasi devede sebenarnya menggunakan beberapa aplikasi opensource sekaligus, seperti saya kutip di website resminya bahwa devede menggunakan Mplayer, Mencoder, FFMpeg, DVDAuthor, VCDImager dan MKisofs, makanya jangan heran apabila salah proses pada pembuatan dvd ini adalah melakukan konversi file video, begitu juga dengan pemutar video berbasiskan mplayer.

Let the show begin


syarat untuk menggunakan devede tentu saja di komputer pc/laptop anda mempunyai perangkat cdrw atau dvdrw, karena dengan alat inilah yang akan menyelesaikan tahap akhir menyalin semua data kedalam disc cd-r / dvd-r kosong.

antar muka awalnya cukup mudah dimengerti kan ? ada beberapa disc yang dapat anda pilih, dan semenjak format dvd adalah yang paling memungkinkan untuk dapat diputar disemua pemutar dvd, maka langsung saja kita pilih tipe dvd. beberapa pemutar dvd terkadang memang sudah mendukung tipe divx, namun ketidaksamaan format dari para pembuat pemutar dvd maka terkadang ada yang bisa diputar pada merek A tapi tidak bisa diputar di merek B.



pastinya anda sudah menyiapkan video yang akan digunakan untuk membuat dvd disc kan ? jika anda mengunduhnya dari youtube atau situs lainnya pastikan untuk mendapatkan file dengan kualitas yang terbaik misalnya mp4 dengan resolusi video mulai dari 480p, ini dikarenakan video yang nanti sudah jadi dalam bentuk dvd akan dipaksa menggunakan format terbaik yaitu 720 x 576, dan apabila resolusi video yang anda gunakan kurang maka gambar akan terlihat tidak begitu halus.
sebenarnya ada cukup banyak pengaturan, namun beberapa pengaturan default sudah mencukupi, beberapa pengaturan tersebut diantaranya adalah :

  • format encoding, gunakan PAL. yang ini nggak bisa ditolak lagi.
  • media size, periksa dvd-r kosong anda, apakah memiliki kapasitas 4.7 GB atau lebih.
  • devede akan secara otomatis by default bahwa pc/laptop anda sudah memiliki dvdrw atau cdrw dan menetapkan setelah semua file video di konversi maka akan dilakukan proses burning.
  • pengaturan menu dvd seperti pengaturan home, background picture, musik, font dan lainnya berada pada menu ‘Menu Options’




menu Titles biasanya digunakan untuk melakukan navigasi, beberapa menu yang sering ada adalah seperti Language (subtitle), Scene (digunakan agar penonton langsung menuju scene tertentu), Bonus (tambahan scene dengan durasi pendek, bisa rilis berikutnya, behind the scene atau yang lainnya).

anda bebas mau menambahkan menu apapun pada Titles ini, maka berkreasilah semenarik mungkin. beberapa pilihan properties pada titles dapat digunakan melakukan aksi tertentu, seperti otomatis memutar scene utama film, untuk kemudian langsung lanjut ke title selanjutnya, dan selanjutnya terserah anda.



untuk menu Files sepertinya mudah untuk dipahami kan ? menu ini digunakan untuk menambahkan file video yang kita inginkan untuk masuk kedalam daftar playlist dvd nantinya.



pada contoh diatas saya menambahka file download dari youtube dengan video mp4 kualitas 360p, secara kualitas pixel file yang akan saya tambahkan tersebut ternyata masih dibawah dari pixel hasil akhir. tampak juga informasi perubahan file yang semula 15 MB menjadi 195 MB.

beberapa pilihan yang bisa digunakan setidaknya cukup menarik untuk dicoba adalah sebagai berikut :

  • subtitle, jika anda ingin menambahkan terjemahan terhadap video yang akan anda putar, disinilah menu tersebut, jangan lupa sesuaikan dengan font yang mudah dibaca selagi video diputar.
  • preview, devede menambahkan menu preview jika saja anda ingin mengintip hasil akhir dari video yang nantinya akan anda tonton pada dvd player. yang perlu diingat adalah preview pada monitor komputer/laptop tidak bisa digunakan sebagai acuan hasil akhir. ada kemungkinan hasil akan berbeda jika televisi yang anda gunakan nantinya adalah masih menggunakan televisi tabung (CRT).
  • aspect ratio, pemilihan aspect ratio 4:3 akan menghasilkan video yang tampak penuh pada layar, sedangkan untuk 16:9 akan menghasilkan video persegi panjang dengan bar hitam panjang pada bagian atas dan bawah. namun semuanya tergantung dari video yang anda pilih, jika video aslinya adalah mempunyai aspect ratio 16:9 lalu anda memilih 4:3 pada pengesetan ini maka video akan tampak memanjang, begitu juga sebaliknya.
  • scaling mode, masih berkaitan dengan pengesetan aspect ratio, scaling mode akan membiarkan video sesuai dengan aslinya apabila format aspect ratio nya sesuai atau akan menambahkan bar panjang jika videonya mempunyai aspect ratio 16:9. namun jika anda memilih scale picture, maka video dengan aspect ratio 16:9 akan dipanjangkan dan dibuat penuh.



converting and ready to burn


selanjutnya devede akan melakukan konversi video format yang disesuaikan dengan pilihan jenis disc. jika anda memilih dvd maka devede akan menyesuaikan dengan format akhir dvd.



devede membutuhkan folder sementara yang nanti akan digunakan untuk melakukan konversi video.



proses konversi video bisa berlangsung cukup lama, tergantung dari banyaknya video yang anda masukkan dalam playlist.



jika anda sudah menyiapkan dvd-r kosong maka masukkan sekarang juga dan tekan tombol Burn, akan ada beberapa dialog menu tambahan sebelum dvd siap diputar di dvd player.
Diubah oleh kamtono 11-12-2014 06:14
0
2.6K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan